Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 20, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Produk membahas proses perencanaan, desain, dan pembuatan produk baru atau peningkatan produk yang sudah ada. Fokus utama dalam mata kuliah ini adalah memahami kebutuhan pasar, analisis kelayakan, pengujian produk, serta strategi pemasaran untuk memastikan produk yang dikembangkan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Selain itu, mata kuliah ini juga mencakup pengelolaan sumber daya, inovasi, dan penerapan teknologi dalam proses pengembangan produk. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan pengembangan produk sesuai dengan fenomena dan kebutuhan lembaga zakat dan wakaf masing-masing tempang magang.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Proses dan strategi pengembangan produk
    2. Konsep pasar
    3. Analisis konsumen
    4. Pengembangan ide
    5. Analisis proses desain
    6. Branding

  • Pustaka
    1. Karl T. Ulrich $ Steven D. Eppinger, Product Development & Design
    2. Ronald G. Day, Quality Function Deployment
    3. Imam djati Widodo, perancangan dan Pengembangan Produk, Pres UII

     

    1. Modul
    2. PPT

    dosen-pengembangan-produk
    Hanafi Adi Putranto, S.Si, SE, M.Si.
    198209052015031002
    dosen-pengembangan-produk
    Riska Agustin, S.Si., M.SM.
    199308172020122024
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester