Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

May 31, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah psikologi perkembangan adalah mata kuliah yang membahas perkembangan manusia sepanjang kehidupan mereka, dari masa prenatal sampai lanjut usia. Focus mata kuliah ini adalah  pemahaman tentang perubahan biologis, kognitif, emosional, dan sosial yang terjadi dalam tiap setiap tahapan kehidupan. Berbagai teori perkembangan seperti  Teori Bronfenbrenner, Teori perkembangan kognitif Piaget, Teori emosisosial Erikson, Teori Moral kolhberg akan dieksplor untuk memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan manusia. Melalui pendekatan berbasis teori, studi kasus, dan analisis kritis, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan dalam mengevaluasi perkembangan manusia dalam berbagai konteks, termasuk keluarga, pendidikan, pekerjaan, dan kebijakan sosial. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya faktor budaya dan lingkungan dalam membentuk perkembangan individu sepanjang rentang kehidupan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1.  Konsep dan Teori Perkembangan Manusia : Definisi perkembangan, prinsip dasar perkembangan, teori-teori utama (Piaget, Erikson, Vygotsky, Kohlberg, Bronfenbrenner).
    2. Perkembangan pada Masa Kanak-kanak dan Remaja : Perkembangan prenatal, bayi, anak, dan remaja (kognitif, sosial, emosi, moral), pengaruh lingkungan dan keluarga.
    3.  Perkembangan Dewasa Awal dan Madya : Transisi ke dewasa, peran sosial (karier, pernikahan), krisis paruh baya, perubahan fisik dan kognitif pada dewasa madya.
    4.  Perkembangan Lansia dan Akhir Kehidupan : Perubahan pada usia lanjut (psikososial, fisik), kesejahteraan lansia, teori penuaan, masalah akhir kehidupan, kematian, dan berduka.

  • Pustaka
    1. Berk, L. E. (2020). Development through the lifespan (7th ed.). Pearson Education.
    2. Campos, J. J. (2004). The regulation of emotional development. In R. F. Baumeister & K. D. Vohs (Eds.), Handbook of self-regulation (pp. 246–266). Academic Press.
    3. Lerner, Richard M. (2015).  Handbook of Child Psychology and Developmental Science 7th ed. New Jersey, John Wiley & Sons, Inc
    4. Papalia, D. E., & Martorell, G. (2018). Experience human development (14th ed.).
      McGraw-Hill Education.
    5. White, Fiona. Hayes, Brett. Livesey, David (2010) Developmental Psychology From Infancy To Adulthood: 2nd ed. Pearson
    6. Rosyana Amelia Sabela, Rizma Fithri, & Wahyuni, E. (2022). Academic Adjustment Mahasiswa Baru Ditinjau dari Self Esteem, Self Efficacy, dan Self Concept. Jurnal Penelitian Psikologi13(2), 96–104. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.738
    7. Santrock, J. W. (2020). Life-span development (16th ed.). McGraw-Hill Education.
    8. Mukhoyyaroh, T. (2012). Diktat Psikologi Perkembangan II: Remaja & Dewasa.  (Integrasi karya dosen pengampu)
    9. Khotimah, S. K. (2010). Pengaruh bermain konstruktif terhadap tingkat kreativitas ditinjau dari kreativitas afektif pada anak usia sekolah. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 8. (Integrasi karya dosen pengampu)

    Infografis teori, PPT
    Video dokumenter perkembangan dan pertumbuhan fisik janin sampai lansia
    Video perkembangan  kognitif, bahasa dan sosial emosi
    Video eksperimen Piaget, Kohlberg, Vygotsky
    Artikel parenting style

    dosen-psikologi-perkembangan
    Rizma Fithri, S.Psi, M.Si
    197403121999032001
    dosen-psikologi-perkembangan
    Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si
    197708122005012004
    dosen-psikologi-perkembangan
    Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog
    197711162008012018
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester