Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 20, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Resolusi Konflik pada Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam membahas teori, konsep, dan strategi penyelesaian konflik dalam konteks sosial, budaya, dan keislaman. Mahasiswa akan mempelajari faktor penyebab konflik, pendekatan transformasi konflik, mediasi, negosiasi, serta peran budaya dan agama dalam resolusi konflik. Pembelajaran mencakup studi kasus konflik komunitas dan praktik resolusi konflik berbasis masyarakat. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis konflik secara kritis, merancang strategi resolusi berbasis kearifan lokal, serta mengaplikasikan pendekatan damai dalam pengembangan masyarakat Islam.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. urgensi studi resolusi konflik dalam pengembangan masyarakat dan dakwah 
    2. Konsep dasar konflik: sumber, bentuk, dan dinamika konflik 
    3. Teori-teori konflik klasik & modern Mahasiswa mampu membedakan teori konflik (Marx, Coser, Galtung, dll) 
    4. Pendekatan resolusi konflik: conflict management, resolution, transformation 
    5. Perspektif Islam tentang konflik dan perdamaian: konsep islah, sulh, ukhuwwah 
    6. Resolusi konflik berbasis pesantren & dakwah kultural
    7. Komunikasi antar budaya & komunikasi lintas agama dalam resolusi konflik 
    8. Resolusi konflik berbasis gender: peran perempuan & anak muda 
    9. Negosiasi dan mediasi: metode praktis penyelesaian konflik 
    10. Resolusi konflik struktural: konflik agraria, sumber daya, dan kebijakan publik
    11. Resolusi konflik berbasis komunitas (Community-Based Conflict Resolution) 
    12. Kearifan lokal & budaya dalam resolusi konflik (misal: rembug desa, musyawarah, tahlilan) 
    13. Manajemen pasca konflik
    14. Peran tokoh dalam penyelesaian konflik
    15. Rekonsiliasi, trauma healing, penguatan harmoni sosial 
    16. Pendekatan Islam dalam resolusi konflik

  • Pustaka
  • 1. Fisher, S., Ludin, J., Williams, S., Abdi, D. I., Smith, R., & Williams, S. (2000). Working with Conflict: Skills and Strategies for Action. London: Zed Books.
    2. Moore, C. W. (2014). The Mediation Process: Practical Strategies for Resolving Conflict. 4th ed. San Francisco: Jossey-Bass.
    3. Abu-Nimer, M. (2003). Nonviolence and Peace Building in Islam: Theory and Practice. Gainesville: University Press of Florida.
    4. Burton, J. W. (1990). Conflict: Resolution and Prevention. New York: St. Martin’s Press.
    5. Galtung, J. (1996). Peace by Peaceful Means: Peace and Conflict, Development and Civilization. Oslo: International Peace Research Institute.
    6. Coser, L. A. (1956). The Functions of Social Conflict. New York: Free Press.
    7. Gurr, T. R. (1970). Why Men Rebel. Princeton: Princeton University Press.
    8. Pruitt, Dean G, Jeffrey Z. Rubin. (2009). Teori Konflik Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    9. Chandra,R.I, (1992).Konflik Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Yogyakarta; Kanisius.
    10. Kusnadi, (2002). Konflik Sosial Nelayan: Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Perikanan. Yogyakarta: Lkis
    11. Elly M. Setiadi dan Usman Kolip, (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
    12. J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, (2005). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
    13. David Jarry dan Julia Jarry. (1991). Collins Dictionary of Sociology. Glasglow:Harper Collins Publisher
    14. Neil Katz & Kevin McNulty. (1994). Conflict Resolution. https://www.maxwell.syr.edu/uploadedFiles/parcc/cmc/Conflict%20Resolution%20NK.pdf
    15. Deutsch & Coleman (2006). The handbook of conflict resolution: theory and practice

    1. Power Point
    2. LCD
    3. Smart TV
    4. Video Pembelajaran

    dosen-resolusi-konflik
    Dr. Hj. Ries Dyah Fitriyah, M.Si.
    197804192008012014
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester