Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji dasar-dasar filsafat ilmu, mencakup sejarah perkembangan ilmu, sumber pengetahuan (rasionalisme dan empirisme), serta hubungan ilmu dengan filsafat, agama, dan budaya. Mahasiswa akan memahami konsep kebenaran, sikap ilmiah, dan kerangka berpikir ilmiah.
Selain itu, mata kuliah ini membahas peran bahasa, logika, dan matematika dalam ilmu, serta kajian ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Aspek moral, etika, dan tanggung jawab ilmuwan dalam pengembangan ilmu juga menjadi fokus utama. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pemikiran filosofis dalam penelitian dan kehidupan akademik.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Sejarah Perkembangan Filsafat dan Pengaruhnya terhadap Pemikiran Modern
    2. Hubungan antara Filsafat, Ilmu, dan Agama dalam Pembentukan Budaya
    3. Kerangka Berpikir Ilmiah dan Metodologi dalam Mencari Kebenaran
      Peran Logika, Matematika, dan Bahasa sebagai Sarana Berpikir Ilmiah

  • Pustaka
    1. Alfarabi, M. (2018). Filsafat ilmu: Ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Ar-Ruzz Media.
    2. Bertens, K. (2000). Etika. PT Gramedia Pustaka Utama.
    3. Bertens, K. (2003). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. PT Gramedia Pustaka Utama.
    4. Checkland, P. (1999). Systems thinking, systems practice. John Wiley & Sons.
    5. Choppin, A. (1992). Epistemologi: Teori pengetahuan (A. Baiquni, Trans.). Pustaka Pelajar.
    6. Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
    7. Indrawan, R., & Dhewanto, W. (2014). Metodologi penelitian: Teknik pengumpulan dan analisis data. PT Refika Aditama.
    8. Kaelan. (2010). Filsafat ilmu. Paradigma.
    9. Keraf, G. (2004). Argumentasi dan narasi. PT Gramedia Pustaka Utama.
    10. Magnis-Suseno, F. (1987). Etika dasar: Masalah-masalah pokok filsafat moral. PT Kanisius.
    11. Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi ed.). PT Remaja Rosdakarya.
    12. Sanaky, H. A. (2013). Pembelajaran holistik: Paradigma pendidikan al-Qur’an dalam konteks pendidikan Islam. Kaukaba Dipantara.
    13. Senge, P. M. (2006). The fifth discipline: The art and practice of the learning organization (Rev. ed.). Doubleday.
    14. Soedjadi, R. (2000). Matematika dasar dalam kehidupan dan ilmu pengetahuan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
    15. Sterman, J. D. (2000). Business dynamics: Systems thinking and modeling for a complex world. Irwin/McGraw-Hill.
    16. Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
    17. Sudjana. (2005). Dasar-dasar logika dan berpikir ilmiah. Sinar Baru Algensindo.
    18. Sumadi, S. (1990). Bahasa dalam konteks ilmiah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
    19. Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. Pustaka Sinar Harapan.

    1. Ceramah
    2. Power Point 
    3. Diskusi

    dosen-filsafat-ilmu
    Haris Shofiyuddin,, M.FIl.I.
    198204182009011012
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester