Mata kuliah ini mengintegrasikan konsep Islam dengan STEM, menelaah determinasi sosial, gender, dan literasi sains, serta menerapkan PBL untuk merancang media ajar berbasis IPA yang relevan dengan konteks Qur’an dan nilai kemanusiaan. sekaligus mengasah sikap profesional, kemandirian, kewirausahaan, dan kepedulian social dalam memecahkan kehidupan sehari-hari
a. Definisi, Pentingnya mempelajari Islam dan STEM
b. STEM dan life long education
c. ISTEM dengan literasi sains
KD dalam kurikulum yang berpotensi untuk pembelajaran berbasis ISTEM
pembelajaran STEM berbasis masalah
mempraktikkan pembelajaran berbasis PBL-STEM
d. Penciptaan Manusia dalam Al-Qur’an
e. Hewan istimewa dalam Al-Qur’an
f. Tumbuhan dalam Al-Qur’an
g. Al-Qur’an dan fisika
h. Al-Qur’an dan kimia
i. Al-Qur’an dan teknologi
Nida'ul Khairiyah, S. P. (2019). Pendekatan science, technology, engineering dan mathematics (STEM). Spasi Media.
Erman, E., Liliasari, L., Ramdani, M., & Wakhidah, N. (2019). Addressing Macroscopic Issues: Helping Student Form Associations Between Biochemistry and Sports and Aiding Their Scientific Literacy. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09990-3
Wakhidah, N. (2006). PEREMPUAN DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI. Egalita, 1(1), 1–12.
Wakhidah, N. (2018). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2950
Wakhidah, N. (2012). Menulis Dalam Meningkatkan. Seminar Nasional Prodi Pendidikan Sains S1 Unesa Tahun 2012, 71–84.
buku ajar ISTM
video di youtube tentang STEM