Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

May 15, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas prinsip, teori, dan praktik dalam merancang antarmuka pengguna (User Interface) dan pengalaman pengguna (User Experience) yang efektif, estetis, dan user-centered. Materi mencakup aspek kognitif manusia, heuristik desain, prototyping, usability testing, serta tools modern desain UI/UX seperti Figma. Mahasiswa akan mengembangkan desain antarmuka berdasarkan kebutuhan pengguna dan praktik terbaik dalam pengembangan produk digital. Tujuannya adalah menghasilkan solusi digital yang mudah digunakan, menarik, dan memiliki nilai fungsional tinggi.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Pengenalan UI/UX – Definisi, peran, dan perbedaan UI & UX.
  • Prinsip Dasar UI – Desain visual, warna, tipografi, dan komposisi.
  • Prinsip Dasar UX – User research, persona, user journey mapping.
  • Wireframing – Tools, teknik, dan best practices dalam pembuatan wireframe.
  • Prototyping – Low & high fidelity prototype, serta pengenalan Figma.
  • Usability Testing – Metode dan alat usability testing, evaluasi antarmuka.
  • Implementasi UI/UX – Konversi desain ke kode (HTML, CSS, React).
  • UI/UX dalam Aplikasi Mobile – Perbedaan UI/UX untuk web dan mobile.
  • UI/UX dalam Aplikasi Web – Desain responsif dan aksesibilitas.
  • Desain Berbasis Data – A/B testing, heatmap analysis.
  • Interaksi dan Animasi – Motion UI, microinteractions dalam UI.
  • Design Thinking dalam UI/UX – Proses design thinking untuk UX.
  • Tren UI/UX – AI dalam UI/UX, tren masa depan UI/UX.
  • Pustaka
    1. Krug, Steve. (2014). Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability (3rd ed.). New Riders.

    2. Norman, Donald A. (2013). The Design of Everyday Things (Revised and Expanded). Basic Books.

    3. Garrett, Jesse James. (2010). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond (2nd ed.). New Riders.

    4. Tidwell, Jenifer. (2019). Designing Interfaces (3rd ed.). O’Reilly Media.

    5. Saffer, Dan. (2010). Designing for Interaction: Creating Smart Applications and Clever Devices (2nd ed.). New Riders.

    6. Goodman, Elizabeth, Kuniavsky, Mike, & Moed, Andrea. (2012). Observing the User Experience: A Practitioner's Guide to User Research (2nd ed.). Morgan Kaufmann.

    7. W3C. (2018). Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.1.

    Komputer/ Laptop
    LCD
    Figma
    Maze
    dan tool lain

    dosen-uiux-design
    Dwi Rolliawati, M.T
    197909272014032001
    dosen-uiux-design
    Dr. Achmad Teguh Wibowo, M.T., MTCNA., MTCRE
    198810262014031003
    Preview
    • Koordinator :
      Dwi Rolliawati, M.T
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester