Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 12, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa cara menulis argumen yang kuat dan meyakinkan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teks argumentatif untuk memahami bagaimana menyusun tulisan mereka sendiri, termasuk cara membentuk tesis yang jelas, menggunakan bukti secara efektif, dan menanggapi argumen yang berlawanan. Mahasiswa juga akan berlatih menulis dalam berbagai gaya dan untuk berbagai tujuan, dengan penekanan pada mencapai dan meyakinkan audiens yang berbeda.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Academic style
    Plagiarism
    Citing sources
    In-text citation and referencing style
    Paraphrasing
    Summarizing
    Academic arguments and stance

  • Pustaka
    1. Bailey, S. (2011). Academic writing: A handbook for international students. In International Journal of Sensors and Sensor Networks (3rd ed., Vol. 5, Issue 4). Taylor & Francis. https://doi.org/10.11648/j.ijssn.20170504.11 
    2. Hyland, K. (2002). Activity and evaluation: Reporting practices in academic writing. In J. Flowerdew (Ed.), Academic discourse (pp. 115–130). Longman. 
    3. Suhandoko. (2022). “I am aware, but who am I to comment.”: Critical stance in Indonesian EFL students’ academic essay. NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching, 13(2), 210–230. https://doi.org/10.15642/NOBEL.2022.13.2.210-230 (Karya Dosen)
    4. Thompson, G., & Yiyun, Y. (1991). Evaluation in the reporting verbs used in academic papers. Applied Linguistics, 12(4), 365–382. https://doi.org/10.1093/APPLIN/12.4.365

    PowerPoint
    Handout

    dosen-argumentative-writing
    Suhandoko, M.Pd.
    198905282018011002
    dosen-argumentative-writing
    Haukil Hanan, M.Ag
    199101162025051003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester