Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 15, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas perkembangan pesantren di Indonesia dari abad ke-15 hingga kontemporer, mencakup metode pembelajaran, tokoh sentral, transformasi kelembagaan, dan dinamika sosial-politik. Mahasiswa akan memahami peran pesantren dalam pendidikan, dakwah, dan perubahan masyarakat, serta menganalisis inovasi dan tantangan yang dihadapi. Pembelajaran mengasah kemampuan historis, analitis, dan kritis mahasiswa terhadap tradisi keilmuan pesantren, sehingga mereka mampu mengkaji dan mengembangkan wacana pendidikan Islam berbasis kearifan lokal dalam konteks global.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengantar dan Tinjauan Global Sejarah Pesantren – Profil, tujuan, dan ruang lingkup kajian.
    2. Metode Pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Abad ke-15 – Sistem awal pendidikan pesantren.
    3. Pesantren Langitan dan Pelestarian Sistem Pendidikan Tradisional.
    4. Pembaharuan Metode Pengajian di Pesantren Tambakberas pada Masa KH. Abdul Wahab Chasbullah.
    5. Transformasi Pesantren ke Institusi Politik: Studi Kasus Ponpes Giri Kedaton Gresik.
    6. Kontribusi KH. Ihsan bin Dahlan dalam Pensyarahan Kitab-Kitab Wajib Pesantren.
    7. Peran KH. Abdul Ghofur dalam Pengembangan Pesantren Sunan Drajat Lamongan.
    8. Perkembangan Dakwah Jamaah Tabligh di Pesantren al-Fatah Temboro Magetan.
    9. Metode Amtsilati: Inovasi Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Darul Falah Bangsri Jepara.
    10. KH. M. Ridwan Syarqowi dan Penyebaran Paham Wahabisme di Pesantren Muhammadiyah Paciran.
    11. Urgensi Metode Amtsilati dalam Mempercepat Pemahaman Kitab Turats.
    12. Pengaruh Pendidikan Formal terhadap Pengajian Kitab Turats di Pesantren Darul Ulum Jombang.
    13. Penerapan Metode al-Miftah untuk Meningkatkan Kualitas Pengajian Kitab Turats.
    14. Kiai Asep Saifuddin Chalim dan Pengembangan Pesantren Amanatul Ummah Surabaya.
    15. Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Akademik.
    16. Ujian Akhir Semester (UAS).

  • Pustaka
  • 1. Azra, A. (2019). Jaringan ulama Timur Tengah dan kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII. Jakarta: Kencana.
    2. Bruinessen, M. van. (2015). Kitab kuning, pesantren dan tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
    3. Dhofier, Z. (2015). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kiai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
    4. Fealy, G., & Barton, G. (Eds.). (2018). Ulama, politics, and democracy in Indonesia. Singapore: ISEAS–Yusof Ishak Institute.
    5. Hidayatullah, M. F. (2020). Modernisasi pendidikan pesantren: Studi kasus pesantren berbasis kurikulum integratif. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45–66.
    6. Madjid, N. (2019). Bilik-bilik pesantren. Jakarta: Paramadina.
    7. Mujamil, Q. (2016). Pesantren dan pembaharuan. Jakarta: Erlangga.
    8. Nurcholis, M. (2021). Transformasi pesantren menjadi institusi sosial-politik. Jurnal Sejarah Islam Nusantara, 3(2), 112–130.
    9. Steenbrink, K. A. (2021). Pesantren, madrasah, sekolah: Pendidikan Islam dalam kurun modern. Jakarta: LP3ES.
    10. Wahid, A. (2018). Islamku, Islam Anda, Islam Kita. Jakarta: The Wahid Institute.

    Power point
    Media Online
    Digital Library

    dosen-sejarah-pesantren
    Prof. Dr. H. Imam Ghazali, MA
    196002121990031002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester