Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang prinsip dasar kewirausahaan dan ekonomi kreatif dengan fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, analisis pasar, strategi pemasaran, dan pengembangan model bisnis inovatif. Mahasiswa akan mempelajari dan menerapkan metode seperti 5 Whys Analysis, pengukuran potensi pasar, strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning), Pricing Strategy, Business Model Canvas, dan Lean Canvas untuk menciptakan solusi kreatif berbasis wirausaha yang berkelanjutan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Critical Thinking
    Pengukuran Potensi Pasar
    Segmenting, Targeting, Positioning
    Pricing Strategy
    Business Model Canvas

  • Pustaka
    1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley.

    2. Maurya, A. (2012). Running Lean: Iterate from Plan A to a Plan That Works. O'Reilly Media.

    3. Blank, S., & Dorf, B. (2012). The Startup Owner's Manual: The Step-by-Step Guide for Building a Great Company. K&S Ranch.

    PC, Papan Tulis

    dosen-kewirausahaan-dan-ekonomi-kreatif
    Wiga Alif Violando, M.P., M.Sc
    199203292019031012
    dosen-kewirausahaan-dan-ekonomi-kreatif
    DWI RAMADYA RISQIANA PUTRI, M.Sc
    199701152025052005
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester