Mata kuliah Seminar Hasil Asistensi Mengajar bertujubertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa dalam berdiskusi, berdiskusi, dan mendiskusikan pengalaman serta temuan mereka selama menjalani program asistensi mengajar di sekolah. Mata kuliah ini merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata dalam dunia pendidikan. Lingkup materi pada mata kuliah ini meliputi pelaporan hasil asistensi mengajar, evaluasi proses pembelajaran, diskusi dan presentasi ilmiah, penyusunan rekomendasi untuk peningkatan pembelajaran, dan lain-lain. Mata kuliah ini berbentuk seminar dengan model presentasi, diskusi, dan evaluasi. Mahasiswa diharapkan dapat mengomunikasikan pengalaman mengajar mereka dengan baik, mengkritisi praktik pembelajaran, serta memberikan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah.
- Silabus mata kuliah - Panduan seminar akademik - Format laporan akademik
- Teknik pengumpulan data -
Teknik observasi - Metode refleksi dalam pengajaran
1. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). New York: Pearson Education.
3. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.
4. Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage Handbook of Qualitative Research (pp. 559-603). Thousand Oaks: Sage Publications.
5. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.
6. Richards, J. C., & Farrell, T. S. C. (2005). Professional Development for Language Teachers: Strategies for Teacher Learning. New York: Cambridge University Press.
7. Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4-14.
8. Zeichner, K. M. (2010). Rethinking the Connections Between Campus Courses and Field Experiences in College- and University-Based Teacher Education. Journal of Teacher Education, 61(1-2), 89-99.
9. Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-Century Teacher Education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300-314.
10. Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.- PPT materi
- LCD
- Kertas kerja