Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 13, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Al-‘Arabiyah lil Riyadiyat dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan memahami, menggunakan, dan mengaplikasikan bahasa Arab dalam konteks matematika. Pembelajaran difokuskan pada penguasaan kosakata, struktur kalimat, dan kaidah bahasa Arab yang relevan dengan konsep-konsep matematika, sehingga mahasiswa mampu membaca, menulis, dan menginterpretasikan teks atau soal matematika berbahasa Arab secara tepat.

Materi perkuliahan mencakup pengenalan unsur dasar bahasa Arab seperti isim, fi’il, dan huruf; bentuk tunggal, ganda, dan jamak; serta konsep i‘rab. Selanjutnya, mahasiswa mempelajari teori bilangan dalam bahasa Arab mulai dari bilangan satuan, belasan, puluhan, ratusan, hingga ribuan dan ordinal. Materi juga mencakup penyebutan waktu (assa‘atu wal waqtu), operasi hitung dasar (al-arqom fil hisab), satuan ukuran panjang, berat, waktu, serta kosakata terkait bangun datar dan bangun ruang.

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami terminologi matematika dalam bahasa Arab secara konseptual dan kontekstual;
  2. Menggunakan bahasa Arab dengan benar dalam menjelaskan konsep dan operasi matematika;
  3. Menerjemahkan teks matematika dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia (dan sebaliknya) dengan akurat.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Kaidah dasar bahasa Arab dalam matematika;
    2. Bentuk isim dalam bahasa Arab;
    3. I‘rab dan tanda-tandanya
    4. Kaidah adadul ma'dud;
    5. Kaidah adadut tartib;
    6. Kaidah jam dan waktu;
    7. Opearsi dasar matematika;
    8. Satuan panjang, berat, dan waktu;
    9. Bangun datar dan bangun ruang.

  • Pustaka
    1. Ensi Mini Nahwu Sharf (Muhammad Khoiron Ghozali, 2012);
    2. Abdul Nur, Wajih. Al-Lughah Al-‘Arabiyyah fi Al-Riyadhiyyat (Bahasa Arab dalam Matematika). Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabi, 2010. Buku ini membahas kosakata, struktur kalimat, dan penerapan bahasa Arab dalam pembelajaran matematika;
    3. As-Suyuthi, Jalaluddin. Al-Qawa‘id Al-Nahwiyyah wa Al-Sharfiyyah fi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah (Kaidah Nahwu dan Sharaf dalam Bahasa Arab). Kairo: Dar al-Salam, 2008. Panduan lengkap kaidah tata bahasa (nahwu) dan morfologi (sharaf) bahasa Arab, baik klasik maupun modern;
    4. Abdul Ghani, Hasan. Al-A‘dad fi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah: Dirasah Nahwiyyah wa Dalaliyyah (Bilangan dalam Bahasa Arab: Kajian Tata Bahasa dan Makna). Beirut: Dar Ibn Katsir, 2015. Mengulas tata bahasa, kaidah penggunaan, dan makna bilangan dalam bahasa Arab;
    5. Al-Jundi, Muhammad. Al-Lughah Al-‘Arabiyyah lil-‘Ulum wa Al-Riyadhiyyat (Bahasa Arab untuk Sains dan Matematika). Amman: Dar al-Masirah, 2013. Membahas kosakata dan ungkapan bahasa Arab yang digunakan dalam bidang sains dan matematika;
    6. Abdul Halim, Mahmud. Al-Mu‘jam Al-‘Arabi lil-Riyadhiyyat wa Al-‘Ulum (Kamus Bahasa Arab untuk Matematika dan Sains). Riyadh: Kantor Pendidikan Arab untuk Negara Teluk, 2006. Kamus istilah-istilah matematika dan sains dalam bahasa Arab lengkap dengan terjemahan dan penjelasan;
    7. Mulyadi, R., & Wahyudi, D. (2019). Penerapan konsep matematika dalam pembelajaran bahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 123–135. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/331203642_PENERAPAN_KONSEP_MATEMATIKA_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_PADA_FTK_DI_UIN_STS_JAMBI(Menjelaskan model integrasi materi matematika dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi)

    1. Media Cetak & Teks;
    2. Media Audio-Visual;
    3. Media Digital Interaktif;
    4. Media Real & Konkret

    dosen-al-arobiyat-lil-riyadiyat
    Mujib Ridwan, S.Kom., M.T
    198604272014031004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester