Mata kuliah ini membahas hakekat, rasional dan manfaat etnomatematika; dimensi, perspektif dan kedudukan etnomatematika; subjek, objek, pendekaan dan metode etnomatematika; kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan pembelaran matematika; pemahaman, identifikasi dan penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya dan tradisi/interaksi sosial di dalam konteks pembelajaran matematika; penelitian pendahuluan, releksi serta survey dan studi kasus etnomatematika di lokasi sekitar tempat tinggal atau yang direkomendasikan; pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika; pengembanan model pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.
1. Hakekat etnomatematika
2. rasional etnomatematika
3. manfaat etnomatematika
4. Dimensi etnomatematika
5. Perspektif etnomatematika
6. Kedudukan etnomatematika
7. Subjek etnomatematika
8. Objek etnomatematika
9. Penndekatan etnomatematika
10. Metode etnomatematika
11. Kajian etnomatematika
12. Hasil penelitian etnomatematika
13. Pendekatan riset etnomatematika
14. penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan Etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya dan tradisi/interaksi sosial
15. Penelitian pendahuluan Etnomatematika di lokasi sekitar tempat tinggal atau yang direkomendasikan
16. Refleksi dan survey terkait etnomatematika
17. Studi kasus terkait etnomatematika
18. RPP pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika
19. LKPD pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika
20. Evaluasi pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika
1. Agung Hartoyo. 2012. Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. http://jurnal.upi.edu/file/3-agung.pdf. Diakses pada tanggal 9 April 2014.
2. Astri Wahyuni. 2013. Peran Etnomatematika dalam Mmembangun Karakter Bangsa. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/10738/1/P%20-%2015.pdf. Diakses pada tanggal 9 April 2014.
3. D’Ambrosio, U. 1991. ‘Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics’, in M. Harris (ed.). Schools, Mathematics and Work. The Falmer Press. London. pp. 15–25.
4. D’Ambrosio, U.: 1994. ‘Cultural framing of mathematics teaching and learning’, in R. Biehler, R.W. Scholz, R. Sträßer and B. Winklelmann (eds.). Didactics of Mathematics as a Scientific Discipline. Kluwer Academic Publishers. Dordrecht. pp. 443–455.
5. Ebbutt, S and Straker, A. 1995. Children and Mathematics: A Handbook for Teacher, London: Collins Educational.
PPT