Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

June 2, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Desain Pelatihan mempelajari konsep dasar pelatihan, tujuan pelatihan, serta analisis komparatif antara pelatihan, pengembangan, dan pendidikan, termasuk peninjauan dalam perspektif Islam. Mahasiswa akan mempelajari berbagai manfaat pelatihan, tipe-tipe pelatihan serta pendekatan dalam analisis kebutuhan pelatihan (Training Needs Analysis - TNA), metode pengumpulan data, termasuk Focus Group Discussion (FGD) dan kuesioner. Selain itu, mahasiswa akan mendalami metode pelatihan, faktor-faktor yang mempengaruhi transfer of learning yang sangat penting untuk keberhasilan pelatihan dalam jangka panjang. Di akhir mata kuliah, mempelajari evaluasi pelatihan, efektivitas pelatihan, serta penyusunan modul pelatihan.


  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. pengertian pelatihan. 
    2. tujuan pelatihan. 
    3. persamaan dan perbedaan antara pelatihan, pengembangan, dan pendidikan. 
    4. Pelatihan dalam perspektif islam 
    5. manfaat pelatihan 
    6. tipe pelatihan 
    7. Analisis kebutuhan pelatihan 
    8. Metode pengumpulan data : FGD analisis kebutuhan & Kuesioner analisis kebutuhan 
    9. Tipe-tipe pelatihan 
    10. Metode Pelatihan 
    11. Faktor yang berperan pada proses transfer of learning 
    12. Evaluasi tujuan dan pross pelatihan 
    13. Evaluasi efektifitas pelatihan 
    14. Penyusunan Modul Pelatihan
    15. Pelatihan dalam Islam harus sesuai kebutuhan (maslahat), tidak bertentangan dengan syariat.

  • Pustaka
    1. Asiyah, S. N., & Balgies, S. (2024). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Stres dan Ketrampilan Koping Petugas Panti Werda . EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 557-564. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.801 (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    2. Balgies, S., & Tim Penulis. (2020). Desain intervensi psikologi: Merancang pelatihan dan kegiatan harian. Zifatama. (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    3. Djohani, R. & Irfani, R. (2005). 10 Jurus Menulis Modul Pelatihan. Bandung: Studio Driya Media
    4. Knowles, M.S., Holton, E.F. & Swanson, R.A. (2011). The Adult Learner: The Definitve Classic in Adult Education and Human Resource Development. Elsevier. 
    5. Kroehnert, G. (2006). Basic Training for Trainers: A Handbook for New Trainers 3th ed. Mc Graw-Hill.
    6. Laird, D. (2003). Approach to Training and Development 3th ed. New York: Basic Book.
    7. Pike, R.W. (2002). Creative Training Techniques Handbook, 3 Ed. HRD Press, Inc.
    8. Rae, L. (2000). Effective Planning in Training and Development. Kogan Page.
    9. Reynolds, M. & Vince, R. (2007). The Handbook of Experiential Learning and Management Education. Oxford University Press.
    10. Talbot, J. (2011) Training in Organisations: A Cost-benefit Analysis. Gower
    11. SN Asiyah, S Balgies (2024), Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Stres dan Ketrampilan Koping Petugas Panti Werda (Integrasi Karya Dosen Pengampu)

    12. QA Jannah, S Balgies (2024) Grit, Personality, And Job Burnout Among Indonesian Nurses (Integrasi Karya Dosen Pengampu)

    1. Laptop

    2. Smart TV
    3. LCD & Projector
    4. Perpustakaan
    5. Tempat Praktek atau Magang

    dosen-desain-pelatihan
    Endang Wahyuni, S.Ag., M.Psi.
    197212142007102002
    dosen-desain-pelatihan
    Soffy Balgies, M.Psi, Psikolog
    197609222009122001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester