Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

June 25, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas dinamika tafsir Al-Qur'an dalam era digital, dengan fokus pada interaksi antara teks suci dan perkembangan media sosial. Kajian mencakup berbagai tema, seperti metode tafsir dalam platform digital, ragam pendekatan dalam penyampaian tafsir di media sosial, serta fenomena tafsir populer di YouTube, TikTok, Instagram, dan situs web. Selain itu, mata kuliah ini juga mengeksplorasi wacana dan kontestasi tafsir di ruang digital, serta dampaknya terhadap pemahaman keagamaan di masyarakat.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Tafsir al-Qur’an dan Media Sosial 
    2. 
    Tafsir al-Qur’an di Media sosial
    3. 
    Media
    4. 
    Ragam Pendekatan dalam Al-Qur’an dan Tafsir di Media Sosial
    5. 
    Tafsir al-Qur’an di Youtube: Pop-Tafsir on Indonesian YouTube Channel: Emergence, Discourses, and Contestations 
    6. 
    Tafsir al-Qur’an di Tiktok/ Dynamics And Typology Of Quranic Content In Tiktok, Instagram, Website, Youtube

  • Pustaka
  • 1.     A. Gӧrke, “Redefining the Borders of Tafsīr: Oral Exegesis, Lay Exegesis and Regional Particularities,” in Tafsīr and Islamic Intellectual History Exploring the Boundaries of a Genre, A. Gӧrke and J. Pink, Eds. Oxford: Oxford University Press, 2014.

    2.     Eriyanto. Analisis Wacana : Pengantar Analisi Teks Media. Yogyakarta: LkiS, 2001.

    3.     F. Lukman, “Digital Hermeneutics and a new face of the Qur’an Commentary the Qur’an in Indonesian’s Facebook,” Al-Jāmi’ah: Journal of Islamic Studies, vol. 56, no. 1, pp. 95–120, 2018.

    4.     Hosen, Nadirsyah. Tafsir Al-Qur’an di Medsos Mengaji Makna dan Rahasia Ayat Suci di Era Medsos. Bentang Pustaka, 2017.

     

    5.     J. Pink. Muslim Qur’ânic Interpretation Today Media, Genealogies and Interpretive Communities. Bristol: Equinox Publishing, 2019.

    6.     Muhammad, Wildan Imaduddin. “Facebook sebagai Media Baru Tafsir Al-Qur’an di Indonesia.” Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 2 (2017)

    7.     Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

    8.     Postill, John & Pink, Sarah (2012), ‘Social Media Ethnography: The Digital Researcher in a Messy Web’. Media International Australia 145(1), 123-134.

    9.     Slama, Martin, “Practising Islam through Social Media in Indonesia”, Indonesia and the Malay World, vol. 46, no. 134, 2018

    10.  Fikriyati, U. “Reinterpretation of Qur’anic Text: An Analysis of Tafsīr in the Facebook Status of Hanan Lahham,”ṢUḤUF Jurnal Kajian al-Qur’an dan Kebudayaan, vol. 11, no. 1, pp. 55–75, Jun. 2018.

    11.  Fikriyati, U., Madrasah Tafsir Virtual di Indonesia Kontemporer: Genealogi dan Kontestasinya di Kanal YouTube. Ladang Kata: AIAT, 2020.

    12.  Fikriyati, U. dan Ahmad Fawaid (2019) Pop-Tafsir on Indonesian YouTube Channel: Emergence, Discourse, and Contestations. In: aicis.

    13.  Irsad, M., Mustaqim, A., & Qudsy, S. Z. (2024). Paradigm Shifts in Gender Narratives of Tafsīr Al-Ibrīz through Oral Exegesis on Youtube. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis25(1), 141-160.

    14.  Inaa, I. M., & Qudsy, S. Z. (2023). DYNAMICS AND TYPOLOGY OF QURANIC CONTENT IN TIKTOK. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir8(1), 39-70.

    15.  Zamzami, Mukhammad, Siti Roisadul Nisok, Abdala, and Zumrotul Mukaffa. “Mainstreaming Religious Moderation in the Digital Space : An Examination of Islami . Co Web Portal in the Perspective of Jürgen Habermas ’ Communicative Rationality” 39, no. 1 (2023): 73–91.

    16.  Nisa, E. F. (2018). Creative and lucrative Daʿwa: the visual culture of Instagram amongst female Muslim youth in Indonesia. Asiascape: Digital Asia5(1-2), 68-99.

    17.  Baulch, E., & Pramiyanti, A. (2019). Hijabers on Instagram: Visualising the ideal Muslim woman. In Digital Transactions in Asia (pp. 260-284). Routledge.

    18.  Hasan, F. (2022). Muslim Instagram: eternal youthfulness and cultivating deen. Religions13(7), 658.

    19.  Nisa, E. F. (2018). Social media and the birth of an Islamic social movement: ODOJ (One Day One Juz) in contemporary Indonesia. Indonesia and the Malay world46(134), 24-43.

    20.  Hidayaturrahman, M., & Putra, D. A. (2020). The Role of Technology and Social Media in Spreading the Qur’an and Hadiths by Mubalig. DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies4(1), 45–64. https://doi.org/10.22515/dinika.v4i1.1858

    21.  Razzak, M., Abd, M., Mohamed, S. N., & Rahim, N. M. Z. A. (2024). Meneroka Pengajian Al-Quran dan Tafsir di Media Sosial Menerusi Analisis Saluran YouTube= Exploring Quranic and Exegesis Studies on Social Media through YouTube Channel Analysis. Al-Bayān22(3), 522-552.

    21.  Razzak, M., Abd, M., Mohamed, S. N., & Rahim, N. M. Z. A. (2024). Meneroka Pengajian Al-Quran dan Tafsir di Media Sosial Menerusi Analisis Saluran YouTube= Exploring Quranic and Exegesis Studies on Social Media through YouTube Channel Analysis. Al-Bayān22(3), 522-552.

    22. Farahdiba, A. N., Alfarisi, A., Ibrahim, A. M., & Kamil, A. Z. (2023). Isrāīliyyāt Discourse in Virtual Space: A Sociolinguistic Analysis of Gus Baha's Interpretation in Santri Gayeng YouTube Channel. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis5(2), 147-162.

    23. Manzilina, S., & Kamil, A. Z. (2024). PANDANGAN AL-QUR’AN DALAM MENYIKAPI MARRIAGE IS SCARY: Analisis Tafsir Audiovisual Ustaz Rifky Ja’far pada Kanal YouTube “Sayap Dakwah TV”. At-Tahfidz: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir6(1), 16-37.

    1. Smart TV
    2. Office
    3. Aplikasi Digital
    4. AI

    dosen-al-quran-dan-media-sosial
    Dr. Ahmad Zaidanil Kamil, M.Ag
    199406302022031001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester