Mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan Sosial bertujuan mengembangkan wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam menciptakan solusi inovatif untuk menjawab tantangan sosial secara berkelanjutan. Melalui pembelajaran teori dan praktik, mahasiswa didorong untuk mengidentifikasi berbagai isu sosial di masyarakat, kemudian merancang ide bisnis kreatif yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi, tetapi juga berdampak positif terhadap lingkungan sosial. Dalam prosesnya, mahasiswa akan diajarkan prinsip kewirausahaan sosial, metode inovasi sosial, pengembangan model bisnis berbasis nilai sosial, serta strategi implementasi dan pengukuran dampak untuk memastikan kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat.
1. Alma, B. (2013). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
2. Astamoen, M. P. (2018). Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
3. Dhewanto, W., dkk. (2014). Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Bandung: Alfabeta.
4. Hasanah, B., Sururi, A., Prananda, D. P., & Noval, A. M. (2022). Kewirausahaan Sosial: Partisipasi Masyarakat dan Tanggung Jawab Individu dalam Pemberdayaan Ekonomi. Jurnal Administrasi Negara, 28(3), 291-317.
5. Karim, A. (2022). Inovasi Kewirausahaan Sosial dalam Menangani Permasalahan Sosial pada Pengelola Agrowisata di Kota Batu. Jurnal Pariwisata Indonesia, 18(2), 1-12.
6. Kaswan. (2014). Social Entrepreneurship. Bandung: Alfabeta.
7. Moridu, I., Doloan, A., Fitriani, F., Posumah, N. H., Hadiyati, R., Kune, D., & Yadasang, R. M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Sosial dan Kewirausahaan Sosial dalam Menangani Masalah Sosial. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 2(1), 42-53.
8. Purwaningsih, D. (2025). Mewujudkan Perubahan Positif Melalui Kewirausahaan Sosial yang Kreatif dan Inovatif. Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 10(2), 123-135.
9. Setiawan, A. (2016). Jejak Langkah Wirausaha. Bandung: Alfabeta.
10. Siregar, L. M., & Yusri, N. (2021). Kewirausahaan Sosial sebagai Wujud Inovasi Sosial. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, 5(2), 476-484.
11. Suherman, E. (2017). Praktik Bisnis Berbasis Entrepreneurship. Bandung: Alfabeta.
12. Suparyanto, R. W. (2015). Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
13. Wibowo, H., Santoso, M. B., & Setiawan, S. A. (2021). Inovasi Sosial pada Praktik Kewirausahaan Sosial di Yayasan Al-Barokah Kota Banjar. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(2), 210-218.
14. Wirutomo, P. (2019). Semangat Inovasi Sosial dan Kewirausahaan Sosial pada Konteks Pembangunan Sosietal: Sebuah Kumpulan Pemikiran. Jakarta: Artamedia.
15. Austin, J., Stevenson, H., & Wei‐Skillern, J. (2006). Social and commercial entrepreneurship: Same, different, or both?. Entrepreneurship Theory and Practice, 30(1), 1-22.
16. Bornstein, D., & Davis, S. (2010). Social Entrepreneurship: What Everyone Needs to Know. Oxford University Press.
17. Dees, J. G. (2001). The meaning of social entrepreneurship. Stanford University Working Paper.
18. Elkington, J., & Hartigan, P. (2008). The Power of Unreasonable People: How Social Entrepreneurs Create Markets That Change the World. Harvard Business Press.
19. Kickul, J., & Lyons, T. S. (2012). Understanding Social Entrepreneurship: The Relentless Pursuit of Mission in an Ever Changing World. Routledge.
20. Mair, J., & Martí, I. (2006). Social entrepreneurship research: A source of explanation, prediction, and delight. Journal of World Business, 41(1), 36-44.
21. Martin, R. L., & Osberg, S. (2015). Getting Beyond Better: How Social Entrepreneurship Works. Harvard Business Review Press.
22. Mulgan, G. (2007). Social Innovation: What It Is, Why It Matters and How It Can Be Accelerated. Oxford: Skoll Centre for Social Entrepreneurship.
23. Nicholls, A. (2008). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.
24. Peredo, A. M., & McLean, M. (2006). Social entrepreneurship: A critical review of the concept. Journal of World Business, 41(1), 56-65.
25. Praszkier, R., & Nowak, A. (2011). Social Entrepreneurship: Theory and Practice. Cambridge University Press.
26. Seelos, C., & Mair, J. (2005). Social entrepreneurship: Creating new business models to serve the poor. Business Horizons, 48(3), 241-246.
27. Shaw, E., & Carter, S. (2007). Social entrepreneurship: Theoretical antecedents and empirical analysis of entrepreneurial processes and outcomes. Journal of Small Business and Enterprise Development, 14(3), 418-434.
28. Yunus, M. (2010). Building Social Business: The New Kind of Capitalism that Serves Humanity's Most Pressing Needs. Public Affairs.
29. Zahra, S. A., Gedajlovic, E., Neubaum, D. O., & Shulman, J. M. (2009). A typology of social entrepreneurs: Motives, search processes and ethical challenges. Journal of Business Venturing, 24(5), 519-532.
30. Ziegler, R. (2011). An introduction to social entrepreneurship: Voices, preconditions, contexts. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing.
31. Almarri, J., & Meewella, J. (2015). "Social entrepreneurship and Islamic values". Journal of Islamic Entrepreneurship, 1(1), 11-29.
32. Beik, I. S., & Arsyianti, L. D. (2016). Ekonomi Islam: Konsep, Teori dan Implementasi dalam Pengembangan Bisnis Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
33. Hudaefi, F. A., & Heryani, N. (2019). "The practice of local economic development and Maqashid al-Shari’ah: Evidence from Islamic microfinance institutions in Indonesia". International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 12(5), 625-642.
34. Mulyaningsih, H. D., & Ramadani, V. (Eds.). (2017). Social Entrepreneurship in Islamic Contexts: Theory and Practice. Cham, Switzerland: Springer International Publishing.