Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 12, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Dan Strategi Pembelajaran Matematika merupakan matakuliah wajib yang membekali mahasiswa untuk mampu menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup untuk menganalisis permasalahan, perubahan sosial dengan mengintegrasikan ilmu keislaman interdisipliner dengan semangat keadilan, kepedulian, perdamaian, dan pencerahan yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1.      Teori Pemrosesan Informasi

    2.      Perkembangan Kognitif, Kepribadian, Sosio  Emosional Siswa SMP, dan SMA

    3.      Teori Psikologi Gestalt, Teori Pemahaman Skemp, Teori Metakognisi, dan Teori Psikologi Islam

    4.      Teori Guilford, Teori Gagne, dan Teori Kecerdasaran Majemuk Gardner

    5.      Teori Behaviorisme dan Pembelajaran Langsung (DI)

    6.      Teori Bruner (Pembelajaran Penemuan/Discovery Learning), Inquiry, dan Teori Ausubel (Pembelajaran Bermakna dan Advanced Organizer)

    7.      Teori Piaget (Konstruktivis Individu) dan Teori Konstruktivis Sosial Vygotsky (Pembelajaran Kooperatif)

    8.      Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL)

    9.      Pembelajaran Terpadu dan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi, Kurikulum Merdeka

    10.  Teori Pemecahan Masalah Polya, Teori Open-ended Shimada, dan Teori Problem  Posing serta Pendekatan Pembelajaranya

    11.  Teori Freudhental (Pendekatan Pembelajaran RME) dan Teori Dewey (Pendekatan Pembelajaran CTL)

    12.  Strategi dan Metode Pembelajaran

    13.  Teknik Pembelajaran (Keterampilan Dasar Mengajar Matematika)

    Konsep Pengelolaan Kelas

  • Pustaka
  • 1.        Arends, R. I. 2012.Learning to Teach. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

    2.        Bell, F. H. 1978. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown.

    3.        Davidson, N. 1990.Cooperative Learning in Mathematics. USA: Addison-Wesley.

    4.        Gravemeijer, K. 1994.Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

    5.        Karso, dkk.2009. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

    6.        Nur, M., dkk.1999. Teori Belajar. Surabaya: University Press UNESA.

    7.        Nur, M. 2000.Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Studi MIPA Sekolah.

    8.        Polya, G. 1973.How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Second Edition.New Jersey: Princeton University Press.

    9.        Santrock, John W. 2011. Educational Psychology.Newyork: The McGraw-Hill Companies, Inc.

    10.    Sharan, Sholomo.1999. Handbook of Cooperative Learning.London: Praeger Westport.

    11.    Silver, H.F., Strong, R. W., & Perini, M. J. 2007.The Strategic Teacher: Selecting the Right Research-Based Strategy for Every Lesson.Alexandria,Virginia USA: ASCD.

    12.    Skemp, Richard. 1982. The Psychology of Learning Mathematics.New York: Penguin Books.

    13.    Slavin, Robert E. 2006.Educational Psychology.USA: Pearson Education, Inc.

    14.    Soedjadi. 1998. Kiat  Pendidikan Matematika  di Indonesia Masa Kini. Jakarta: Dirjen Dikti.

    15.    Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran MatematikaKontemporer.Bandung: JICA UPI.

    Buku teks, Buku referensi, PPT, LCD

    dosen-psikologi-dan-strategi-pemb-matematika
    Dr. Aning Wida Yanti, S.Si, M.Pd
    198012072008012010
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester