Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

May 24, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Pendidikan membahas penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teori perkembangan, belajar, dan motivasi yang relevan dengan proses belajar-mengajar. Fokus utama mata kuliah ini adalah memahami bagaimana individu belajar pada berbagai tahap usia, perbedaan individu dalam belajar, serta faktor-faktor psikologis yang memengaruhi keberhasilan pendidikan, seperti kecerdasan, emosi, motivasi, dan lingkungan belajar. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas implikasi praktis dari teori-teori psikologi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan formal maupun nonformal. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan pembelajaran secara psikologis dan merancang strategi intervensi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas proses belajar. Mata kuliah ini menjadi dasar penting bagi calon pendidik, konselor, maupun praktisi psikologi yang bekerja di bidang pendidikan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Kontrak belajar rasionalisasi psikologi pendidikaan.
    2. 
    Hakekat pendidikan, hakekat psikologi pendidikan dan aliran-aliran dalam psikologi.
    3. Perspektif proses tumbuh kembang manusia (Proses pertumbuhan fisiologis).
    4. Perspektif proses tumbuh kembang manusia (Proses perkembangan kognitif, psikososial dan bahasa.
    5. 
    Neuroscience dan perkembangan manusia (struktur dan fungsi otak dan sistem sensori dan perkembangan manusia.
    6. 
    Kreativitas dan Pembelajaran.
    7. 
    Hakikat, teori-teori dan pengukuran intelegensi
    8. 
    Behaviorisme, Kognitivisme dan pendidikan.
    9. 
    Konstruktivisme, Humanisme dan pendidikan.
    10. Motivasi dan Pendidikan.
    11. 
    Pembelajar dengan kebutuhan khusus.
    12. Pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan.

    • Islam mendorong pembelajaran sepanjang hayat dan adab dalam mencari ilmu.

    13. Psikologi pendidikan dan pendidik profesional.
    14. 
    General review: teori dan aplikasi teori psikologi pendidikan.

  • Pustaka
  • 1. Gardner, Howard. 1993, Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences, New York : Basic Books.
    2. Santrock, Jhon W, 2008.   Educational Psychology. Texas: McGraw-Hill Company, Inc..
    3. 
    Woolfolk, A.E, Winne, P.H & Perry, N.E (Anita), 2009. Educational Psychology.
    4. 
    Rohmatul, M., & Jainudin, Dr. H. (2019). Peer attachment dan student engagement pada siswa pondok pesantren. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 44–50. (Integrasi karya dosen pengampu)
    5. 
    Jainudin, Dr. H. (2022). Kesejahteraan psikologis pada penderita kusta di Sumberglagah, Pacet, Kab. Mojokerto. Jurnal Indonesian Psychological Research, 4, 42–50. (Integrasi karya dosen pengampu)

    Laptop
    LCD
    Smart TV
    Perpustakaan
    Field Work

    dosen-psikologi-pendidikan
    Dr H. Jainudin, M.Si
    196205081991031002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester