Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang cara menganalisis, menjelaskan,  membelajarkan materi matematika MTs/SMP dengan menggunakan berbagai model, pendekatan, strategi, metode dan teknik serta media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan simulasi praktik mengajar pembelajaran matematika MTs/SMP

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Bahan kajian pada mata kuliah ini sebagai berikut:
    1. Lima elemen konten matematika MTs/SMP yang meliputi bilangan, aljabar, pengukuran, geometri, analisis data dan peluang.
    2. Lima elemen proses pembelajaran matematika yang meliputi penalaran dan pembuktian matematis, pemecahan masalah matematis, komunikasi, representasi matematis, dan koneksi matematis
    3. Model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran matematika
    4. Media pembelajaran matematika
    5. Perangkat pembelajaran matematika
    6. Asesmen dalam pembelajaran matematika
    7. Praktik mengajar matematika MTs/SMP

  • Pustaka
  • [1] Al Qur’an Kementerian Agama RI. 2015. Al Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta:Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
    [2] M. Quraish Shihab. 2012. Tafsir al-Misbah. Jakarta : Lentera Hati.
    [3] Abi Hamid, Mustofa, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis
    [4] Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta Timur: Penada Media.
    [5] Mendikbudristek. 2024. Keputusan Kepala BSKAP Nomor 032/H/KR/2024 tentang CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,
    JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
    PADA KURIKULUM MERDEKA. Jakarta.
    [6] Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
    [7] Akker, Jan van den et al. 2013. Educational Design Research - Part A: An Introduction. Enchede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development 
    [8] Kurniawan, Agus Prasetyo. 2022. Modul 2 Strategi dan Teknik Pembelajaran Matematika. Malang: Education Quality Improvement Consortium (EQuIC) 
    [9] Kurniawan, Agus Prasetyo. 2015. Strategi Pembelajaran Matematika. Surabaya: FTIK UIN Sunan Ampel Surabaya
    [10] Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. L. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives (Longman (ed.)).
    [11] Conklin, W. 2012. Higher Order Thinking Skills To Develop 21st Century Learners. Shell Education Publishing, Inc
    [13] Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2021. Paparan Pembelajaran Paradigma Baru . Jakarta : Kemendikbudristek
    [14] Kurniawan, Agus Prasetyo, MT Budiarto, R Ekawati. 2022. Pengembangan Soal Numerasi Berbasis Konteks Nilai Budaya Primbon Jawa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika). UIN Sunan Ampel Surabaya.
    [15] Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
    [16] Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
    [17] Kemendikbud. 2021. "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1-136.
    [18] Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan
    [19] Yanti, AW, Budayasa, I K, Sulaiman,R, Kurniawan, AP, Maulidinah, S. 2021. Profile of concept shadows of students in solving mathematical problems viewed from learning style. AIP Conference Proceedings 2330 .
    [20] KF Santoso, K Kusaeri, AP Kurniawan. 2021. Peningkatan motivasi dan koneksi matematis siswa SMP melalui pictorial riddle. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) 7 (1), 1-8
    [21] AP Kurniawan, I Rofiki. 2021. Pantun Matematika: media untuk mengembangkan keterampilan literasi matematis mahasiswa melalui service learning. Pantun Matematika: media untuk mengembangkan keterampilan literasi matematis mahasiswa melalui service learning
    [22] CA Yulianingrum, AP Kurniawan, A Lubab. 2020. Pengembangan perangkat pembelajaran model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatih disposisi matematis siswa. MUST: Journal of Mathematics education, science and Technology 5 (1), 39-50
    [23] MA Purnomo, A Lubab, AP Kurniawan. 2022. Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Abilities in Solving Linear Equation in Two Variables on Android Game Called Ganjaran. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA 12 (1), 108-119
    [24] E Viorika, AP Kurniawan, A Lubab. 2021. “LABIRIN MATEMATIKA” A DRILLING EDUCATIONAL GAME. ESTETIC: Education, Science, and Technology International Conference
    [25] N Mutianingsih, LL Prayitno, E Sugandi, SR Fitriatien, AP Kurniawan. 2020. An Investigation of Failure Solving Ill-structured Problems: A Case Study. Matematika dan Pembelajaran 8 (2), 144-160
    [26] AP Kurniawan, S Hartono. 2020. The effect of learning style on academic achievement of prospective teachers in mathematics education. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP) 2 (1), 26-31
    [27] Susanto, Dicky, dkk. 2022. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, BSKAP Kemdikbudristek
    [28] Tohir, Mohammad, dkk. 2022. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, BSKAP Kemdikbudristek
    [29] Kristanto, Yosep Dwi, dkk. 2022. Matematika untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, BSKAP Kemdikbudristek
    [30] Pito, Abdul Haris. 2018. Media Pembelajaran dalam Perspektif Alquran. Vol 6 No 2 (2018): Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan

    PPT
    Video
    LCD

    dosen-pembelajaran-mat-smp
    Agus Prasetyo Kurniawan, M.Pd
    198308212011011009
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester