Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

May 26, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah psikologi belajar ini meliputi bahasan konsep dasar belajar, teori-teori belajar, perkembangan manusia dan belajar, konten area belajar, teori motivasi, serta perkembangan manusia dan belajar

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1.       Pengertian belajar

    2.       Jenis-jenis belajar

    3.       Hasil-hasil penelitian dalam belajar

    4.       Teori belajar koneksionisme

    a.       Edward lee Thorndike

    b.       Clark Leonard Hull

    5.       Teori belajar operant conditioning

    a.       BF Skinner

    6.       Teori belajar clasikal conditioning

    a.       Ivan Pavlov

    b.       Edwin Ray Guthrie

    7.       Teori belajar kognitif

    a.       Gestalt

    b.       Jean peaget

    c.        Edward Chace Tolman

    d.       Pemrosesan informasi

    8.       Teori belajar sosial

    a.       Albert Bandura

    9.       Teori belajar konstruktivisme

    a.       vygotsky

    10.   Perkembangan manusia dan belajar

    a.       Perspektif perkembangan manusia

    b.       Perspektif perkembangan kognisi peaget

    11.   Konten area dalam belajar

    a.       Proses pemerolehan ketrampilan dalam belajar

    b.       Proses pemerolehan bahasa secara komprehensif

    c.        Konten area dalam belajar seperti reading, writing dan mathematics

    12.   Motivasi dan teori motivasi dalam proses belajar mengajar

    a.       Pengertian motivasi

    b.       Teori-teori motivasi dalam belajar

    c.        Motivasi berprestasi

    d.       Teori Atribusi

    13.   Kecerdasan Manusia

    a.       IQ

    b.       EQ

    c.        SQ

    d.       AQ

    e.       QQ

    14. Al-Qur’an menggunakan pendekatan kinestetik (amal), visual (kisah), dan auditory (wahyu).

  • Pustaka
  • 1.       Dale, E. Schunk. 2008. Learning theories, An Educational Perspective, Pearson Education Hall

    2.       James, Thomas Walker. 1995, The Psychology of Learning Principle and Processes, Prentice Hall New Jersey

    3.       Jhon R. Anderson. 1995. Learning and memory. An Integrated Approach. New York Jhon Wiley and sons Inc

    4.       Mathew H. Olson, & B.R. Hergenhahn. 2009. An Introduction to Theories of Learning. Eighth Edition. New Jersey; Prentice

    5. Slavin. 2009. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Edisi kedelapan. Jakarta; PT Indeks

    6. Rohmatul, M., & Jainudin, Dr. H. (2019). Peer attachment dan student engagement pada siswa pondok pesantren. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 44–50. (Integrasi karya dosen pengampu)

    7. Jainudin, Dr. H. (2022). Kesejahteraan psikologis pada penderita kusta di Sumberglagah, Pacet, Kab. Mojokerto. Jurnal Indonesian Psychological Research, 4, 42–50. (Integrasi karya dosen pengampu)

     

    Perangkat lunak (software)

    Perangkat keras (hardware)

    dosen-teori-teori-belajar
    Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi., Psikolog
    198505092020121008
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester