Mata kuliah ini membahas perkembangan seni pada anak usia dini dalam berbagai aspek, termasuk seni musik, tari, rupa, dan peran. Mahasiswa akan mempelajari konsep teoritis perkembangan seni serta penerapannya dalam pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal.
Mahasiswa akan memahami konsep seni, unsur-unsurnya, serta fungsi pendidikan seni dalam mendukung kreativitas anak. Selain itu, mata kuliah ini juga mengeksplorasi pendekatan pembelajaran seni berbasis STPPA PAUD, apresiasi seni, serta strategi stimulasi pendidikan seni bagi anak usia dini.
Melalui berbagai metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, analisis literatur, serta praktik langsung, mahasiswa diharapkan mampu merancang program stimulasi seni yang sesuai dengan perkembangan anak serta mengapresiasi berbagai bentuk seni yang relevan untuk pendidikan anak usia dini.
Pencapaian perkembangan seni dan kreativitas anak usia 0-6 tahun
Ruang lingkup materi perkembangan seni
Konsep Kreativitas dalam Seni
Pengertian kreativitas
Ciri-ciri kreativitas
Faktor pendukung dan penghambat kreativitas
Tahap Perkembangan Seni pada Anak Usia Dini
Perkembangan seni musik
Perkembangan seni rupa
Perkembangan kreativitas
Pengembangan Kreativitas Seni pada AUD
Hakikat pengembangan kreativitas
Pendekatan pengembangan kreativitas AUD
Peran lingkungan dalam pengembangan kreativitas
Konsep Pembelajaran Seni AUD
Seni dalam pendidikan anak usia dini
Aspek pendidikan seni AUD
Tujuan dan fungsi pembelajaran seni
Seni Tari dan Seni Musik dalam AUD
Karakteristik seni tari dan seni musik AUD
Penciptaan karya seni tari dan musik AUD
Seni Rupa dan Seni Peran dalam AUD
Wawasan seni rupa dan seni peran untuk AUD
Pembelajaran seni rupa dan seni peran pada AUD
Apresiasi Seni dalam PAUD
Pengertian dan cara menumbuhkan apresiasi seni AUD
Hubungan apresiasi seni dengan kesadaran estetika
Apresiasi Seni Tari, Musik, Rupa, dan Peran untuk AUD
Mengamati dan memahami seni tari, musik, rupa, dan peran dalam PAUD
Merancang Program Stimulasi Pendidikan Seni AUD
Prinsip dan tahapan dalam perancangan stimulasi seni
Problematika Penelitian di Bidang Seni
Tantangan dan isu dalam penelitian seni AUD
Evaluasi dan Ujian
Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Akhir Semester (UAS)
Pustaka
Elindra Yetty (2019). Pengembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. LPP Mitra Edukasi. ISBN: 79-602-53650-3-4.
Novi Mulyani (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhiyatul Huliyah (2016). Pengembangan Daya Seni pada Anak Usia Dini. Jurnal As-Sibyan, Vol. 1 No. 2. ISSN: 2541-5549.
Shelly Pratiwi, Nurmalinda Zari, Meisa Suci Arma, Veryawan, dan Tri Wahyu Martiningsih (2024). Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Penerbit Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. ISBN: Tidak Tersedia.
Novi Mulyani (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya. ISBN: 978-979-692-750-0.
Media Digital & Interaktif
Video Pembelajaran → Untuk menunjukkan contoh seni tari, musik, rupa, dan peran dalam AUD.
Aplikasi Desain & Musik (Canva, GarageBand, FL Studio, atau aplikasi menggambar digital) → Untuk membantu mahasiswa mengeksplorasi seni visual dan musik.
Platform E-Learning (Google Classroom, Moodle) → Untuk berbagi materi, tugas, dan diskusi online.