Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Perkembangan Fisik-Motorik Anak merupakan mata kuliah inti. Mata kuliah ini membahas tentang telaah konsep perkembangan motorik (kasar dan halus) pada anak usia dini yang mencakup prinsip, teori, tujuan, aspek-aspek, tahapan dan strategi stimulasi pengembangan motorik. Mahasiswa juga dibekali cara merancang stimulasi program pengembangan motorik secara terpadu yang diantaranya keterampilan bermain motorik kasar (outbond kids, senam, renang dll.) dan motorik halus (meronce, melipat, menganyam, menggunting, menyusun, menulis awal dll). Kegiatan tersebut lengkap dengan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran untuk pengembangan kemampuan motorik anak usia dini. 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep pertumbuhan fisik dalam berbagai perspektif (umum, Islam, budaya)
    2. Perkembangan motorik halus dan motorik kasar (definisi, tujuan, karakteristik dan Manfaat)
    3. Perkembangan motorik dalam literatur Islam (QS. al-Mu’minun/23: 12-14, QS. al-Baqarah/2: 233, QS. al-Rum/30: 54), tinjauan psikologi Qurani motorik anak (Sabiyun, Thifl, Walad)
    4. Aspek-aspek dan tahapan perkembangan motorik
    5. Kecerdasan kinestetik
    6. Perkembangan fisik dan motorik AUD anak usia 0-6 tahun dalam STPPA
    7. Program stimulasi fisik motorik anak usia dini berdasar STPPA
    8. Media, metode dan strategi dalam pengembangan motorik anak
    9. Perencanaan, penerapan dan evaluasi pertumbuhan dan perkembangan Fisik-motorik anak
    10. Permainan untuk meningkatkan motorik anak
    11. Keterampilan dalam motorik halus (mencoret-coret, melukis, menggambar, mencap, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya, menyusun balok/ puzzle, meremas, membentuk, menggunting, merobek, menggunakan alat tulis dll)
    12. Gerakan dasar dan keterampilan dalam motorik kasar (berjalan, berlari, melompat, meloncat, meluncur, skipping, memanjat, menekuk, meregang, mendorong, menarik, mengangkat, menurunkan, memutar, mengocok, melingkar, melambungkan, melempar, menangkap, menendang, mengayun)
    13. Pengembangan Program Keterampilan Motorik halus berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai Islam: membatik model ecoprint, jumputan, fingerpainting dengan aneka bahan alam dll.
    14. Pengembangan Program Keterampilan Fisik Motorik berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai Islam: senam, outbond, renang, memanah dll.
    15. Permendikbud No. 137 tahun 2014 dan Keputusan BSKAP No 032 tahun 2024

  • Pustaka
  • 1. Amelia, Nurul dan Khadijah. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
    2. Fatmawati, Fitria A. 2020. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jawa Timur: Caremedia Communication
    3. F Rohmah, H Farisia. 2021. Melatih konsentrasi melalui permainan sensorimotor pada anak kelompok A dalam pembelajaran masa kenormalan baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik, JECED: Journal of Early Childhood Education and Development 3 (2), 95-106
    4. Hurlock, E. B. 2013. Child Development, Jilid I. diterjemahkan Oleh Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. (A. Dharma, Ed.) (6th ed.). Jakarta: Erlangga.
    5. Kirsh, SJ, Duffy, KG., Atwater E. 2013. Psychology for Living; Adjustment, Growth and Behaviour Today. New York; Pearson Education
    6. Kartono, Kartini. 2000. Hygiene Mental. Penerbit Mandar Maju; Bandung

    1. Materi PPT
    2. Bahan pembuatan playdough (tepung, garam, dll)
    3. Bahan praktik mewarnai: daun, kertas A3, pewarna makanan, dll
    4. Bahan pembuatan manual media: kardus bekas, botol aqua, pom-pom, penjepit, dll
    5. Video bahan analisis stimulasi motorik kasar dan motorik halus
    6. Video senam anak Indonesia

    dosen-perkembangan-motorik-dan-fisik-aud
    Dr. Akhtim Wahyuni, M.Ag
    197303202005012003
    dosen-perkembangan-motorik-dan-fisik-aud
    Dr. Hernik Farisia, M.Pd.I
    198308082023212033
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester