Mata kuliah ini dirancang untuk
memberikan pemahaman komprehensif tentang konsep dasar statistik dan
penerapannya dalam penelitian pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan
mempelajari fungsi statistik dalam membangun pengetahuan ilmiah, serta
mengimplementasikan konsep-konsep tersebut dalam mengolah dan menganalisis
data, baik secara manual maupun dengan aplikasi statistik. Melalui pendekatan praktis, mahasiswa
akan mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data, khususnya
terkait kajian hubungan anak usia dini dengan keluarga dan komunitas. Mata
kuliah ini juga menekankan pentingnya nilai, norma, dan etika akademik dalam
setiap proses penelitian.
1. Pengertian Statistik Pendidikan, Lingkup Statistik
Pendidikan, Manfaat & Kegunaan, Statistik deskriptif & inferensial
2. Jenis-jenis data,
jenis-jenis variabel, cara mengukur variabel dalam penelitian PAUD.
3. Teknik pengumpulan data, instrumen penelitian,
validitas dan reliabilitas instrumen.
4. Ukuran pemusatan
(mean, median, modus), ukuran penyebaran (rentang, standar deviasi, varian),
tabel dan grafik.
5. Konsep validitas dan reliabilitas:Jenis-jenis validitas (isi, konstruk,
kriteria) dan reliabilitas (konsistensi internal, stabilitas); Prosedur pengujian validitas dan reliabilitas
menggunakan aplikasi statistik.
6. Konsep uji asumsi
.
1) I. Peers, Statistical analysis for education and psychology researchers: Tools for researchers in education and psychology. Routledge, 2006.
2) S. Sugiyono, “Statistika untuk penelitian.” Alfabeta, 2007.
3) J. R. Fraenkel and N. E. Wallen, Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Higher Education, 2009.
Powerpoint, google sheet, google doc.