Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip dasar dan keterampilan menjadi seorang fasilitator, sebagai seorang fasilitator harus memahami posisi dan peran dirinya ditengah-tengah masyarakat atau kelompok yang dia dampingi agar proses pendidikan transformatif itu berjalan dengan baik dan terukur maka dari itu penting sekali fasilitator menguasai keterampilan-keterampilan dalam proses mendampingi masyarakat.
1. Yoenarsih Nazar, (2009). Seri Teknologi Pelatihan: Mendesain Kegiatan Interaktif, Jakarta: Training and Publications Advisor USAID-LGSP
2. Bahtiar Fitanto dkk, (2009). Seri Teknologi Pelatihan:Fasilitasi yang efektif. Jakarta: Training and Publications Advisor USAID-LGSP
3. Yoenarsih Nazar, (2009). Seri Teknologi Pelatihan:Kepemimpinan Fasilitatif. Jakarta: Training and Publications Advisor USAID-LGSP
4. Afandi, Agus, dkk , Dasar-dasar Pengembangan Masyarakat Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2013
5. Suharto, Edi, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kjian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. Bandung: PT Ravika Adimata, cet Ke-1, 2005
6. Hardjana, Agus M., 2006, Training SDM yang Efektif, cetakan keenam, Penerbit Kanisius, Yogyakarta
7. Rahardjo, Toto dkk, 2010, Pendidikan Popular : Membangun kesadaran kritis, cetakan keempat, Insist Pres, Yogyakarta