Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) memperkenalkan konsep dasar dan prinsip-prinsip pemrograman berorientasi objek (OOP) sebagai pendekatan utama dalam pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merancang dan mengembangkan aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan objek-objek yang saling berinteraksi.
Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi:
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai cara merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis objek yang modular, terstruktur, dan mudah dikembangkan serta dipelihara. Selain itu, mahasiswa juga akan diberikan kesempatan untuk menerapkan konsep-konsep tersebut dalam proyek perangkat lunak sederhana yang mencakup studi kasus dunia nyata.
Kelas dan Objek
Enkapsulasi
Konstruktor dan Destruktor
Pewarisan (Inheritance)
Polimorfisme
Abstraksi
Komposisi dan Agregasi
Pengenalan UML (Unified Modeling Language)
Exception Handling
Array dan Koleksi Berbasis Objek
Pemrograman Berbasis File (I/O)
Pengantar GUI Berbasis Objek (Opsional)