Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 25, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas materi overview modul ajar kurikulum merdeka, komponen modul ajar, pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, analisis  CP/TP IPA SMP pada kurikulum merdeka, perumusan indikator dan tujuan pembelajaran, review model pembelajaran IPA, review media pembelajaran IPA, review evaluasi pembelajaran IPA, penyusunan LKS, analisis buku ajar IPA, mendesain skenario pembelajaran IPA, praktik penyusunan modul ajar, presentasi modul ajar yang dikembangkan sehingga mahasiswa memiliki kemampuan merencanakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA dengan mamanfaatkan IPTEK melalui pemikiran logis dan inovatif dengan penuh tanggungjawab

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Overview modul ajar kurikulum merdeka,
    2. Komponen modul ajar, pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, 
    3. Analisis  CP/TP IPA SMP pada kurikulum merdeka, 
    4. Perumusan indikator dan tujuan pembelajaran,
    5. Review model pembelajaran IPA,
    6. Review media pembelajaran IPA,
    7. Review evaluasi pembelajaran IPA,
    8. Penyusunan LKS,
    9. Analisis buku ajar IPA,
    10. Mendesain skenario pembelajaran IPA, praktik penyusunan modul ajar, presentasi modul ajar

  • Pustaka
    1. Anderson. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching: a Assessing a Revision of Bloom’s Taxonomy Education Objective. New York: Longman
    2. Arends, Richard I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. United States: The McGraw-Hill Companies, Inc
    3. Burden dan Bryd. (1999). Methods for Effective Teaching. New York: Allyn and Bacon.
    4. Reynolds, C.R., Livingston, R.B., & Willson, V. 2010. Measurement and Assessment in Education. New Jersey: Pearson Education, Inc
    5. Sufyadi, S. dkk. 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
    6. Anggraena Yogi, dkk. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia
    7. Keputusan Kemendikbudristek No 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
    8. Indayati, T. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Metode Ilmiah untuk Penguasaan Konsep Lingkungan dan Perubahannya.  Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol 7 No 1

    1. Powerpoint
    2. LCD

    dosen-pengembangan-perangkat-pembelajaran-ipa
    Tatik Indayati, M.Pd.
    197407172014112003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester