Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 26, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang konsep dasar statistik dan penerapannya dalam penelitian pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan mempelajari fungsi statistik dalam membangun pengetahuan ilmiah, serta mengimplementasikan konsep-konsep tersebut dalam mengolah dan menganalisis data, baik secara manual maupun dengan aplikasi statistik.

Melalui pendekatan praktis, mahasiswa akan mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data, khususnya terkait kajian hubungan anak usia dini dengan keluarga dan komunitas. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya nilai, norma, dan etika akademik dalam setiap proses penelitian.

 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengertian Statistik Pendidikan, Lingkup Statistik Pendidikan, Manfaat & Kegunaan, Statistik deskriptif & inferensial
    2. 
    Jenis-jenis data, jenis-jenis variabel, cara mengukur variabel dalam penelitian PAUD.
    3. 
    Teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas instrumen.
    4. Ukuran pemusatan (mean, median, modus), ukuran penyebaran (rentang, standar deviasi, varian), tabel dan grafik.
    5. Konsep validitas dan reliabilitas:Jenis-jenis validitas (isi, konstruk, kriteria) dan reliabilitas (konsistensi internal, stabilitas); Prosedur pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan aplikasi statistik.
    6. Konsep uji asumsi

    • Pengertian normalitas data dan signifikansinya dalam statistik parametrik.
    • Prosedur uji normalitas pada aplikasi statistik
    7. Konsep uji linieritas dan uji homogenitas: Prosedur uji linieritas (analisis regresi, scatterplot); Prosedur uji homogenitas (Levene's Test).
    8. Pengenalan korelasi vs. regresi; Hubungan kausal dan simetris; Keterkaitan antara jenis data (rasio, interval, ordinal) dengan pemilihan teknik statistik.
    9. Macam-macam uji korelasi: Korelasi Pearson (untuk data interval/rasio) dan Korelasi Spearman (untuk data ordinal);  Langkah-langkah membaca tabel hasil korelasi dalam jurnal; Studi kasus artikel jurnal yang menggunakan analisis korelasi.
    10. Konsep regresi sederhana: Perbedaan regresi sederhana dengan korelasi; Membaca dan menafsirkan model regresi dalam artikel jurnal; Studi kasus artikel jurnal yang menggunakan analisis regresi sederhana.
    11. 
    Jenis-jenis uji korelasi (Pearson, Spearman): 1)Uji perbandingan,1)onsep regresi berganda, 3) Peran dan definisi variabel moderator, 4) Peran dan definisi variabel mediator 5) Studi kasus artikel jurnal yang menggunakan analisis regresi kompleks, 6) Kapan menggunakan uji parametrik vs. non-parametrik.
    12. Konsep dasar uji non-parametrik: 1) Perbedaan antara uji parametrik dan non-parametrik 2) Fungsi dan langkah-langkah Uji Peringkat Tanda Wilcoxon (untuk data berpasangan) dan Uji Mann-Whitney U (untuk data independen).
    13. Konsep Uji Kruskal-Wallis (untuk data independen lebih dari dua kelompok) dan Uji Friedman (untuk data berpasangan lebih dari dua kelompok):  Interpretasi output hasil uji statistik; Analisis artikel jurnal di bidang PAUD yang menggunakan uji statistik non-parametrik.

     

    .

     

     


     


  • Pustaka
  • 1) I. Peers, Statistical analysis for education and psychology researchers: Tools for researchers in education and psychology. Routledge, 2006.

    2)     S. Sugiyono, “Statistika untuk penelitian.” Alfabeta, 2007.

    3)      J. R. Fraenkel and N. E. Wallen, Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Higher Education, 2009.

    Powerpoint, google sheet, google doc.

    dosen-statistik-pendidikan
    Dr. Irfan Tamwifi, M.Ag.
    197001022005011005
    dosen-statistik-pendidikan
    Kartika Metafisika, S.Si, M. Pd
    D11181
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester