Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 19, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mahasiswa menguasai konsep etnosains sehingga mampu membedakan sains asli dan sains ilmiah, memahami bentuk-bentuk etnosains dan mampumerekonstruksi sains asli menjadi sains ilmiah dalampembelajaran IPA sehingga dapat merancang aktivitas berbasis proyek untuk menggqali dan menerapkan konsep dalam kehidupan

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Konsep Etnosains

    etnosains dan Pendidikan karakter

    pengetahuan asli masyarakat dengan pengetahuan ilmiah.

    jenis dan bentuk etnosains

    mengEksplorasi sains asli masyarakat,

     merekontruksi  sains asli untuk pembelajaran IPA,

     Mendesain pembelajaran berdasarkan pengetahuan asli untuk MBKM

    Mendesain pembelajara PBL berdasarkan pengetahuan asli

    Mendesain pembelajara proyek berdasarkan pengetahuan asli

    etnobotani/etnokuliner/etnofarmakologi

  • Pustaka
  • Aji, S. D. (2017). Etnosains dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Ilmiah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

    Arfianawati, S., Sudarmin, S., Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.

    Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116-128.

    Erman, E., & Wakhidah, N. (2024). Connecting students to local wisdom to learn science for sustainable development goals: A conceptual framework. KnE Social Sciences, 1364-1374.

    Erman, E., Suyatno, S., & Wakhidah, N. (2023, April). An expert judgment of textbook draft of local wisdom-based learning of science: A preliminary study. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

    Febriani, E. R., Sudarmin, S., & Alimah, S. (2020). Local Wisdom Learning Approach Towards Students Learning Outcomes. Journal of Primary

    Hukum Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang.

    Langill, S. 1999. Indigenous Knowledge A Resource Kit for Sustainable Development Researchers in Dryland Africa.

     Lanzano, C. 2013. What Kind of Knowledge is :indigenous knowledge”? Critical Insights from a Case Study in Burkina Faso. Transcience: 4(2).

    Minani, N. 2017. Penanggalan Jawa Pranata Mangsa Perspektif Ilmu Klimatologi pada Saat Tahun Terjadinya El Nino dan La Nina (Implementasi dalam Penentuan Arah Kiblat). Skripsi Tidak Diterbitkan. Jurusan Ilmu Falak Fakultas Syari’ah dan

    Suastra, W.I. 2009. Merekonstruksi Sains Asli (Indegenous Science) dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya Lokal di Sekolah. Bali: Jurusan Pend. Fisika IKIP Singaraja.

    Sudarmin, Zaenuri, dan Parmin. 2013.Merekonstruksi Pengetahuan Sains  Ilmiah Berbasis Budaya dan  Kearifan  Lokal di Wilayah Kepulauan Karimunjawa sebagai Wahana Menanamkan Soft Skill Karakter Konservasi pada Mahasiswa. Laporan Penelitian Dasar. LP2M Unnes.  Referensi pendukung

    Sudarmin. 2014. Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal : konsep dan penerapannya dalam penelitian dan pembelajaran sains. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang

    Wakhidah, N., Munawir, M., Hanifah, U., Junaedi, J., Jha, G. K., & Erman, E. (2024). Gugon Tuhon as Java’s local wisdom for supporting sustainable development goals. In E3S Web of Conferences (Vol. 568, p. 01003). EDP Sciences.

    Wisnubroto, S. Sumbangan Pengenalan Waktu Tradisional “Pranata Mangsa” pada Pengelolaan Hama Terpadu. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia: 4(1).


    ppt
    laptop
    youtube

    dosen-etnosains
    Dr Nur Wakhidah, S.Pd., M.Si
    197212152002122002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester