Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar berpikir kritis sebagai keterampilan intelektual yang esensial dalam analisis, evaluasi, dan penyusunan argumen. Mahasiswa diajak mengembangkan kemampuan berpikir logis, sistematis, reflektif, dan objektif dalam menghadapi berbagai persoalan, baik dalam konteks akademik maupun kehidupan sehari-hari. Materi mencakup identifikasi argumen, pengenalan bias dan sesat pikir (fallacies), serta teknik penalaran yang valid.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian Mata Kuliah Critical Thinking:

    1. Pengantar Berpikir Kritis
      Definisi dan urgensi berpikir kritis
      Ciri-ciri dan manfaat berpikir kritis

    2. Struktur dan Unsur dalam Berpikir
      Pernyataan, premis, dan kesimpulan
      Inferensi dan penalaran logis

    3. Jenis-Jenis Penalaran
      Penalaran deduktif
      Penalaran induktif
      Penalaran analogis 

    4. Identifikasi dan Evaluasi Argumen
      Membedakan argumen dari non-argumen
      Menilai validitas dan kekuatan argumen

    5. Logika Formal dan Informal
      Silogisme dan bentuk-bentuk logika dasar
      Logika simbolik sederhana

    6. Kesesatan Berpikir (Logical Fallacies)
      Jenis-jenis sesat pikir: ad hominem, straw man, slippery slope, dsb
      Cara menghindari dan mengkritisi sesat pikir

    7. Bahasa, Makna, dan Ambiguitas
      Peran bahasa dalam berpikir kritis
      Ambiguitas, eufemisme, dan manipulasi bahasa

    8. Bias Kognitif dan Hambatan Berpikir Kritis
      Jenis-jenis bias kognitif
      Faktor psikologis, sosial, dan budaya

    9. Berpikir Kritis dalam Konteks Sosial dan Media
      Analisis informasi di media massa dan media sosial
      Deteksi hoaks dan propaganda

    10. Aplikasi Berpikir Kritis dalam Pengambilan Keputusan
      Strategi problem solving
      Pengambilan keputusan berbasis data dan analisis

    11. Berpikir Reflektif dan Etika dalam Berpikir
      Refleksi diri dan kesadaran epistemologis
      Etika dalam berpikir dan berdiskusi

  • Pustaka
  • A. Referensi Utama (Bahasa Inggris)

    • Paul, Richard & Elder, Linda. (2019). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life (4th Edition). Pearson.
    • Moore, Brooke Noel & Parker, Richard. (2017). Critical Thinking (12th Edition). McGraw-Hill.
    • Bassham, Gregory et al. (2012). Critical Thinking: A Student's Introduction (4th Edition). McGraw-Hill.
    • Browne, M. Neil & Keeley, Stuart M. (2017). Asking the Right Questions: A Guide to Critical Thinking (12th Edition). Pearson.

     B. Referensi Pendukung (Bahasa Indonesia)

    • Ennis, Robert H. (dalam terjemahan). Berpikir Kritis. (Penerbit sering berubah, tergantung edisi)
    • Tanjung, Faisal Santiago. (2020). Berpikir Kritis dalam Dunia Akademik. Jakarta: Prenadamedia Group.

    •  Kusnandar, V. (2018). Berpikir Kritis: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

    • CReferensi Tambahan (Untuk Konteks Filsafat & Logika Dasar)

      1. Copi, Irving M., Cohen, Carl & McMahon, Kenneth. (2016). Introduction to Logic (14th Edition). Pearson.

      2. Sumaryono, E. (1999). Filsafat Pendidikan Kritis. Yogyakarta: Kanisius.

    1. Media Visual dan Audiovisual

    • Video pembelajaran dari YouTube atau platform MOOC seperti Coursera, edX, FutureLearn
      Misal: Video Richard Paul tentang Elements of Thought 

    • Film/klip pendek untuk analisis argumen atau bias (contoh: adegan debat politik, iklan, berita TV)

    • Presentasi PowerPoint/Canva/Prezi sebagai alat bantu dosen dalam menjelaskan konsep

    2. Media Digital dan Interaktif

    • Learning Management System (LMS): Google Classroom, Moodle, atau Microsoft Teams
      Untuk upload materi, diskusi, kuis, tugas mingguan

    • Padlet / Mentimeter / Slido: Untuk diskusi interaktif dan polling pendapat

    • Kahoot / Quizizz / Socrative: Untuk kuis interaktif tentang fallacies, argumen, dll.

    3. Media Cetak & Bahan Tulis Buku teks dan artikel ilmiah 

    • Lembar kerja (worksheet) untuk latihan identifikasi argumen dan analisis teks

    • Infografis tentang jenis-jenis sesat pikir, struktur argumen, dll.

    4. Media Pembelajaran Berbasis Aktivitas

    • Debat kelas (formal/informal)

    • Studi kasus (case study): Analisis isu sosial, politik, media dengan pendekatan kritis

    • Roleplay: Misalnya simulasi sidang atau diskusi publik

    • Jurnal reflektif: Mahasiswa menulis pengalaman berpikir kritis mereka dalam keseharian

    dosen-critical-thinking
    Dr. Loekisno Choiril Warsito, M.Ag.
    196303271993031004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester