Mata kuliah Seni Drama ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar seni peran dan dramaturgi, yang diintegrasikan dalam pendidikan anak usia dini (AUD). Dalam perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari ruang lingkup drama, sejarah drama dari zaman purba hingga modern, struktur dramatik, serta penerapan prinsip-prinsip seni drama dalam konteks pendidikan anak. Melalui pembelajaran yang berbasis pada teori dan praktik, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan pementasan drama yang sesuai dengan karakteristik anak-anak, serta mengaplikasikan manajemen pementasan secara profesional. Mata kuliah ini juga mengintegrasikan pembelajaran tentang seni peran untuk anak berkebutuhan khusus dan PAUD inklusif, dengan fokus pada pengembangan nilai humaniora dan kemampuan analitis dalam mendidik melalui seni drama.
Ruang Lingkup Drama, Pengertian dan ruang lingkup drama, Elemen-elemen dasar dalam seni drama, Hubungan drama dengan seni lainnya.
Dramaturgi, Pengertian dramaturgi, Unsur-unsur dalam dramaturgi, Struktur dramatik dan fungsinya dalam karya drama.
Jenis-Jenis Drama dan Teater Drama tradisional dan modern, Jenis-jenis teater, Perbedaan antara drama, teater, dan pertunjukan lainnya
Sejarah Drama Drama Zaman Purba dan Perkembangannya, Drama Zaman Yunani dan Romawi, Drama Abad Pertengahan hingga Abad 20
Struktur Dramatik Elemen-elemen struktur drama (plot, karakter, tema, setting, dan dialog), Jenis-jenis plot dalam drama, Karakterisasi dan pengembangan karakter dalam drama
Dramaturgi dalam Pendidikan, Fungsi drama dalam masyarakat,Drama sebagai proses pendidikan, khususnya untuk anak-anak;Penerapan drama dalam pendidikan anak usia dini (AUD)
Tata Artistik dan Konvensi Panggung Pementasan Drama,Teknik pementasan drama, Tata pentas dan pengaturan ruang panggung, Peran sutradara, aktor, dan tim produksi dalam pementasan drama
Manajemen Pementasan Drama, Proses produksi pementasan drama, Manajemen tim produksi dan organisasi pementasan, Manajemen sumber daya dalam pementasan drama.
Pertunjukan Drama, Prosedur dan teknik pementasan drama, Pengembangan konsep dan gaya pertunjukan drama, Evaluasi pertunjukan drama dalam konteks pendidikan
Harymawan, A. (1988). Dramaturgi. Bandung: Rosda.
Endraswara, S. (2011). Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.
Santoso, I. (2013). Pengantar Seni Drama dan Teater. Jakarta: Erlangga.
Suyanto, P. (2012). Drama dan Teater: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pradopo, R. (2007). Drama dan Teater: Konsep dan Praktik Pementasan. Jakarta: Gramedia.
Soedarsono, S. (1990). Dasar-Dasar Dramaturgi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kattan, F. (2010). Drama sebagai Media Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Baldwin, J. (2006). Theories of Theatre: A Historical and Critical Survey. New York: Applause Theatre & Cinema Books.
Grotowski, J. (1991). Towards a Poor Theatre. New York: Theatre Communications Group.
Cohen, R. (2003). The Drama of the European Avant-Garde. London: Routledge.
Slide PowerPoint
Digunakan untuk menyampaikan materi secara visual dan terstruktur. Slide ini dapat berisi teori-teori dasar, contoh-contoh drama, serta gambar atau video yang relevan dengan topik yang dibahas.
Video Pembelajaran
Video yang menampilkan contoh pementasan drama, tutorial tentang teknik pementasan, dan dokumentasi dari pertunjukan atau kegiatan seni drama dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Video juga dapat menampilkan wawancara dengan aktor atau sutradara profesional untuk memberikan perspektif lebih luas.
Film dan Dokumenter Drama
Menonton film atau dokumenter tentang sejarah drama atau pementasan drama tertentu dapat memberi mahasiswa gambaran nyata tentang konsep-konsep yang diajarkan. Misalnya, film tentang pementasan teater besar atau drama klasik dapat memperlihatkan penerapan teknik dramatis secara langsung.