Mata kuliah Sosiologi Ekonomi membahas interaksi antara aspek sosial dan perilaku ekonomi masyarakat dalam konteks sosial-budaya tertentu. Fokus utamanya adalah memahami bagaimana hubungan sosial, norma, institusi, serta nilai-nilai budaya memengaruhi aktivitas ekonomi seperti produksi, distribusi, konsumsi, dan pertukaran. Melalui pendekatan sosiologis, mahasiswa diajak menganalisis fenomena ekonomi mulai dari mikro hingga makro, termasuk perilaku pasar, struktur sosial ekonomi, relasi kuasa dalam kegiatan ekonomi, serta dampak perubahan ekonomi terhadap kehidupan sosial. Materi perkuliahan ini bertujuan untuk melengkapi pemahaman mahasiswa tentang ekonomi sebagai fenomena yang tidak terlepas dari konstruksi sosial dan interaksi antaraktor dalam kehidupan masyarakat.
A. Konsep
dasar Sosiologi Ekonomi B. Aktivitas
Ekonomi dalam Perspektif Sosiologi C. Sosiologi
Ekonomi dalam Perspektif Islam D. Konsepsi
Sosiologi tentang Pasar E. Teori-teori
Sosiologi dalam Menganalisa Fenomena Sosial Ekonomi F. Motif
dan Perilaku Ekonomi Aplikasi Teori Sosiologi Ekonomi Ekonomi
Rasional dan Ekonomi Moral Gender
dan Ekonomi Agama
dan Perilaku Ekonomi Ekonomi
dan Masyarakat Konsumen Masyarakat
dan Perilaku Konsumtif Sosiologi
dan Ekonomi Digital
1. Alang, A.
Z. (2019). Produksi, konsumsi, dan distribusi dalam Islam. Journal of
Institution and Shariah Finance, 2(1), 9-21
2. Anwar, A. F., Parakkasi, I., & Rusydi, B.
U. (2018). Tinjauan sosiologi ekonomi
terhadap perilaku konsumsi masyarakat kota Makassar pada pasar virtual. Al-Falah:
Journal of Islamic Economics, 3(1), 93-110.
3. Bakti,
I. S., Anismar, & Amin, K. (2020). Pamer kemewahan: Kajian teori konsumsi
Thorstein Veblen. Jurnal Sosiologi USK, 14(1), 81-98.
4. Damsar,& Indrayani. (2019). Pengantar Sosiologi Ekonomi (Edisi Kedua).
Jakarta: Kencana
5. Faried, A.
I., Basmar, E., Purba, B., Dewi, I. K., Bahri, S., & Sudarmanto, E.
(2021). Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
6. Haryanto,S.
(2016). Sosiologi Ekonomi: Teori-Teori Sosiologi Ekonomi Post-Modern.
Jakarta: Ar-Ruzz Media.
7. Ilahi,
Y.F., & Lesmana, C. I. (2023). Peran sosiologi ekonomi dalam pembangunan
ekonomi masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 10(2), 147-156.
8. Marpaung,
S. F. (2021). Sosiologi Ekonomi: Suatu Pengantar Manajemen Bisnis.
Medan: Penerbit Yayasan Fadillah Malay Islami
9. Musthofa, M.,
Pratama, A. I., & Shalihah, N. M. (2023). Model sosiologi ekonomi dalam perspektif
Al-Qur'an. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir,
8(1), 47-56.
10. Nasution, H.
F., Marliyah, M., & Susanti, N. (2022). Tinjauan sosiologi ekonomi
perilaku konsumsi mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara pada pasar virtual dalam
perspektif ekonomi Islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia,
2(1), 63-70.
11. Sila, M. A.
(2022). Sosiologi Ekonomi: Teori dan Praktik Institusionalisasi,
Hibridisasi, dan Modal Sosial Ekonomi Islam di Indonesia. Jakarta:
Rajawali Pers.
12. Sirajuddin,
dkk. (2022). Sosiologi Ekonomi (Suatu Tinjauan Ekonomi Islam).
Jakarta: Penerbit Widina.
13. Smelser,
N.J., & Swedberg, R. (Eds.). (2005). The Handbook of Economic Sociology
(2nd ed.). Princeton: Princeton University Press.
14. Sulaiman, M. (2023). Konsep sosiologi ekonomi berdasarkan perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4654-4665
15. Swedberg,R.
(2020). Principles of Economic Sociology. Princeton: Princeton
University Press
16. Wulandari, D.,
Nur, S., Sukma, M. B., Hardiansyah, R., & Siregar, R. W. (2023).
Perspektif dan peran sosiologi ekonomi dalam pembangunan ekonomi masyarakat
berdasarkan Al-Qur’an. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir,
8(1), 1-15.
17. Amalia, E. (2021). "Transformasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam dalam Mewujudkan Keadilan Distributif bagi Penguatan Usaha Kecil Mikro di Indonesia." Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 3(1).
18. Aswandi. (2021). Sosiologi Ekonomi: Suatu Tinjauan Ekonomi Islam. Bandung: CV Widina Media Utama.
19. Betrix Silitonga. (2023). Buku Ajar Sosiologi Ekonomi. Manado: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
20. Choudhury, Masudul Alam. (2023). Heterodox Islamic Economics: The Emergence of an Ethico-Economic Theory. London: Routledge.
21. Hada, M. (2021). Sosiologi Ekonomi. Tulungagung: UIN SATU Tulungagung Press.
22. Pudjo Suharso. (2021). Sosiologi Ekonomi. Jember: Universitas Jember Press.
23. Sirajuddin. (2023). Sosiologi Ekonomi: Globalisasi dan Industri Budaya Suatu Tinjauan Ekonomi Islam. Bandung: CV Widina Media Utama.
24. Tohir, M. (2014). "Perkembangan Pemikiran Sosiologi Ekonomi Islam." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(03), 4652–4654.
25. Widina Media Utama. (2021). Sosiologi Ekonomi: Suatu Tinjauan Ekonomi Islam. Bandung: CV Widina Media Utama.
26. Yunus, M. (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana. Zainuddin, M. (2022). Sosiologi Ekonomi: Perspektif Islam dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
27. Zuhri, M. (2020). Ekonomi Islam dan Kesejahteraan Sosial: Pendekatan Sosiologi Ekonomi. Bandung: Remaja Rosdakarya