Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 8, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Sesudah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsepkonsep yang terkait dengan pembelajaran bahasa kedua dan memiliki kemampuan untuk menulis skenario proses belajar mengaja bahasa Inggris dengan lengkap baik dan benar.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Prinsip-prinsip pemerolehan bahasa kedua
    2. Pendekatan, metode, dan teknik pengajaran bahasa.
    3. Faktor-faktor terkait pembelajaran bahasa: guru, pembelajar, materi, lingkungan, strategi.
    4. Strategi pembelajaran keterampilan bahasa produktif (bicara & menulis) & reseptif (mendengar & membaca)
    5. Strategi pemebalajaran komponen bahasa (gramatika, kosakata, dan pengucapan)
    6. Strategi pngelolaan kelas.
    7. Strategi pembetulan kesalahan berbahasa.

  • Pustaka
    1. Brown, Douglas H. 2007. Principles of Language Learning and Teaching, Fifth Edition. N.Y.: Pearson Education, Inc.
    2. Hadfield, Jill. Elementary Vocabulary Games. London: Longman
    3. Harmer, Jeremy. 2012.  The Practice of English Language Teaching (4th Edition). London: Pearson Longman
    4. Milal, A. Dzo’ul, 2015. Communicative Teaching and Learning of English as a Foreign Language. Surabaya: Edufutura Press.
    5. Milal, A. Dzo'ul. 2024. Practical Strategies of ELT. Surabaya: UINSA Press
    6. Richards, Jack C. & Rodgers T.S. 2001  Approaches and Methods in Language Teaching. London: Longman
    7. Woodward, Suzanne, W. 1997. Fun with Grammar. N.J.: Prentice Hall Regents

    1. Laptop
    2. Smart TV
    3.  LCD Screen
    4.  Whiteboard

    dosen-teaching-english-as-a-foreign-language-tefl
    Prof. Dr. A. Dzo`ul Milal,, M.Pd.
    196005152000031002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester