Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

May 31, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pemberdayaan Psikologi I membahas konsep dasar dan pendekatan dalam pemberdayaan individu dan kelompok melalui perspektif psikologi. Mahasiswa akan mempelajari teori, prinsip, dan strategi pemberdayaan yang berorientasi pada potensi, kekuatan, serta resiliensi individu, terutama dalam konteks komunitas. Fokus pembelajaran mencakup analisis kebutuhan psikologis, intervensi berbasis kekuatan (strength-based), serta peran psikolog sebagai fasilitator perubahan positif. Mata kuliah ini juga mengembangkan keterampilan praktis mahasiswa untuk mendampingi proses pemberdayaan secara etis, inklusif, dan kontekstual.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Definisi pemberdayaan dan pemberdayaan psikologis
    2. Ruang lingkup kajian pemberdayaan psikologis
    3. Teori-teori pemberdayaan psikologis
    4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemberdayaan psikologis
    5. Studi pemberdayaan psikologis di bidang industri dan organisasi
    6. Studi pemberdayaan psikologis di bidang sosial dan komunitas
    7. Studi pemberdayaan psikologis di bidang pendidikan dan perkembangan
    8. Studi pemberdayaan psikologis di bidang klinis dan kesehatan
    9. Proses pemberdayaan psikologis
    10. Desain pemberdayaan psikologis
    11. Islam mendorong pemberdayaan melalui ta’lim, tazkiyah, dan tarbiyah.

  • Pustaka
    1. B. Smith. Empowerment – the challenge is now. Empowerment in Organizations, 1997, Vol. 5 No. 3, pp. 120-122.
    2. Kappelman, L. A. and Richards, T. C. (1996). Training, empowerment, and creating a culture for change. Empowerment in Organizations, 4(3), 26–29.
    3. Nur 'Azizah Laili Anjainah, Jauharatul Mardiyah, Nadiyah Najmah, Cita Nailurrahmah, Davano Arta Alzamora, & Nailatin Fauziyah. 2023. Community Empowerment of Gunung Anyar Village Through Ecoprinting Training and Introduction to Digital Marketing. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 4337–4342. (Integrasi karya dosen pengampu)
    4. A.N. Aisyah, D.E. Aristiana, H. Ariqoh, A. Muhid. Penerapan metode bercerita untuk mengembangkan kepercayaan diri anak pra sekolah: sebuah systematic review. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 2022, 9(2): 41–48. (Integrasi karya dosen pengampu)
    5. Alzamora, D. A., Mufidah, A. A., Artanti, D. S. L. P., Ramadani, D. N., Hamidah, D. A. N., & Abrorry, L. (2023, November). Effectiveness of Motivational Self Talk on Self-Confidence in Athletes at Football Schools. In International Conference on Sustainable Health Promotion (Vol. 3, No. 1, pp. 292-297). (Integrasi karya dosen pengampu)

    1. PowerPoint Presentasi
    2. Video edukatif tentang pemberdayaan komunitas dan perubahan sosial
    3. Video edukatif tentang pemberdayaan komunitas dan perubahan sosial
    4. Lembar kerja, panduan studi kasus, dan instrumen community mapping

    dosen-pemberdayaan-psikologis-i
    Dr Nailatin Fauziyah, S.Psi. M.Si. M.Psi.Psi
    197406122007102006
    dosen-pemberdayaan-psikologis-i
    Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si
    197502052003121002
    dosen-pemberdayaan-psikologis-i
    Lucky Abrorry, M.Psi, Psikolog
    197910012006041005
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester