Pembelajaran Anak dan Dewasa adalah mata kuliah yang membahas teori, konsep, dan strategi belajar yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak serta dewasa. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan untuk menjelaskan perbedaan karakteristik belajar merupakan anak dan orang dewasa, dan pendekatan pembelajaran yang efektif berdasarkan teori perkembangan dan pendidikan yaitu Developmentally Appropriate Practice untuk anak serta andragogi untuk orang dewasa. Selain itu, mata kuliah ini juga membawa perspektif psikologi pendidikan dalam menyusun strategi belajar optimal bagi peserta didik pada persentase umur tertentu..
Bagian 1: Pembelajaran Anak (Berbasis DAP – Developmentally Appropriate Practice)
Konsep Pembelajaran Anak
Teori dan Model Pembelajaran Anak
Strategi Pembelajaran Anak yang Efektif
Konsep Pembelajaran Orang Dewasa
Metode dan Model Pembelajaran Orang Dewasa
Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa dalam Berbagai Konteks
Mukhoyyaroh, T. (2012). Diktat Psikologi Perkembangan II: Remaja & Dewasa. (Integrasi karya dosen pengampu)
Fithri, R., & Anggriawan, R. F. (2016). Pengaruh partisipasi kegiatan OSIS terhadap berpikir kreatif dalam memecahkan masalah organisasi pada pengurus OSIS. Jurnal penelitian psikologi, 7(1), 54-66. (Integrasi karya dosen pengampu)
Media Visual
2. Media Cetak
3. Media Audio
4. Media Interaktif & Digital
5. Media Demonstratif
6. Media Berbasis Diskusi & Kolaborasi
Studi Kasus & Diskusi Kelompok (untuk dewasa)