Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 11, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam memahami, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah. Mahasiswa akan mempelajari konsep, prinsip, fungsi, dan jenis asesmen (formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik) serta mengkaji relevansinya dengan tujuan pembelajaran matematika dan karakteristik peserta didik. Selain itu, mahasiswa akan berlatih menyusun instrumen asesmen, menerapkannya di kelas, menganalisis hasilnya, dan menyusun laporan secara sistematis. Proses pembelajaran dirancang berbasis diskusi, studi kasus, dan proyek untuk mengembangkan kemampuan analitis, kreatif, inovatif, serta bertanggung jawab dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep dasar asesmen pembelajaran matematika: pengertian, fungsi, prinsip, dan peran asesmen dalam pembelajaran di SD dan SMP/SMA
    2. Jenis-jenis asesmen: formatif, sumatif, diagnostik, autentik – definisi, tujuan, dan contoh penerapan di pembelajaran matematika
    3. Hubungan asesmen, tujuan pembelajaran, dan karakteristik peserta didik
    4. Analisis kurikulum matematika untuk perancangan asesmen (KI, KD/CP, dan TP)
    5. Teknik dan instrumen asesmen tertulis: pilihan ganda, uraian, dan asesmen berbasis proyek,
    6. Teknik dan instrumen asesmen non-tes: observasi, wawancara, penilaian kinerja, dan portofolio,
    7. Validitas, reliabilitas, dan objektivitas instrumen asesmen pembelajaran matematika
    8. Penyusunan kisi-kisi dan instrumen asesmen pembelajaran matematika.
    9. Penerapan asesmen formatif dan sumatif di kelas matematika.
    10. Analisis hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (analisis butir soal, analisis kualitatif).
    11. Penilaian autentik dalam pembelajaran matematika (proyek, portofolio, penilaian kinerja).
    12. Penyusunan laporan hasil asesmen dan pemberian umpan balik kepada siswa.
    13. Pemanfaatan teknologi dalam asesmen pembelajaran matematika (Google Form, Quizizz, aplikasi lainnya)15Integrasi asesmen dalam perencanaan pembelajaran matematika yang inovatif

  • Pustaka
    1. Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2014). Educational Assessment of Students (7th ed.). Boston: Pearson.
    3. Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
    4. Kunandar. (2015). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
    5. Brookhart, S. M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. Alexandria, VA: ASCD. 
    6. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
    7. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman. 
    8. Black, P., & Wiliam, D. (2018). Classroom Assessment and Pedagogy. London: Routledge. 
    9. Stiggins, R. J. (2017). Revolutionize Assessment: Empower Students, Inspire Learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Press. 
    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
    1. Buku teks dan modul 
    2. Media digital 
    3. Google Classroom 
    4. Google Form 
    5. Quizizz dan Kahoot 
    6. Microsoft Excel atau SPSS/JASP 
    7. Media presentasi (PowerPoint atau Canva)
    8. Media praktik 
  • dosen-asesmen-pembelajaran
    Dr. Suparto, M.Pd.I
    196904021995031002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester