Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

December 18, 2024

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Upper Intermediate Structure adalah mata kuliah yang dirancang untuk memperkuat pemahaman dan penerapan tata bahasa Inggris pada tingkat menengah ke atas. Mata kuliah ini mencakup berbagai topik penting, seperti pola kalimat kompleks, penggunaan tenses lanjutan, modal verbs, reported speech, conditionals, dan bentuk pasif. Mahasiswa juga akan dilatih untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa dalam berbagai konteks akademik dan profesional. Dengan pendekatan yang komunikatif, mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa meningkatkan akurasi dan kefasihan berbahasa Inggris baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Tenses Lanjutan

    • Perbandingan Present Perfect, Past Perfect, dan Future Perfect.
    • Penggunaan dan makna Future Continuous dan Perfect Continuous.
  • Complex Sentences

    • Penggunaan adjective clauses (relative clauses).
    • Adverbial clauses (time, condition, contrast, cause, result, purpose).
    • Noun clauses (subject, object, and complement).
  • Conditionals

    • Zero, First, Second, and Third Conditional.
    • Mixed Conditionals.
    • Inverted Conditionals.
  • Reported Speech

    • Transformasi kalimat langsung ke tidak langsung untuk pernyataan, pertanyaan, dan perintah.
    • Perubahan waktu, tempat, dan bentuk kata kerja dalam reported speech.
  • Passive Voice

    • Penggunaan pasif pada berbagai tenses.
    • Pasif dengan modals (can, could, must, should, etc.).
    • Pasif dalam bentuk infinitive dan gerund.
  • Gerunds and Infinitives

    • Pola-pola penggunaan gerund dan infinitive setelah kata kerja tertentu.
    • Perbedaan makna dengan perubahan bentuk (e.g., stop to do vs. stop doing).
  • Modals and Semi-modals

    • Penggunaan modals untuk menyatakan kemungkinan, kewajiban, izin, dan saran.
    • Semi-modals (e.g., need to, have to, ought to, used to).
  • Inversions

    • Inversi dalam kalimat negatif atau penekanan (e.g., Never have I seen, Hardly had they arrived).
  • Parallelism

    • Prinsip kesejajaran struktur dalam frasa, klausa, dan daftar.
  • Emphasis and Cleft Sentences

    • Penggunaan struktur untuk penekanan (It is… that, What… is).
  • Error Analysis and Correction

    • Identifikasi dan koreksi kesalahan umum dalam tata bahasa.
  • Ellipsis and Substitution

    • Penghilangan elemen kalimat yang diulang (ellipsis).
    • Penggantian elemen kalimat (substitution) untuk variasi.
  • Phrasal Verbs

    • Memahami dan menggunakan phrasal verbs secara efektif.
  • Collocations and Fixed Expressions

    • Kombinasi kata yang sering muncul bersama (e.g., take a break, make a decision).
  • Pustaka
  • Buku Teks Utama (Grammar Reference)

    • Azar, B. S., & Hagen, S. A. (2016). Understanding and Using English Grammar (5th Edition). Pearson Education.
    • Murphy, R. (2019). English Grammar in Use: A Self-Study Reference and Practice Book for Intermediate Learners of English (5th Edition). Cambridge University Press.
    • Swan, M., & Walter, C. (2011). Oxford English Grammar Course: Intermediate. Oxford University Press.
  • Pendukung Latihan dan Aktivitas

    • Eastwood, J. (2002). Oxford Practice Grammar: Intermediate. Oxford University Press.
    • Hewings, M. (2013). Advanced Grammar in Use (3rd Edition). Cambridge University Press.
    • Vince, M. (2008). Macmillan English Grammar in Context: Intermediate. Macmillan Education.
  • Buku Penunjang untuk Pembelajaran Tata Bahasa Kontekstual

    • Celce-Murcia, M., & Larsen-Freeman, D. (1999). The Grammar Book: An ESL/EFL Teacher's Course (2nd Edition). Heinle & Heinle.
    • Parrott, M. (2000). Grammar for English Language Teachers. Cambridge University Press.
    • Thornbury, S. (1999). How to Teach Grammar. Pearson Education.
  • Sumber Tambahan (Online Resources dan E-books)

  • Artikel Jurnal dan Penelitian Terkait Tata Bahasa

    • Celce-Murcia, M. (2002). "Why it makes sense to teach grammar." TESOL Quarterly, 36(1), 9–10.
    • Ellis, R. (2006). "Current issues in the teaching of grammar: An SLA perspective." TESOL Quarterly, 40(1), 83–107.
    • Larsen-Freeman, D. (2015). "Research into practice: Grammar learning and teaching." Language Teaching, 48(2), 263–280.
  • Materi Digital dan Aplikasi

    • Aplikasi Quizlet untuk latihan vocabulary dan grammar.
    • Aplikasi Kahoot! untuk latihan interaktif tata bahasa.
    • Cambridge One (Platform Pembelajaran Interaktif).
  • Media Cetak (Print Media)

    • Handouts: Berisi ringkasan materi, contoh soal, dan latihan tata bahasa.
    • Grammar Books: Buku referensi seperti English Grammar in Use dan Oxford Practice Grammar.
    • Worksheets: Latihan soal untuk individu atau kelompok.

    2. Media Digital (Digital Media)

    • Slide Presentations: Menggunakan PowerPoint atau Google Slides untuk menyampaikan teori dan contoh.
    • Interactive Grammar Apps: Aplikasi seperti Kahoot!, Quizizz, atau Socrative untuk kuis dan latihan interaktif.
    • Learning Management System (LMS): Platform seperti Moodle atau Google Classroom untuk mengunggah materi, tugas, dan diskusi.
    • Video Tutorials: Video dari sumber terpercaya seperti British Council atau YouTube (e.g., Learn English with Emma).

    dosen-upper-intermediate-structure
    Dr. Endratno Pilih Swasono, M.Pd.
    197106072003121001
    dosen-upper-intermediate-structure
    Fani Indrawan, M.Hum
    199206032025051003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester