Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 16, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman mahasiswa tentang teori gerakan sosial atas sejumlah peristiwa atau fenomena dalam masyarakat yang sedang dikaji. Pembahasannya dimulai dari kajian  konsep dasar gerakan sosial, teori gerakan sosial,  sejarah perkembangan teori gerakan sosial,  tindakan sosial,  mobilitas dan perubahan sosial, perilaku kolektif, gerakan sosial dan teori perilaku kolektif, teori gerakan Sosial lama/klasik, teori gerakan sosial baru (modern), tipologi dan gerakan sosial, konsep kekerasan dan bentuk-bentuk perseteruan, masyarakat sipil dan gerakan sosial, jaringan dan aliansi, gerakan berjenjang, budaya dan pembingkaian; dilanjutkan dengan melakukan penelitian terhadap  gerakan sosial yang dilakukan oleh berbagai kelompok masyarakat (guru, siswa, santri, mahasiswa, pegawai/pekerja/buruh perusahaan, petani, nelayan, sopir, ulama/kelompok intelektual, dan lain-lain) dan dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, politik, dan keagamaan; mengolah hasil penelitian menjadi artikel yang siap dipublis ke jurnal bereputasi nasional atau internasional.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep Dasar gerakan sosial, macam-macam teori gerakan sosial dan  sejarah perkembangan teori gerakan sosial sebagai dasar pijakan berpikir
    2. Konsep Tindakan Sosial, struktur otoritas, kekuatan sosial dan kekuatan intelektual, serta arus sosial
    3. Konsep mobilitasa sosial, perubahan sosial dan keterkaitan sosial, serta mampu menganalisis keterkaitan gerakan sosial dengan terjadinya  Mobilitas Sosial,
      Perilaku kolektif
    4. Fenomena gerakan sosial dengan teori perilaku kolektif
    5. Teori Gerakan Sosial  lama
    6. Teori gerakan sosial baru/moderen
    7. Tipologi dan gerakan sosial
    8. Kekerasan dan bentuk-bentuk perseteruan
    9. Masyarakat sipil dan gerakan sosial
    10. Jaringan dan Aliansi
    11. Gerakan berjenjang, gerakan perempuan Islamis, partai Islam dan pembentukan koalisi
    12. Budaya dan Pembingkaian
    13. Menyusun naskah artikel Gerakan social berbasis riset yang  dipublis di jurnal nasional atau internasional bereputasi

     

  • Pustaka
  •          Buku:

    1.  Agger, Ben. (2003).Teori Sosial Kritis: Kritik, Penerapan dan Implikasiny, Yogyakarta: Kreasi Wacana.

    2.  Anshori, Isa. (2020). Cendekiawan Muslim dalam Perspektif Pendidikan Islam, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.  http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39333. (integrasi karya dosen)

    3.  Anshori, Isa.(2020). Masyarakat Santri dan Pariwisata: Kajian Makna Ekonomi dan Religius. Sidoarjo:  Nizamia Learning Center. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/893. (integrasi karya dosen).

    4.  Anshori, Isa. (2020). Dinamika Pesantren Muhammadiyah & Nahdlatul Ulama: Perspektif Sosial, Ideologi dan Ekonomi, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.  http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/892. (integrasi karya dosen).

    5.  Burke, Peter. (2003). Sejarah dan Teori Sosial, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

    6.  Raho, Bernard, & SVD, (2007).  Teori Sosiologi ModernJakarta: Prestasi Pustaka.

    7.  Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Posmodern,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    8.  Situmorang, Abdul Wahib. (2019).  Gerakan Sosial: Teori dan Praktek, cetakan ketiga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    9.  Sukarmana, Oman. (2016). Konsep dan Teori Gerakan Sosial, Malang: Intrans Publishing.

    10. Mirsel, Robert. (2006). Teori Pergerakan Sosial, Yogyakarta: Resist Book.

    11. Narwoko, J. Dwi & Suyanto, Bagong (ed). (2004). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Prenada Media.

    12. Turner, Bryan S. (2012). Teori Sosial dari Klasik sampai Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    13.  Wiktorowics, Quintan. (2012).  Gerakan Sosial Islam: Teori, Pendekatan dan Studi Kasus, Yogyakarta: Gading Publishing dan Paramadina

     

    Artikel Integrasi Karya Dosen

    14.  Anshori, Isa. (2002). “Pariwisata dalam Perspektif Ekonomi dan Religius”, HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302, Vol. 1, No. 1, Hal. 97-111, Sidoarjo, Oktober. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1591

    15.         Anshori, Isa. (2003). “Modernisasi Pendidikan Islam dalam Pondok Pesantren”, HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302, Vol. 2, No. 2, Hal:112-121, Sidoarjo, April.  http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1589

    16.          Anshori, Isa. (2009). “Negara, Ideologi, dan Pendidikan dalam Pandangan Antonio Gramsci dan Louis Althusser”, HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302,  Vol. 8, No.1, hal 57-66,  Sidoarjo, April. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1529

    17.         Anshori, Isa. (2012).  “Dinamika Pesantren: Pemaknaan Elite Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Kawasan Pesisir dan Pedalaman Pantai Utara Kabupaten Lamongan”, HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302, Vol. 11, No. 28, Hal:33-50, Sidoarjo, Oktober 2012

    18.         Anshori, Isa. (2012).  “Dinamika Pesantren Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Kawasan Pesisir dan Pedalaman Pantai Utara Kabupaten Lamongan, CAKRAWALA: Jurnal Litbang Kebijakan, ISSN 1978-0354, Vol. 6, No. 2, Hal. 129-145. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v6i2.150,    http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/150

    19.         Anshori, Isa. (2017). “Perilaku Memilih Lembaga Pendidikan: Perspektif teori Rational Chooice dan Bounded Rational”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, ISBN 978-602-70216-2-4, hal. 136-160,  Sidoarjo: FKIP Umsida. http://eprints.umsida.ac.id/436/

    20.         Anshori, Isa. (2019). “Harapan Islam dan Indonesia terhadap kehidupan Politik pada Era Reformasi”, Khazanah, Vol 1 No 1 September.  http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1594

    21.         Anshori, Isa. (2012). “Budaya Malu dan Etos Kerja”,  Proceding Seminar Nasional dan Call For Paper 12-25 Februari, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.  http://digilib.uinsby.ac.  http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39591

    22.         Anshori, Isa. (2008). “Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Beragama”. HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302,  Vol. 7, No.2, hal 1-92,  Sidoarjo, April. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39585, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1554

    23.         Anshori, Isa. (2007). “Menggagas Kepemimpinan Umat Islam”, HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302,  Vol. 6, No.1, hal 179-190,  Sidoarjo, April, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1563

    24.         Anshori, Isa. (2003).  “Perubahan Fungsi Pondok Pesantren dalam Pengembangan Budaya Nasional, HALAQA: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, ISSN 1412-9302,  Vol. 2, No.1, hal 1-92,  Sidoarjo, Oktober 2003. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39590, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1590

    25.         Anshori, Isa. (2017).  “Sistem Kredit Semester (SKS) dalam pembelajaran Sosiologi (Studi penerapan di MAN Lamongan)”, CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Humaniora, ISSN 2598-2419, Volume 1, No. 1, Hal. 1-12, Lamongan, Juli-Desember. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/912

    26.         Anshori, Isa. (2017).  “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah”, HALAQA: Islamic Education Journal, 1 (2), Desember, 11-22. ISSN 2503-5045 (online), http://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243, https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1540

    27.         Anshori, Isa. (2018).  “Penerapan Nilai Budaya Kerja: Peluang dan Tantangan dalam Peningkatan Kinerja Madrasah”, CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Humaniora, ISSN 2598-2419, Volume 2, No. 3, Hal. 191-201, Lamongan, Juli-Desember. https://e-journal.man1lamongan.sch.id/2021/09/23/penerapan-nilai-budaya-kerja-peluang-dan-tantangan-bagi-peningkatan-kinerja-madrasah/

    28.         Anshori, Isa. (2018).  “Melacak State Of The Art Fenomenologi dalam Kajian Ilmu-Ilmu Sosial”, HALAQA: Islamic Education Journal, 2 (2), Desember, 165-181. ISSN 2503-5045 (online), http://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1814, https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1554

    29.         Anshori, Isa. (2019). “Analisis Kritis terhadap Anatomi Teori Strukturalisme Claude Levi-Strauss (Larangan Incest dalam Sistem Pernikahan dan Kekerabatan, Serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam)”. HALAQA: Islamic Education Journal, 3 (1), Juni 2019, 1-6. ISSN 2503-5045 (online),  https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2127, https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1559

    30.          Anshori, Isa. (1989). “Mempersiapkan  Pendidikan Keguruan Agama Masa Depan”. Mimbar Pembangunan Agama (MPA), no 38, November, 22-23, ISSN 0215-3289, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/857

    31.         Anshori, Isa. (1992). “Perjuangan Cendekiawan Muslim di Indonesia”. Mimbar Pembangunan Agama (MPA), no 67, April 1992, 66-58, ISSN 0215-3289 . http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/858

    32.          Anshori,Isa. (1993). “Dilema Tanggung Jawab Guru Masa Depan”, Mimbar Pembangunan Agama (MPA), no 76, Januari 1993, 51-52, ISSN 0215-3289 . http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39626, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/860

    33.         Anshori, Isa. (2007). “Standar Kualitas Guru Masa depan”, KHAZANAH, 13, (9), September, 4. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/899

    34.         Anshori, Isa. (2007). “Akreditasi Sekolah: Formalitas atau Realitas”. KHAZANAH, 13 (9), September, 9. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/898/, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/898

    35.         Anshori, Isa. (2023). “Konsekwensi UU Sisdiknas”.  KHAZANAH, 5 (6), September.9. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/895

    36.         Anshori, Isa. (2003).  “Menanti Pemimpin Islami”. KHAZANAH, 5 (6), September, 10-11.  http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/897

    37.          Anshori, Isa. (1996).  “Tradisi Kaum Santri: suatu perubahan dari Old Society ke New State 1”. KHAZANAH, Khusus (4), Desember, 12-15.  http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/861

    38.         Anshori, Isa. (1997).  “Tradisi Kaum Santri: suatu perubahan dari old  Society ke New State 2”. KHAZANAH, 12(5), Juli 1997, 7.  http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/891

    39.         Efendi, & Anshori, Isa. (2018).  Contribution of Islamic Personality in Increasing Work Ethic in Business/Industrial World, Indonesian Journal of Islamic Studies, 2 (1), Agustus, 1-6,  https://doi.org/10.21070/ijis.v2i1.1598, https://ijis.umsida.ac.id/index.php/ijis/article/view/1598

    40.         Amir, Faizal, Mohammad.,  Chotimah, Chusnul., Afandi, Rifki., Rudyanto, Erik, Hendra., & Anshori, Isa. (2018),  Design Research Study: Investigation of Increasing Elementary Student’s Spatial Ability Using 3Dmetric. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, Vol. 10, 06-Special Issue, 24 Desember., 1707-1713, https://doi.org/10.31227/osf.io/6fbzj, https://osf.io/preprints/inarxiv/6fbzj/

    41.         Anshori, Isa. (2020)   “ Study of Structuralism, Post-Structuralism and Network Actors and Their Relevance to Islamic Education”.  HALAQA: Islamic Education Journal, 4 (1),  20 Februari. 17-21.  DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i1, https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/175/223

    42.          Anshori,Isa, & Suwidiyanti. (2020). “Improvement of Mathematics Teacher Performance Through Academic Supervision With Collaborative Approaches”. IJERE: International Journal of Educational Research Review, 5(3), 1 Juli, 227-242. https://doi.org/10.24331/ijere.735935.  https://dergipark.org.tr/en/pub/ijere/issue/53732/735935, http://www.ijere.com/article/improvement-of-mathematics-teacher-performance-throughacademic-supervision-with-collaborative-approaches, . http://www.ijere.com/article/improvement-of-mathematics-teacher-performance-throughacademic-supervision-with-collaborative-approaches

    43.         Pramitasary, RN., Anshori, Isa., & Hariyanto, Budi. (2020).  “The Effectiveness of Choosing Language Diction by the Principal in Managing Islamic Education Institutions (Jacques Derrida's perspective)”. Proceeding of The ICECRS, Conference of Islamic Educational Payment Management in Industrial Revolution 4.0, Vol  7, 18 Juni, 1-10. https://doi.org/10.21070/ICECRS2020434,  https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/434/294

    44.         Sudus,Elok.,  Istikomah,. Santoso, Nyong Eka Teguh Iman, & Anshori, Isa., (2020), “Implementation of Class Visits Supervision to Determine Teacher Professionalism”. Proceeding of The ICECRS, Conference of Islamic Educational Payment Management in Industrial Revolution 4.0, Vol 7, 12 Juni. 1-9. https://doi.org/10.21070/icecrs2020370, https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/370

    45.         Istiqomah, Nurdiansyah,  Fahyuni, Eni Fariatul., & Anshori, Isa. (2020). “Teacher Performance Supervision Analysis in Developing the Quality of Islamic Education Institutions”. Proceeding of The ICECRS, Conference of Islamic Educational Payment Management in Industrial Revolution 4.0, Vol  6, 13 Juni, 1-8., https://doi.org/10.21070/ICECRS2020382.  https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/382/256

    46.         Anshori, Isa, & Illiyyin,  Zahro'ul, (2020),  Dampak Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di MTs Al-Asyhar Bungah, Gresik.  Islamic Manajement: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (2), 31 Juli,    http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.803,  http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/803

    47.         BUDI, S., & Anshori, I.. Analisis Efektifitas Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. FIKROTUNA, 11(01). 31 Juli 2020. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3893 http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3893

    48.         Trihandoyo, Muhammad & Anshori,  Isa. (2020).  Implementasi Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (Sidikmu) Dalam Layanan Administrasi Sistem Pe Nilaian Al Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Pada Era Industri 4.0 Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo.  International Journal on Integrated Education, 3 (IX), September. 70-76. https://journals.researchparks.org/index.php/IJIE/article/view/591. https://doi.org/10.31149/ijie.v3i9.591

    49.         Darwati, Susi & Anshori, Isa. (2020).  Remodelling pembelajaran student team achievement division (stad) berbasis riset dalam pembelajaran pai di sekolah dasar negeri jimbaran wetan, wonoayu, Sidoarjo. International Journal on Integrated Education, 3 (IX), September 2020. 59-64.  https://journals.researchparks.org/index.php/IJIE/article/view/589.  https://doi.org/10.31149/ijie.v3i9.589

    50.          Anshori, Isa & Sahara, Elly Elvina. (2020). INTERNATIONALIZATION OF ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONAL CHARACTERS THROUGH THE ENGLISH ACCULTURATION STRATEGY.   Humanities & Social Sciences Reviews, Vol. 8 No. 5, Sep 2. 140-157. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8514., https://mgesjournals.com/hssr/article/view/3888, https://mgesjournals.com/hssr/article/view/hssr.2020.8514

    51.         Anshori, Isa & Lestari, Eva Wiji. (2020).  Penanaman karakter keagamaan peserta didik melalui pembelajaran sentra di RA Rahmatillah Sidoarjo, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 9, No 2 Oktober, hlm. 193-212,  http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3110

    52.         Handoyo, Muhammad & Anshori, Isa. (2020), SOCIOLOGICAL STUDY ON THE ROLE OF IMPLEMENTING DINIYAH MADRASAH IN CHARACTER FORMATION, Al Ibtidaiyah: Vol 1, No 2., p. 88-98. http://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/index.php/Al-Ibtidaiyah/article/view/100

    53.         Furqon & Anshori, Isa. (2020).  Model Pengembangan Pendidikan Pesantren Muhammadiyah Boarding School Jombang, International Journal on Integrated Education (IJIE), Vol. 3 No. 1: 2 Januari, 189-193, https://doi.org/10.31149/ijie.v3i1.418, https://journals.researchparks.org/index.php/IJIE/article/view/418

    54.         Febriani, Bunga Anggun & Anshori, Isa. (2020).  Tingkatan sosial ekonomi orangtua berdampak pada kemampuan belajar siswa di masa pandemi Covid-19,   Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol 8, No 1 (Juni).  https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/32187

    55.         Anshori, Isa & Lestari, Eva Wiji. (2020). Penanaman karakter keagamaan peserta didik melalui pembelajaran sentra di RA Rahmatillah Sidoarjo, Ta’dibuna,  Vol 9, No 2, 193-2011, http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/3110

    56.         Widaqdo, Windu & Anshori, Isa. (2020).  CURRICULUM IMPLEMENTATION DURING COVID-19 PANDEMIC IN SOCIOLOGICAL PERSPECTIVE, Nidlomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 5, No 3 , 446-458, https://doi.org/10.31538/ndh.v5i3.1085,   https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/1085

    57.         Mumtaza, Silvana., Anshori, Isa &  Istikomah,  Increased patterns of Islamic social interaction with E-Learning-based learning methods during the COVID-19 Pandemic. HALAQA: Islamic Education Journal,    Vol 5 No 1 (2021): Juni. 29-42.  https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1129

    58.         Afrelia, Refalda Yuda & Anshori, Isa. (2021).  Strategi Islam dalam menghadapi ilmu pengetahuan dan teknologi, International Journal on Integrated Education (IJIE), Vol. 4 No. 1: 2 Januari, 154-163, https://doi.org/10.31149/ijie.v4i1, https://journals.researchparks.org/index.php/IJIE/article/view/1153

    59.         Anshori, Isa. (2021). Problem-Based Learning Remodelling Using Islamic Values Integration and Sociological Research in Madrasas, International Journal of Instruction, April 2021, Volume 14, Number 2. 421-442, https://doi.org/10.29333/iji.2021.14224a, http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2021_2_24.pdf

    60.         Suwidiyanti & Anshori,  Isa. (2021).  SCHOOL STRATEGY TO BUILD STUDENTS' SOCIAL SOLIDARITY DURING ONLINE LEARNING, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,  Maret, Vol 5, No 1 (2021). 28-41. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1513, https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/1513

    61.         Shifa, Relisa Nuris, Sulistiawati, Frety, Endyka Erye, Ningrum, Atika Gita & Anshori, Isa. (2021).   Nutrition Programing of Children at 6-24 Months with Exclusive Breastfeeding : A Literature Review, Jurnal Kebidanan Midwiferia, Vol. 7 No. 1 (April), 52-64.  https://doi.org/10.21070/midwiferia.v7i1.1142, https://midwiferia.umsida.ac.id/index.php/midwiferia/article/view/1142,

