Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 26, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemampuan menyunting teks dengan pendekatan multidimensi:  
  1. Konteks SDGs: Penyuntingan konten yang mendukung literasi, pendidikan berkualitas (SDG 4), kesetaraan gender (SDG 5), dan mengurangi kesenjangan (SDG 10);
  2. Isu Gender: Analisis bias gender dalam teks dan strategi penyuntingan inklusif; dan
  3. Digitalisasi: Pemanfaatan alat digital (Grammarly, SEO tools, AI) dan etika penyuntingan di era disrupsi.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Dasar-Dasar Penyuntingan Bahasa

    • Kaidah ejaan, struktur teks, dan gaya bahasa.  
    2. Penyuntingan Teks Akademik & Publik
    • Teknik menyunting artikel ilmiah, laporan, dan konten publik.  
    3. Penyuntingan Berperspektif Gender
    • Identifikasi bias gender, stereotip, dan strategi penggunaan bahasa inklusif
    • Integrasi: SDG 5 (Kesetaraan Gender) melalui studi kasus teks media dan kampanye sosial
    4. Penyuntingan Digital
    • Optimalisasi konten menggunakan AI tools (Grammarly, ChatGPT), SEO, dan desain visual (Canva)
    • Integrasi: SDG 9 (Inovasi Teknologi) dengan workshop alat digital untuk efisiensi editing
    5. Penyuntingan Konten untuk Media Sosial & SDGs*  
    • Strategi menyunting konten edukatif di platform digital (Instagram, TikTok, blog)
    • Integrasi: SDG 13 (Perubahan Iklim) dan SDG 5 melalui proyek kampanye isu lingkungan/gender
    6. Etika Penyuntingan di Era Digital
    • Tanggung jawab editor dalam mencegah hoaks, plagiarisme, dan misinformasi
    • Integrasi: SDG 16 (Perdamaian & Keadilan) dengan debat etis terkait studi kasus viral.  
    7 Proyek Kolaboratif MBKM
    • Penyuntingan buku, artikel, atau konten korporat untuk mitra eksternal (NGO, penerbit, UMKM)
    • Integrasi: Semua SDGs relevan, dengan penekanan pada praktik langsung dan solusi riil.

  • Pustaka
  • A. BUKU & PEDOMAN
    1. Kebahasaan & Penyuntingan Dasar
    • Chicago Manual of Style (Edisi Terbaru)
    • Ejaan Yang Disempuernakan (EYD) V – Badan Bahasa Kemdikbud
    • Eko, H. (2020). Penyuntingan Naskah: Teori dan Praktik. Penerbit Universitas Indonesia
    • UNESCO. (2021). Guidelines on Gender-Neutral Language in Official Communications.  
    2. Bahasa Inklusif Gender
    • Maggio, R. (2020). The Bias-Free Word Finder: A Dictionary of Nondiscriminatory Language. Beacon Press
    • American Psychological Association (APA). (2020). Publication Manual (Edisi ke-7) – Bab "Bias-Free Language Guidelines"
    3. Digital & Teknologi Penyuntingan
    • Clark, B. (2022). SEO for Everyone: A Guide to Writing and Editing for Search Engines. Wiley
    • Knight, E. (2021). AI-Powered Editing: Tools and Strategies for Modern Writers. O’Reilly Media.  
    4. Etika & Tanggung Jawab Sosial
    • Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2021). The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect. Crown
    • Pecorari, D. (2019). Avoiding Plagiarism: A Practical Guide. Routledge.

    B. JURNAL ILMIAH
    1. Bahasa & Gender
    • Cameron, D. (2020). "Gender, Language, and Power: A Critical Review". Journal of Sociolinguistics, 24(3)
    • Hellinger, M. (2019). "Feminist Linguistics and Inclusive Language Policies". Language and Gender Quarterly
    2. Penyuntingan Digital  
    • Smith, J. (2021). "AI Tools in Editorial Practices: Opportunities and Ethical Challenges". Digital Humanities Review
    • Lee, K. (2023). "SEO-Driven Content Editing: A Case Study of Digital Media". Journal of Web Linguistics.  
    3. SDGs & Literasi  
    • UNESCO. (2022). Education for Sustainable Development: A Roadmap (Laporan Khusus)
    • United Nations. (2020). The Sustainable Development Goals Report – Bab "Quality Education and Gender Equality".
    C. PANDUAN & SUMBER DARING  
    1. SDGs & Gender
    2. Alat Digital
    • Grammarly Blog: Panduan penggunaan fitur AI untuk editing (grammarly.com/blog)
    • Google SEO Starter Guide: Dasar optimasi konten web (developers.google.com/search/docs).  

    3. Hoaks & Etika Digital
    • Panduan Cek Fakta oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo): [turnbackhoax.id](https://turnbackhoax.id)
    • Poynter Institute: Modul pelatihan literasi media (poynter.org)

    D. STUDI KASUS & LAPORAN
    1. Kasus Penyuntingan Berperspektif Gender
    • Laporan Komnas Perempuan (2022): Analisis Bias Gender dalam Media Indonesia
    • UNESCO. (2021). Case Studies on Gender-Inclusive Language in Southeast Asia
    2. Proyek MBKM & Kolaborasi
    • Laporan Kemdikbud (2023): Best Practices MBKM: Kolaborasi Kampus-Masyarakat
    • UNDP. (2022). Digital Storytelling for SDGs: A Toolkit for Editors.  
    E. SUMBER TAMBAHAN
    1. Video & Webinar
    • TEDx Talk: "The Power of Inclusive Language" oleh Suzanne Wertheim
    • Webinar Kemdikbud: "Penyuntingan Konten Digital Berbasis SDGs" (tersedia di YouTube)  
    2. Toolkit Praktis
    • Gender-Inclusive Language Toolkit – UN Women (PDF)
    • SEO Writing Assistant Toolkit oleh SEMrush (akses daring)

    Salindia
    Video

    dosen-penyuntingan-bahasa
    Moh Atikurrahman, M.A.
    198510072019031002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester