Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

June 10, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Instructional Design and Media membekali mahasiswa dengan konsep, prinsip, dan keterampilan merancang pengalaman belajar yang efektif berbasis teori Desain Instruksional (DI) terkini serta pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran. Di mata kuliah ini, mahasiswa akan mendapatkan materi terkait analisis kebutuhan pembelajar, perumusan tujuan instruksional, pengembangan materi, strategi penyampaian materi, serta evaluasi yang sesuai dengan tujuan instruksional. Mahasiswa juga akan mengeksplorasi beragam media pembelajaran, dari yang konvensional hingga digital interaktif, untuk memastikan kesesuaian (alignment) antara konten, metode, dan karakteristik peserta didik.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengantar desain dan media pembelajaran
    2. Model desain pembelajaran
    3. Analisis kebutuhan
    4. Tujuan pembelajaran
    5. Metode dan strategi pembelajaran
    6. Materi ajar
    7. Media pembelajaran
    8. Penilaian pembelajaran
    9. Praktikum perencanaan pembelajaran
    10. Praktikum penyusunan media pembelajaran

  • Pustaka
    1. Brown, A. H., & Green, T. D. (2016). The essentials of instructional design: Connecting fundamental principles with process and practice (3rd ed.). Taylor & Francis.
    2. Butler, G., Heslup, S., & Kurth, L. (2015). A ten-step process for developing teaching Units. English Teaching Forum, 53(3), 2–12.
    3. Graves, K. (2000). Designing language courses: A guide for teachers. Heinle & Heinle Publishers.
    4. Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1993). Instructional media and the new technologies of instruction. 4th ed. Macmillan Publishing Company.
    5. Richards, J. C. (2001). Curriculum development in language teaching. Cambridge University Pres.
    6. Smaldino, S.E., Russel, J.D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional technology and media for learning. 8th Edition. Pearson Education, Inc Team.
    7. Suhandoko. (2019). CLIL-oriented and task-based EFL materials development. ELT Worldwide Journal of English Language Teaching, 6 (2), 145-162. (Integrasi Karya Dosen)

    PowerPoint
    Module

    dosen-instructional-design-and-media
    Suhandoko, M.Pd.
    198905282018011002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester