Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 14, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Science Edutainment membekali mahasiswa dengan konsep, strategi, dan keterampilan mengemas pembelajaran sains menjadi pengalaman belajar yang edukatif sekaligus menghibur. Fokusnya adalah memadukan prinsip-prinsip pendidikan sains dengan pendekatan hiburan (entertainment) yang kreatif, inovatif, dan berbasis teknologi, sehingga mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep sains.

Mahasiswa akan mempelajari teori edutainment, psikologi belajar yang relevan, dan teknik perancangan media pembelajaran berbasis permainan, simulasi, drama ilmiah, eksperimen interaktif, dan konten multimedia. Mata kuliah ini juga menekankan integrasi kearifan lokal, teknologi digital (termasuk AR/VR), dan tren edutainment global untuk menciptakan pembelajaran sains yang bermakna, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan literasi sains.

Melalui pendekatan project-based learning, mahasiswa akan mengembangkan produk science edutainment yang dapat diimplementasikan di sekolah atau kegiatan luar kelas, seperti pameran sains, pertunjukan sains (science show), video pembelajaran kreatif, atau mobile learning game.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian

    1. Pendahuluan dan kontrak kuliah: pengenalan konsep Science Edutainment (definisi, tujuan, ruang lingkup, manfaat) serta penyepakatan aturan perkuliahan.
    2. Fakta menarik Biologi: konsep, praktikum, keterkaitan dengan dalil Al-Qur’an, dan pemaknaan nilai karakter.
    3. Fakta menarik Fisika: konsep, praktikum, keterkaitan dengan dalil Al-Qur’an, dan pemaknaan nilai karakter.
    4. Fakta menarik Kimia: konsep, praktikum, keterkaitan dengan dalil Al-Qur’an, dan pemaknaan nilai karakter.
    5. Fakta menarik Sains Kebumian: konsep, praktikum, keterkaitan dengan dalil Al-Qur’an, dan pemaknaan nilai karakter.
    6. Science game edukasi: perancangan dan implementasi permainan sains berbasis gamifikasi (puzzle, science magic, simulasi interaktif, dll.).
    7. Prinsip gamifikasi: penerapan unsur tantangan, skor, hadiah, kolaborasi, dan evaluasi dalam permainan edukasi sains.
    8. Science show: perencanaan dan pelaksanaan pertunjukan sains di sekolah atau pameran (expo) dengan integrasi narasi, visual, dan eksperimen.
    9. Proyek film pendek Science Edutainment: penyusunan naskah, storyboard, dan produksi berbasis teknologi (multimedia, VR, AR) dan kearifan lokal.
    10. Evaluasi proyek Science Edutainment: presentasi hasil, refleksi, dan penilaian produk

  • Pustaka
    1. Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
    2. Berk, R. A. (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 5(1), 1–21.
    3. Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
    4. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional Media and Technologies for Learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
    5. Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (2010). Designing Effective Instruction. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
    6. Prensky, M. (2001). Digital Game-Based Learning. New York: McGraw-Hill.
    7. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
    8. Suyanto, M., & Junaedi, D. (2018). Multimedia untuk Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Andi.
    9. Tileston, D. W. (2010). What Every Teacher Should Know About Media and Technology. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
    10. Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making It Work (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
    11. Artikel-artikel mutakhir yang relevan
  • Laptop
    LCD Proyektor/ smart TV
    Alat bahan praktikum

    dosen-science-edutainment
    Nailil Inayah, S.Pd., M.Pd
    198906202019032017
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester