Mata kuliah Psikologi Pendidikan IPA membahas prinsip, konsep, dan penerapan psikologi pendidikan dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Materi meliputi perkembangan peserta didik (fisik, kognitif, sosial-emosional), berbagai teori belajar yang relevan untuk pembelajaran IPA, keterampilan metakognitif, serta pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan konsep pendidikan inklusif. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana karakteristik perkembangan peserta didik memengaruhi proses belajar, menganalisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mengembangkan strategi untuk melatih metakognisi siswa, serta memahami pendekatan pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan siswa beragam, termasuk ABK. Sebagai bagian dari pembelajaran, mahasiswa menganalisis penerapan nyata salah satu topik yang telah dipelajari, seperti strategi pembelajaran IPA bagi siswa inklusi atau penerapan teori belajar tertentu di kelas. Kegiatan ini diharapkan mengembangkan keterampilan analisis, refleksi, dan penerapan konsep psikologi pendidikan dalam situasi nyata di lapangan.