Mata Kuliah perkembangan moral dan agama anak ini membekali mahasiswa (guru/calon guru) sejumlah pengetahuan tentang teori dan praktik perkembangan moral dan agama anak. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan teori perkembangan moral dan agama anak antara lain: teori perkembangan moral dan agama, karakteristik moral anak, nilai-nilai dalam diri anak, hubungan kognitif dalam perkembangan moral, dan lainnya. Mahasiswa akan mengerjakan sebuah project yang bertujuan mencari gagasan dari hasil project sesuai aspek perkembangan moral dan agama anak. Luaran dari mata kuliah ini adalah rancangan stimulasi program pengembangan moral dan agama anak secara terpadu dan rancangan penelitian problematika perkembangan moral dan agama anak.
1. Perkembangan nilai agama dan moral,
2. Teori utama perkembangan agama dan moral:islam, umum, developmentalist,
3. Karakteristik moral anak: akidah, ibadah (syariah), akhlak dalam Q.S Al Ahzab/33:21 dan hadist, ulama, cerita sahabat nabi
4. Nilai- nilai dalam diri anak: kejujuran, kebohongan, curang
5. Tahap perkembangan agama dan moral (QS: Al-Nahl:78, QS: Luqman: 14, Hamka, QS: Al Isra: 23, Al Maidah : 2, Al- Ghzali,
6. Hubungan nilai agama dan moral dalam perkembangan moral: Elizabeth Hurlock, Piaget, Kohlberg,
7. Komponen sikap dalam perkembangan moral (Al-Qur’an surat alBaqarah [2] ayat 128, surat Ibrahim [14] ayat 40, surat
alFurqan [25] ayat 74, surat ash-Shofat [37] ayat 100, dan surat Al-Ahqaf [46],
8. Pendidikan Karakter: moral Knowing, moral feeling, moral action,
9. Budaya dan penanaman moral,
10. Adab dalam Islam,
11. Efek negatif dan hambatan dalam perilaku moral,
12. Pencegahan Radikalisme pada anak
13. Metode dan Strategi pembelajaran Nilai Agama dan Moral AUD,
14. Stimulasi Perkembangan Nilai Agama dan Moral AUD
15. Implikasi pedagogis perkembangan Nilai agama dan moral (QS: Al’Araf:172, QS: Ar-Rum: 30, QS: An-Nahl: 64, QS: Al-Baqarah:10, HR. Ibn Hajar dan Baihaki dari Abi Hurairah),
16. Kajian STPPA Nilai Agama dan moral anak
17. Asesmen perkembangan Nilai Agama dan moral,
18. Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Eksistensial,
19. Problematika Penelitian Nilai Agama dan Moral Anak1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjemah Arif Rakhman. Jakarta: Kencana. 2010.
2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjemah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2010.
3. Bybee, Rodger W. Teaching Secondary School Science: Strategi for Developing Scientific Literacy Ninth Edition.
United States America: Pearson, Merril Prentice Hall, 2008.
4. Elizabeth B. Hurlock. 1997. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta: Erlangga,
5. Gardner, Howard. Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
6. Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima.
7. Jackman, Hilda L. Early Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. United States of America:
WADSWORTH Cengage Learning. 2012
8. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
9. Piaget, Jean. The Moral Judgment of the Child. 1948
10. Santrock, John W. Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13. url : https://bit.ly/2Fhj6A0
LCD Proyektor, Video