Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

December 17, 2024

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas hakekat, rasional dan manfaat etnomatematika; dimensi, perspektif dan kedudukan etnomatematika; subjek, objek, pendekaan dan metode etnomatematika; kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan pembelaran matematika; pemahaman, identifikasi dan penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya dan tradisi/interaksi sosial di dalam konteks pembelajaran matematika; penelitian pendahuluan, releksi serta survey dan studi kasus etnomatematika di lokasi sekitar tempat tinggal atau yang direkomendasikan; pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika; pengembanan model pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Hakekat  etnomatematika

    2. rasional etnomatematika

    3. manfaat etnomatematika

    4. Dimensi etnomatematika

    5. Perspektif etnomatematika

    6. Kedudukan etnomatematika

    7. Subjek etnomatematika

    8. Objek etnomatematika

    9. Penndekatan etnomatematika

    10. Metode etnomatematika

    11. Kajian etnomatematika

    12. Hasil penelitian etnomatematika

    13. Pendekatan riset etnomatematika

    14. penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan Etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya dan tradisi/interaksi sosial

    15. Penelitian pendahuluan Etnomatematika di lokasi sekitar tempat tinggal atau yang direkomendasikan

    16. Refleksi dan survey terkait etnomatematika

    17. Studi kasus terkait etnomatematika

    18. RPP pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika

    19. LKPD pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika

    20. Evaluasi pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika


  • Pustaka
  • 1. Agung Hartoyo. 2012. Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. http://jurnal.upi.edu/file/3-agung.pdf. Diakses pada tanggal 9 April 2014.

    2. Astri Wahyuni. 2013. Peran Etnomatematika dalam Mmembangun Karakter Bangsa. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/10738/1/P%20-%2015.pdf. Diakses pada tanggal 9 April 2014.

    3. D’Ambrosio, U. 1991. ‘Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics’, in M. Harris (ed.). Schools, Mathematics and Work. The Falmer Press. London. pp. 15–25. 

    4. D’Ambrosio, U.: 1994. ‘Cultural framing of mathematics teaching and learning’, in R. Biehler, R.W. Scholz, R. Sträßer and B. Winklelmann (eds.). Didactics of Mathematics as a Scientific Discipline. Kluwer Academic Publishers. Dordrecht. pp. 443–455. 

    5. Ebbutt, S and Straker, A. 1995. Children and Mathematics: A Handbook for Teacher, London: Collins Educational. 


    PPT

    dosen-etnomatematika
    Agus Prasetyo Kurniawan, M.Pd
    198308212011011009
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester