Mata kuliah ini membahas dasar-dasar teori, prinsip, dan praktik bimbingan dan konseling dalam konteks pendidikan, khususnya di lingkungan sekolah. Mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan konseling, teknik asesmen, serta keterampilan intervensi non-klinis yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan siswa. Fokus diberikan pada peran konselor sekolah dalam membantu siswa menghadapi permasalahan akademik, sosial, pribadi, dan karier, dengan tetap berlandaskan pada kode etik profesi psikologi.
1. Konseling Islami menekankan pendekatan hati dan spiritual.
1. Maliki, M. P. I. (2022). Bimbingan Konseling di sekolah dasar. PT Republik Media Kreatif. 2. CHOLI, A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling. 3. Harefa, D., & Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen Dan Bimbingan Konseling: Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Dan Keguruan. PM Publisher. 4. Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. (2022). Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1622. 5. Qurrota
Ayuni Fitriana; Hamim Rosyidi. Self-efficacy dan Kemampuan Mendengar Aktif
Konselor Sebaya terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Penelitian Psikologi.
2021, 12(2): 74–80. (Integrasi karya dosen pengampu) 6. Qurrota
Ayuni Fitriana; C.L. Jaya; Hamim Rosyidi. Readiness of Peer Counsellors to
Provide Video-based and Text-based Online Counselling. International
Conference on Sustainable Health Promotion. 2023, 3(1): 179–184.
(Integrasi karya dosen pengampu)