    62.         Rochma,  Ega Dini Nur & Anshori, Isa. (2021).  Ekonomi Buruh Industri Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, Vol 12, No 1 (April, 2021), 26-40, Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Musamus, p-ISSN: 2085-8779, e-ISSN: 2354-7723, http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos, https://doi.org/10.35724/jies.v12i1.3373, http://www.ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos/article/view/3373,

    63.         Niswatin Khoiriyah, & Isa Anshori. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADAB DI KUTTAB AL FATIH SIDOARJO. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(1), 80-93. SSN : 23389648,  EISSN : 2527631X ,  Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4398,   http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4398/3191

    64.         llya Rohati, Isa Anshori, Mufarrihul  Hazin , (2021),  Online Learning During the Covid-19 Pandemic from the Perspective of Parsons’ Structural Functional Theory, AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, Vol 2, No 1 (7 Juli 2021),  38-48, http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v2i1.737, https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/ajmie/article/view/737

    65.         AGUSTINA, Fifin, & Anshori, Isa. (2021).  PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA 2020 DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 10 (1), Juli , p. 34-46, ISSN 2620-6056. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1629. Date accessed: 25 july 2021. doi: https://doi.org/10.32663/jpsp.v10i1.1629.

    66.         Trihartono, Yusi, & Anshori, Isa., (2021), Friendship Patterns Of Muslimah Blessed And Their Relationship With Academic Achievement And Character Forming Of Veil Students,  Academia Open, 4 (2021),  13 Agustus,  ISSN    :          2714-7444 (media online) DOI: 10.21070/ACOPEN.4.2021.2125, https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/2125/393

    67.         Lestari, Eva Wiji, & Anshori, Isa. (2021), Pendidikan keagamaan anak keluarga muslim perdesaan pada era industri 4.0, Ta’dibuna,  10 (3), Diserahkan: 30-06-2021 Disetujui: 29-08-2021. Dipublikasikan: 05-09-2021, 319-335. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/4939, doi:http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.4939

    68.         Nisa’, Fizatin, &  Anshori, Isa. (2021). INTEGRASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KURIKULUM 2013 KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDIYAH, Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8 (1),  37–50, http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/viewFile/6746/4685, http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index.

    69.         Octavia, Aisyah Mawar & Anshori, Isa, (2021), Theological Stage of Islamic Studies in the West, Cakrawala: Jurnal Studi Islam, Vol. 16 No. 1 (2021) pp. 58-68, pISSN: 1829-8931 | eISSN: 2550-0880, https://doi.org/10.31603/cakrawala.4497,  http://journal.unimma.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/4497

    70.         Anshori, I., & Hidayah, R. N. (2021). Student Perceptions and Adaptations to Quality Assurance of Education Services During the 2019 Corona Pandemic. Halaqa: Islamic Education Journal, 5(2), Desember, Published, October 13, 2021, 187-206. https://doi.org/10.21070/halaqa.v5i2.1578, https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1578

    71.         Idzh, Aqidatul Nur. & Anshori, Isa. (2021), Teacher's Strategy in Formation of Islamic Character for Grade 10 Students of Madrasah Aliyah, Academia Open, Vol 4 (2021), 2021-06-30, DOI: 10.21070/ACOPEN.4.2021.2784, https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/2784/991

    72.         Anshori, Isa (2021), Evaluasi mutu pendidikan. In: Inspirasi Pembelajaran Efektif. 1 ed. Majelis Dikdasmen PWM Jatim, Surabaya, 21 Sep., pp. 235-236. ISBN 978-602-381-022-2,  http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/2037/

    73.         Octavia, Aisyah Mawar & Anshori, Isa. (2021), Theological Stage of Islamic Studies in the West, Cakrawala: Jurnal Studi Islam,  6 (1), pp. 58-68, pISSN: 1829-8931  |  eISSN: 2550-0880, https://doi.org/10.31603/cakrawala.4497, http://journal.unimma.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/4497

    74.         Rahmah, Nur Fitriyah & Anshori, Isa. (2021), Pentingnya Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Di Masa Pandemi, Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), Vol.4, No.2, July 2021, pp. 48~62, ISSN: 2746-7813 Vol 4, No 2, https://jurnal.uns.ac.id/joive/article/view/47775, https://doi.org/10.20961/joive.v4i2.47775

    75.          Hariyanto, Mashudi, & Anshori, Isa. (2022), The Principal's Strategy in Improving the Quality of Teacher Competence at Senior High School, Academia Open, Vol 6 (2022): June (on progress),  PUBLISHED: 2021-10-20, 6-12, DOI: 10.21070/acopen.6.2022.2287 . Article type: (Education), https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/2287/874

    76.         Fahrurrozi, Bintang Anugrah, & Anshori, Isa. (2022) Remodeling of Discovery Inquiry Learning in Improving Students' Interest and Quality of Learning in Islamic Subjects in Junior High Schools, Academia Open, Vol 6 (2022): June (on progress), DOI: 10.21070/acopen.6.2022.2687,. Article type: (Education)  https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/2687/909

    77.          Laila, I., & Anshori, I. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS tentang Manusia sebagai Makhluk Sosial di MI Marhatillah Matabe. ISLAMIKA, 4(1), 89-107. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i1.1464, https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1464

    78.         Irsyad, sholahuddin, & Anshori, Isa. (2022). The Role of School Student Organizations in Improving Character Education. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.37758/jat.v5i1.337, https://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/337

    79.         Riyanto, Agus & Anshori, Isa. (2022), “Remodelling of Character Education in School Post the COVID-19 Pandemic ” in ICIGR Conference Proceedings, KnE Social Sciences, pages 358–364. , https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11238, https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/11238

    80.          Fauziah, Rizka, Anshori, Isa,  & Fahyuni, Eni Fariyatul. (2022), “Information and Communication Technology (ICT) for Developing Islamic Education in the Era of New Normal” in ICIGR Conference Proceedings, KnE Social Sciences, pages 183–192, https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11220, https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/11220

    81.         Fimardani, Arnendra & Anshori, Isa. (2022), PENDIDIKAN PANCASILA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MORAL DAN TATA TERTIB SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO, Jurnal PPKn: Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 10, No 2 (2022), 23-28. https://jurnal.ppkn.org/index.php/jppkn/article/view/217

    82.         Hidaya, Rima Nurul & Anshori, Isa.  (2022), EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS, Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktek,  Vol. 6 No. 1 (2021): April . https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/11964, https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p58-64

    83.         Rahmah, Nur Fitriyah & Anshori, Isa. (2021), Pentingnya Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Di Masa Pandemi. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), Vol.4, No.2, July, pp. 48~62, ISSN: 2746-7813, https://jurnal.uns.ac.id/joive/article/view/47775/33388,  https://doi.org/10.20961/joive.v4i2.47775

    84.          A’yun Qurrota, & Anshori , Isa. . (2022). Kebijakan Wajib Belajar Pendidikan Madrasah Diniyah Di Kabupaten Pasuruan Dalam Perspektif Teori Struktural Fungsional . The Indonesian Journal of Social Studies, 5(1), 12–20. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpips/article/view/18547

    85.         Tara, Gabrita Revinda & Anshori, Isa. (2023), Analysis of Community Lifestyle and Consumption Culture in Islamic Perspective, Tazkiya:,  Vol. 23 No. 2 (2022): Juli - Desember,  https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/5176

    86.         Ramadhani, Tasya Rachmadila & Anshori, Isa. (2022), Declining Muslim Religious Levels in the Middle East and North Africa Region, Journal of Islamic Civilization, Vol. 4 No. 2, 165-175, https://doi.org/10.33086/jic.v4i2.3745,  https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JIC/article/view/3745

    87.         Anshori, Isa & Nadiyya,  Fatikha Aulia Alinta. (2023). PERAN RUANG DIGITAL SEBAGAI TRANSFORMASI GERAKAN AKSI SOSIAL MAHASISWA  MELALUI PLATFORM SOSIAL MEDIA, Jurnal Analisa Sosiologi, April, 12 (2): 343- 362, NSS: 2338-7572 (Print), 2615-0778 (Online)https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/68981/40473, https://doi.org/10.20961/jas.v12i2.68981

    88.         Ma’ajidah, H., Anshori, Isa., & Haryanto, B. (2023). ETIKA BERSOSIAL MEDIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(2), 397-457. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/18725, https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v5i2.18725,

    89.         Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68. https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/292, https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292,

    90.         Prastiti, Jamalia Putri & Anshori,I. (2023).  EFEK SOSIAL DAN PSIKOLOGIS PERILAKU BULLYING TERHADAP KORBAN, Jurnal Sains Sosio Humaniora, ISSN (Print) 2580-1244 (Online) 2580-2305,  Vol. 7 No. 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, Juni 2023, p. 69-77. https://doi.org/10.22437/jssh.v7i1.23163, https://online-journal.unja.ac.id/JSSH/article/view/23163

    91.         Nissa’, F., Anshori, I., & Haryanto, B. (2023). Independent Curriculum on Al-Islam and Kemuhammadiyahan Subjects in High Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/3144,  https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3144

    92.         Faizah, Nailil & Anshori, I., (2023), Student Adaptation After Online Learning After The Covid-19 Pandemic, Netherland Journal of Education and Social,  Vol. 1 No. 1, 12 Januari 2023, p. 20-28, https://netherlandjournal.nl/index.php/nj/article/view/4

    93.         Anshori, I., & Maziyah, E. (2023). Peran Manajemen Pendidikan Islam Bagi Pesantren Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 22 Sep 2023, 128–144. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.128-144, https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/2987

    94.         Revi, Muhammad & Anshori, Isa. (2023), PERAN KELUARGA DALAM MENGATASI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL, Jurnal Pendidikan PEPATUDZU: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, Vol. 19, No. 2, Nopember 2023, 126-133, p-ISSN: 2087-3476 | e-ISSN: 2541-5700,  https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/3804

    95.         Nabilah, Ifa Febyanti & Isa Anshori, Isa. (2024), The Megengan Tradition and Its Symbolic Meaning in the Social Construction Context During the Advent of Ramadan, MIMBAR Budaya dan Agama, Vol 40, No 2 (2023), 59-68, https://doi.org/10.15408/mimbar.v40i2.36351,  https://pips.fitk.uinjkt.ac.id/index.php/mimbar/article/view/36351

    96.         Isa Anshori, Isa & Nadiyya, Fatikha Aulia Alinta. (2023).  PERAN RUANG DIGITAL SEBAGAI TRANSFORMASI GERAKAN AKSI SOSIAL MAHASISWA  MELALUI PLATFORM SOSIAL MEDIA, Jurnal Analisa Sosiologi, April,  12 (2): 343- 362, NSS: 2338-7572 (Print), 2615-0778 (Online)https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/68981/40473, https://doi.org/10.20961/jas.v12i2.68981

    97.         Firdausi, Zahira & Anshori, Isa. (2023).  PERILAKU KONSTITUSIONAL DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA, Vol. 12 No. 1 (2023): JURNAL ILMIAH GLOBAL CITIZEN, 2023-07-01, 130-131, https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/7664, https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.7664,

    98.         Rahmah, Nur Fitriyah & Anshori, Isa. (2023), MENGKAJI MAKNA SOSIOLOGI BUDAYA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM BESERTA TEORI-TEORINYA, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol.25, No.1, Maret 2023, pp. 149-155p-ISSN: 1410-9859, e-ISSN: 2580-8524, https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/view/4291/3224, http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i2.4291

    99.         Ma’ajidah, H., Anshori, Isa., & Haryanto, B. (2023). ETIKA BERSOSIAL MEDIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(2), 397-457. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/18725, https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v5i2.18725,

    100.     Ismah, Mahiroh & Anshori, Isa. (2024), Penerapan Remodelling Pembelajaran PAI pada Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif di SD Muhammadiyah, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vil. 24 No. 1 (Februari, 2024), 415-418, http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/4303

    101.     Kamalia  Nabila & Anshori, Isa. (2024), Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Pada Anak di Era 4.0,  Jurnal Cendekiawan Ilmiah: Pendidikan Luar Sekolah, Vol 9, No 1 (2024),  ,https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/9227

    102.     Azza, Mala Ifna Ilmi, Fauzi, Imam & Anshori,  Isa.  (2024),    “Implementasi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi”. Intizar, 30, no. 1 (July 1, 2024). Accessed July 4, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/21925,

    103.     Dahnia, B., Fauji, I., Astutik, A. P., & Anshori, I. (2024). Puzzle Literasi dan Numerasi Materi Rukun Iman. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.703, https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi/article/view/703

    104.     Dahnia, B., Fauji, I., Astutik, A. P., & Anshori, I. (2024).“Implementasi Puzzle Literasi dan Numerasi pada Materi Rukun Iman”, intelektualita, vol. 13, no. 1, May 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.21956., https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/21956

    105.      Pangestu, Aji & Anshori, Isa, (2024),  TIPOLOGI MADRASAH IBTIDAIYAH BERBASIS PESANTREN PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL TALCOTT PARSONS,  PERMAI: Jurnal Pendidikan dan Literasi Madrasah Ibtidaiyah, Vol 3, No 1 (2024), Juni-Novembeb 2024, p. 15-24,  http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/permai/article/view/218

    106.     Marinda, Riska Dwi & Anshori, Isa. (2024), Emojis in the world of education: Emojis can improve communication between teachers and students, Emoji di Dalam Dunia Pendidikan: Terkait Emoji Dapat Meningkatkan Komunikasi Guru dan Siswa, JASIMA; Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media, Vol. 5 No. 1 (2024), 137-145, https://doi.org/10.30872/jasima.v5i1.1441, https://e-journals2.unmul.ac.id/index.php/jasima/article/view/1441

    107.     Rofiqi, M. H., & Anshori, I. (2024). Islamophobia dalam Perspektif Sosiologi Islam (Analisis terhadap Akar Perilaku Diskriminatif). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 11(1), 95–108. https://doi.org/10.36835/annuha.v11i1.606, https://staimadiun.ac.id/ejournal3/index.php/annuha/article/view/606

    108.     Hidayatullah, Mush’ab  & Anshori, Isa (2024),  The Contribution of The Principal’s Leadership Style in Improving Teacher Performance and Education Quality in Schools, UMSIDA Pre Prins, 2024-08-15, https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/6095

    109.      Suhaib, & Anshori, Isa, (2024), The Effectiveness of the Principal's Leadership Style in Improving Teacher Performance in the Islamic Boarding School Environment, UMSIDA Preprints Server, https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/6100

    110.      Ivani, Muhammad Euro. & Anshori, Isa. (2024).   Transformasi Digital Pengrajin Tas Tanggulangin: E-Business di Era Pasar Global,  Journal MISSY (Management and Business Strategy), Vol. 5, Nomor. 2,November 2024, ISSN : 2775-3700. P. 100-109, https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/MISSY/article/view/3842

    111.     Anshori, Isa. Majid, M. Rofiqul. Fitria, Sufatul. & Haq, Ghazwu Fikril. (2024).THE ROLE OF THE COOPERATIVE SCRIPT METHOD IN DEVELOPING SELF-CONFIDENCE AND PUBLIC SPEAKING SKILLS AMONG MADRASAH IBTIDAIYYAH STUDENT, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 10, No 2 (2024), DOI :10.15575/jpi.v10i2.39169, P. 280-2093. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/39169

    112.     Audina, Elsa Meyla & Anshori, Isa. (2024),   Efektivitas Komunitas Rumah Belajar Pandawa terhadap Patologi Sosial di Gang Lumumba, Kelurahan Ngagel Rejo, Wonokromo, Surabaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Vol 16 Nomor 2 Desember 2024. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/18232

    113.     Hidayatulloh, U. H., & Anshori, I. (2024). Efektivitas Metode Discovery dan Problem Basic Learning dalam Meningkatkan Kualitas dan Output pembelajaran IPAS Kelas V. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 46–58. https://doi.org/10.58577/dimar.v6i1.269

    114.     Maulana, I. ., & Anshori, I. . (2024). Dinamika Organisasi Karang Taruna Dalam Membangun RT 03 Melalui Perayaan 17 Agustus Desa Sedatigede. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 520–526. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1807

    115.     Audina, Elsa Meyla &  Anshori, Isa. (2024),   Efektivitas Komunitas Rumah Belajar Pandawa terhadap Patologi Sosial di Gang Lumumba, Kelurahan Ngagel Rejo, Wonokromo, Surabaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Vol 16 Nomor 2 Desember 2024. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/18232

    116.     Hayati, Rahmah. & Anshori, Isa.(2024). MEMBANGUN MASA DEPAN GEMILANG: PERAN BEASISWA DALAM PENDIDIKAN BERKUALITAS DI SURABAYA.Jurnal Humaniora Multidisipliner, Vol 8 No. 12 (2024), hal 23-32, https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jhm/article/view/7220

    117.     Anggraeni, Vitriyani. & Anshori, Isa.,(2024), PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SURABAYA MELALUI PENDEKATAN OPTIMALISASI BANTUAN PEMERINTAHAN KOTA, EMPATI: Jurnal Kesejahteraan Sosial, Vol 13, No 2 (2024), hal:148-160. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/empati/article/view/39437

    118.     Ramadhani, Fauziyah, & Anshori, Isa. (2025), Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Proses Belajar Siswa UIN Surabaya, JAMBURA: Economic Education Journal,  Vol. 7, No. 1 (2025),       hal:  255-266,              https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/25843

    119.     Permadi, Syafrani Surya, & Anshori, Isa. (2025), Examining the Concept of Strengthening Character Education in the Book of Bidayatul Hidayah by the Thought of Imam Al Ghazali, ELJOUR: Education and Learning Journal,   Vol. 6, No. 1 (2025), hal: 71-78,   , https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/1334

    120.     Saniyah, Naily. & Anshori, Isa. (2025). Dinamika Interaksi Sosial Siswa Pasca Perubahan Jam Masuk Di Madrasah Mu’allimin Jombang, Jurnal Penelitian, Vol 18, No 2 (2024), hal 223-226, :             https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/26960

    Smart TV, Internet

    dosen-gerakan-sosial
    Prof. Dr. Isa Anshori, Drs., M.Si
    196705061993031002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester