Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip partisipatoris, memulai pelatihan partisipatoris sampai pada menutup kegiatan pelatihan tersebut yang menghasilkan perubahan sosial,  disamping itu mahasiswa belajar dinamika apa saja dan kebutuhan-kebutuhan dalam pelatihan  partisipatif, nanti juga akan di tutup dengan monitoring dan evaluasi serta game atau ice breaker dalam kelompok yang merupakan bagian dari manajemen pelatihan partisipatif

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengertian dan dasar-dasar filosofis manajemen pelatihan partisipatif
    2. Model-model pelatihan partisipatif
    3. Dinamika dalam pelatihan partisipatif
    4. Desain pelatihan partisipatif
    5. Peran-peran pemandu dan dan karakter peserta pelatihan partisipatif
    6. Membuat kontrak belajar
    7. Teknik memandu proses awal pelatihan
    8. Monitoring proses belajar, Mengevaluasi hasil belajar
    9. Memfasilitasi proses Refleksi dan menyusun rencana tindak lanjut
    10. Permainan untuk pembelajaran, 1 Icebreaker
    11. Permainan untuk pembelajaran, 2 Energizer
    12. Permainan untuk pembelajaran, 3 learning game
    13. Teknik mengelola dan mengembangkan media belajar
    14. Menyusun dan menganalisi pree tes dan post tes untuk sebuah pelatihan dan penyusunan pelaporan pelatihan

  • Pustaka
  • 1. Topatimasang, (2016), Mengubah kebijakan publik: paduan pelatihan advokasi, Yogyakarta: insist press
    2. Sabastias,(2012), Modul pelatihan: pengelolahan proyek pembangunan masyarakat berorientasi perubahan sosial, Yogyakarta: Circle Indonesia
    3. Yoenarsih Nazar, (2009). Seri Teknologi Pelatihan: Mendesain Kegiatan Interaktif, Jakarta: Training and Publications Advisor USAID-LGSP
    4. Bahtiar Fitanto dkk, (2009). Seri Teknologi Pelatihan:Fasilitasi yang efektif. Jakarta: Training and Publications Advisor USAID-LGSP 5. Yoenarsih Nazar, (2009). Seri Teknologi Pelatihan:Kepemimpinan Fasilitatif. Jakarta: Training and Publications Advisor USAID-LGSP
    6. Afandi, Agus, dkk , Dasar-dasar Pengembangan Masyarakat Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2013
    7. Suharto, Edi, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kjian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. Bandung: PT Ravika Adimata, cet Ke-1, 2005
    8. Hardjana, Agus M., 2006, Training SDM yang Efektif, cetakan keenam, Penerbit Kanisius, Yogyakarta
    9. Rahardjo, Toto dkk, 2010, Pendidikan Popular : Membangun kesadaran kritis, cetakan keempat, Insist Pres, Yogyakarta

    1. Power Point
    2. Video Simulasi
    3. LCD
    4. Laptop

    dosen-manajemen-pelatihan-partisipatif
    Dr. Moh. Ansori, M.Fil.I
    197508182000031002
    dosen-manajemen-pelatihan-partisipatif
    M.Nasyrudin, S.Sos.I, M.Ag
    B062021
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester