Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

May 31, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Pembelajaran Anak dan Dewasa adalah mata kuliah yang membahas teori, konsep, dan strategi belajar yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak serta dewasa. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan untuk menjelaskan perbedaan karakteristik belajar merupakan anak dan orang dewasa, dan pendekatan pembelajaran yang efektif berdasarkan teori perkembangan dan pendidikan yaitu Developmentally Appropriate Practice  untuk anak serta andragogi untuk orang dewasa. Selain itu, mata kuliah ini juga membawa perspektif psikologi pendidikan dalam menyusun strategi belajar optimal bagi peserta didik pada persentase umur tertentu..

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Bagian 1: Pembelajaran Anak (Berbasis DAP – Developmentally Appropriate Practice)

    Konsep Pembelajaran Anak

    1. Definisi dan prinsip DAP dalam pembelajaran anak
    2. Karakteristik belajar anak usia dini dan anak sekolah
    3. Peran guru dalam pembelajaran anak

    Teori dan Model Pembelajaran Anak

    1. Teori perkembangan kognitif (Piaget, Vygotsky)
    2. Teori perkembangan sosial-emosional (Erikson)
    3. Model pembelajaran berbasis bermain dan eksplorasi

    Strategi Pembelajaran Anak yang Efektif

    1. Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning)
    2. Pembelajaran berbasis pengalaman dan bermain
    3. Media dan teknologi dalam pembelajaran anak
    Bagian 2: Pembelajaran Orang Dewasa (Berbasis Andragogi)

    Konsep Pembelajaran Orang Dewasa

    1. Teori andragogi (Knowles) dan prinsip pembelajaran orang dewasa
    2. Perbedaan belajar anak dan orang dewasa
    3. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar orang dewasa

    Metode dan Model Pembelajaran Orang Dewasa

    1. Pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning – Kolb)
    2. Pendekatan berbasis masalah (Problem-Based Learning)
    3. Peran fasilitator dalam pembelajaran orang dewasa

    Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa dalam Berbagai Konteks

    1. Pelatihan dan pengembangan profesional
    2. Pembelajaran komunitas dan pembelajaran sepanjang hayat
    3. Evaluasi efektivitas program pembelajaran dewasa
    Integrasi keislaman
    1.  Anak: pendekatan kasih sayang dan keteladanan (QS. Luqman). Pembelajaran
    2. Dewasa: belajar reflektif, dialogis, dan transformatif dalam kerangka tauhid.

  • Pustaka
    1. Brookfield, S. D. (2020). The skillful teacher: On technique, trust, and responsiveness in the classroom (3rd ed.). Jossey-Bass.
    2. Jarvis, P. (2019). Adult education and lifelong learning: Theory and practice (5th ed.). Routledge.
    3. Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2020). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (9th ed.). Routledge.
    4. Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson.
    5. Marzano, R. J. (2017). The new art and science of teaching. ASCD.
    6. Merriam, S. B., & Bierema, L. L. (2018). Adult learning: Linking theory and practice. Jossey-Bass.
    7. Santrock, J. W. (2020). Children (14th ed.). McGraw-Hill Education.
    8. Zull, J. E. (2011). The brain, the learner, and the educator. Teachers College Press.
    9. Khotimah, S.K, 2011, Pendidikan Inklusif, Makalah (Integrasi karya dosen pengampu)
    10. Mukhoyyaroh, T. (2012). Diktat Psikologi Perkembangan II: Remaja & Dewasa.  (Integrasi karya dosen pengampu)

    11. Fithri, R., & Anggriawan, R. F. (2016). Pengaruh partisipasi kegiatan OSIS terhadap berpikir kreatif dalam memecahkan masalah organisasi pada pengurus OSIS. Jurnal penelitian psikologi7(1), 54-66. (Integrasi karya dosen pengampu)

    Media Visual

    • Video Animasi & Kartun Edukatif (untuk anak)
    • Infografis (untuk dewasa)
    • Observasi & Analisis Video Kelas Anak (untuk anak)
    • Microlearning Video (untuk dewasa)

    2. Media Cetak

    • Buku Cerita Interaktif (untuk anak)
    • Artikel dan Jurnal Akademik (untuk dewasa)

    3. Media Audio

    • Podcast & Webinar (untuk dewasa)

    4. Media Interaktif & Digital

    • Aplikasi & Game Edukasi (untuk anak)
    • Learning Management System (LMS) seperti Moodle atau Google Classroom (untuk dewasa)

    5. Media Demonstratif

    • Boneka Tangan & Flashcard (untuk anak)
    • Simulasi Permainan Edukatif (untuk anak)
    • Role-Playing & Simulasi (untuk dewasa)

    6. Media Berbasis Diskusi & Kolaborasi

    Studi Kasus & Diskusi Kelompok (untuk dewasa)

    dosen-pembelajaran-anak-dan-dewasa
    Rizma Fithri, S.Psi, M.Si
    197403121999032001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester