Menerima,
menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir
terhadap nilai-nilai Islam serta nilai-nilai kearifan lokal Indonesia Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah,
tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain
atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk
skripsi Memahami konsep-konsep teoritis, landasan
keilmuan, substansi kajian keilmuan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam
dengan keilmuan yang sesuai bidangnya Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah
air, memiliki nasionalisme serta
rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa. Menunjukkan kedewasaan bersikap
seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun, solutif atas berbagai masalah baik dengan
lingkungan atau alam, serta menjadi teladan dan cerminan bangsa dalam pergaulan
internasional.
Pendahuluan :
-Perkenalan
- Kontrak Belajar
- Penjelasan RPS
- Pengantar tentang Fiqih Lingkungan
Utama
1. A.Syafi’i Karim, 2001. Fiqih Ushul Fiqih untuk IAIN, STAIN, PTAIS Pakultas Tarbiyah-Komponen MKDK
2. Abdul Qodir Ahmad Atha, 2000. Adabun Nabawi Memneladani Akhlak Rasulullah
3. Hamdani Ihsan dkk. 2007. Filsafat Pendidikan Islam
4. Kadar M. yusuf, 2013. Tafsir Tarbawi Pesan-pesan Al-Qur’an Tentang pendidikan
5. Ma’rufin Sudibyo, 2012. Ensklopedia Fenommena Alam dalam Al-Qur’an menguak Ayat-ayat Kuniyah
6. Nurwadjah Ahmad, 2007. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan Hati yang selamat hinggah lukman
7. Sukari, 2011. Pikih lingkungan Hidup Perspektif Ulama kalimantan Selatan
Papan Tulis
Spedol
Penghapus
Laptop
Dll yang berhubungan