Mata kuliah ini membahas konsep, ragam, dan dinamika sastra anak sebagai bagian dari studi sastra, dengan fokus pada pemahaman, analisis, dan penelitian. Mahasiswa diajak untuk memahami pendefinisian sastra anak yang terus berkembang dan mengeksplorasi berbagai bentuk teks sastra anak, mulai dari cerita pendek, puisi, hingga novel.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengidentifikasi isu-isu yang terkandung dalam teks sastra anak, termasuk nilai-nilai islami dalam karya bertema islami, serta unsur didaktis yang memberikan pesan pendidikan bagi pembaca anak-anak. Mahasiswa juga akan dilatih untuk menyusun artikel ilmiah atau kritik sastra berdasarkan teori sastra, dengan sastra anak bertema islami sebagai objek kajian.
Mata kuliah ini mengintegrasikan teori dan praktik dalam kajian sastra anak, sehingga memberikan mahasiswa bekal akademis dan keterampilan analitis untuk mengembangkan wawasan serta kontribusi nyata dalam dunia penelitian sastra anak.
Berikut adalah pokok pembahasan atau bahan kajian untuk mata kuliah Sastra Anak:
Pendahuluan tentang Sastra Anak
Ragam Sastra Anak
Analisis Isu dalam Sastra Anak
Nilai Islami dalam Sastra Anak Bertema Islami
Unsur Didaktis dalam Sastra Anak
Teori dan Metode dalam Kajian Sastra Anak
Penelitian dan Kritik Sastra Anak
Aplikasi Sastra Anak dalam Pendidikan dan Kehidupan Sosial
Apakah ada pokok bahasan lain yang perlu ditambahkan?
1. Ambarwati, A., & Badrih, M. (2024). Pemanfaatan Spotify Sebagai Media Dongeng dalam Upaya Digitalisasi Sastra Anak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 251-260.
2. Ibda, H., & Wijayanti, D. M. (2023). Pembelajaran sastra anak berbasis kearifan lokal indonesia: tinjauan literatur sistematis. As-Sibyan, 6(2), 64-89.
3. Krissandi, A. D. S. (2021). Sastra Anak Indonesia. Sanata Dharma University Press.
4. Nurgiantoro, B. (2024). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak Edisi Revisi. Ugm Press.
5.
Ramdhani, M.,
Intiana, S. R. H., Khairussibyan, M., & Susanti, P. A. (2024). Aspek
Motivasi dalam Cerita Sastra Anak Suku Sasak: Kajian David C Mcclelland. Jurnal
Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 3855-3863.
Gooden, A. M., & Gooden, M. A. (2001). Gender Representation in Notable Children's Picture Books.