Mata kuliah Perkembangan Fisik-Motorik Anak merupakan mata kuliah inti. Mata kuliah ini membahas tentang telaah konsep
perkembangan motorik (kasar dan halus) pada anak usia dini yang mencakup prinsip, teori, tujuan, aspek-aspek, tahapan dan
strategi stimulasi pengembangan motorik. Mahasiswa juga dibekali cara merancang stimulasi program pengembangan motorik
secara terpadu yang diantaranya keterampilan bermain motorik kasar (outbond kids, senam, renang dll.) dan motorik halus (meronce, melipat, menganyam, menggunting, menyusun, menulis awal dll). Kegiatan tersebut lengkap dengan
pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran untuk pengembangan kemampuan motorik anak usia dini.
1. Konsep pertumbuhan fisik dalam berbagai perspektif (umum, Islam, budaya)
2. Perkembangan motorik halus dan motorik kasar (definisi, tujuan, karakteristik dan Manfaat)
3. Perkembangan motorik dalam literatur Islam (QS. al-Mu’minun/23: 12-14, QS. al-Baqarah/2: 233, QS. al-Rum/30:
54), tinjauan psikologi Qurani motorik anak (Sabiyun, Thifl, Walad)
4. Aspek-aspek dan tahapan perkembangan motorik
5. Kecerdasan kinestetik
6. Perkembangan fisik dan motorik AUD anak usia 0-6 tahun dalam STPPA
7. Program stimulasi fisik motorik anak usia dini berdasar STPPA
8. Media, metode dan strategi dalam pengembangan motorik anak
9. Perencanaan, penerapan dan evaluasi pertumbuhan dan perkembangan Fisik-motorik anak
10. Permainan untuk meningkatkan motorik anak
11. Keterampilan dalam motorik halus (mencoret-coret, melukis, menggambar, mencap, memindahkan benda dari satu
tangan ke tangan lainnya, menyusun balok/ puzzle, meremas, membentuk, menggunting, merobek, menggunakan alat
tulis dll)
12. Gerakan dasar dan keterampilan dalam motorik kasar (berjalan, berlari, melompat, meloncat, meluncur, skipping,
memanjat, menekuk, meregang, mendorong, menarik, mengangkat, menurunkan, memutar, mengocok, melingkar,
melambungkan, melempar, menangkap, menendang, mengayun)
13. Pengembangan Program Keterampilan Motorik halus berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai Islam: membatik model
ecoprint, jumputan, fingerpainting dengan aneka bahan alam dll.
14. Pengembangan Program Keterampilan Fisik Motorik berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai Islam: senam, outbond,
renang, memanah dll.
15. Permendikbud No. 137 tahun 2014 dan Keputusan BSKAP No 032 tahun 2024
1. Materi PPT
2. Bahan pembuatan playdough (tepung, garam, dll)
3. Bahan praktik mewarnai: daun, kertas A3, pewarna makanan, dll
4. Bahan pembuatan manual media: kardus bekas, botol aqua, pom-pom, penjepit, dll
5. Video bahan analisis stimulasi motorik kasar dan motorik halus
6. Video senam anak Indonesia