Psikologi Konsumen mempelajari proses psikologis yang memengaruhi individu dan kelompok dalam memilih, membeli, menggunakan, serta mengevaluasi produk atau jasa. Kajian mencakup faktor internal seperti motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran, dan kepribadian, serta faktor eksternal seperti budaya, kelompok sosial, dan pengaruh media. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang teori perilaku konsumen, proses pengambilan keputusan, segmentasi pasar, serta penerapan prinsip psikologi dalam strategi pemasaran dan komunikasi. Mahasiswa juga dilatih untuk mengkaji perilaku konsumen secara etis, kritis, dan kreatif dalam menghadapi perkembangan tren konsumsi di era digital.
1. Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup Psikologi Konsumen dan Marketing,
Kajian QS. Al-Baqarah (2) : 275.
2. Motivasi dan Kepribadian Konsumen, Kajian QS. Ar-Ra'd (13): 11
3. Persepsi dan Belajar pada Konsumen, Kajian QS. Al-Hujurat (49): 13
4. Pengaruh Sosial dan Budaya Pada Konsumen, Kajian QS. An-Nisa (4): 59
5. Persepsi dan Pembelajaran Konsumen, Kajian QS. Al-A'raf ayat 31
6. Proses Pengambilan Keputusan Konsumen, Kajian QS. Al-Maidah ayat 88
7. Sikap dalam Pengambilan Keputusan Membeli, Kajian QS. Al-Baqarah (2): 267
8. Segmentasi, Targeting, dan Positioning, Kajian QS. Al-Hujurat: 13
9. Image dan Branding, QS. Al-Hujurat (49): 6
10. Iklan dan Media Sosial, QS. An-Nur (24): 30 & QS. Al-Hujurat (49): 6
11. Promosi, Harga Dan Produk, QS. Al-Mutaffifin (83): 1-3
12. Peran Pelayanan dalam Kepuasan Konsumen, QS. Al-An’am (6): 152
13. Kepuasan dan Loyalitas Konsumen, QS. An-Nahl (16): 97
1. Cathrine V. Jansson-Boyd. (2010). Consumer Psychology. Open University Press, McGraw-Hill Education
2. Simamora Hendry. (2008). Consumer Behavior. Sevent Edition. Prentice Hall International.
3. Fauzi, R. R., & Balgies, S. (2023). Self-control - Impulsive buying: Emotional maturity sebagai mediator. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(2). (Integrasi karya dosen pengampu)
4. Virly, Norafika., Balgies, Soffy. (2023) Self Esteem Dengan Online Compulsive Buying Produk Fashion Pada Konsumen Perempuan. Jurnal Psycho Aksara 1(1). (Integrasi karya dosen pengampu)
5. Yudha, Muhammad A., Balgies, Soffy. (2021). Et Al. Reward Manajemen Untuk Membentuk Psychologywell-Being Dalam Mengurangi Terjadinya Demo. Jurnal Becoss (Business Economic, Communication, And Social Sciences), 3 (1).
6. Fauzi, R. R., & Balgies, S. (2023). Self-control - Impulsive
buying: Emotional maturity sebagai mediator. Jurnal Penelitian Psikologi,
14(2). (Integrasi karya dosen pengampu)
7. Virly, Norafika., Balgies, Soffy. (2023) Self Esteem Dengan
Online Compulsive Buying Produk Fashion Pada Konsumen Perempuan. Jurnal
Psycho Aksara 1(1). (Integrasi karya dosen pengampu)