Mata kuliah ini membahas prinsip, teori, dan praktik dalam merancang antarmuka pengguna (User Interface) dan pengalaman pengguna (User Experience) yang efektif, estetis, dan user-centered. Materi mencakup aspek kognitif manusia, heuristik desain, prototyping, usability testing, serta tools modern desain UI/UX seperti Figma. Mahasiswa akan mengembangkan desain antarmuka berdasarkan kebutuhan pengguna dan praktik terbaik dalam pengembangan produk digital. Tujuannya adalah menghasilkan solusi digital yang mudah digunakan, menarik, dan memiliki nilai fungsional tinggi.
Krug, Steve. (2014). Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability (3rd ed.). New Riders.
Norman, Donald A. (2013). The Design of Everyday Things (Revised and Expanded). Basic Books.
Garrett, Jesse James. (2010). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond (2nd ed.). New Riders.
Tidwell, Jenifer. (2019). Designing Interfaces (3rd ed.). O’Reilly Media.
Saffer, Dan. (2010). Designing for Interaction: Creating Smart Applications and Clever Devices (2nd ed.). New Riders.
Goodman, Elizabeth, Kuniavsky, Mike, & Moed, Andrea. (2012). Observing the User Experience: A Practitioner's Guide to User Research (2nd ed.). Morgan Kaufmann.
W3C. (2018). Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.1.
Komputer/ Laptop
LCD
Figma
Maze
dan tool lain