Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 10, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Perkembangan Kognitif  dengan bobot 4 SKS, dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai  perkembangan kognitif anak usia dini. Pembelajaran akan merangkum berbagai perspektif teoretis, tidak hanya dari kajian Barat, namun juga menggali khazanah literatur Indonesia dan Islam, sehingga mahasiswa mampu menganalisis setiap tahapan perkembangan kognitif secara holistik. Mahasiswa akan diajak untuk mengidentifikasi dan menganalisis perkembangan kognitif anak sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya, berlandaskan pada standar pencapaian yang relevan serta mengintegrasikan pemahaman teoretis secara aplikatif. Lebih jauh lagi, mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang menstimulasi kognitif anak dengan memanfaatkan media, alat penilaian, dan program stimulasi yang tepat. Proses ini akan menuntut penerapan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Pada akhirnya, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara komprehensif berbagai permasalahan khas yang mungkin dihadapi anak usia dini terkait perkembangan kognitif, serta memiliki bekal untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam dalam bidang perkembangan kognitif dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • (1) Perkembangan Kognitif (Definisi,Konsep, Tujuan dan Manfaat),
    (2) Perkembangan Kognitif dalam Literatur Islam (Imam Al-Ghazali, Al-Baqarah : 164, Q.S. Shad: 29, Q.S. Al- Isra: 106, Q.S. Az-Zumar: 9 (3) Aspek-Aspek Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini),
    (4) Tahapan Perkembangan Kognitif AUD,
    (5) Perkembangan Kognitif AUD menurut STPPA anak usia 0-6 tahun,
    (6) Teori Kognitif Bloom dan Implementasinya pada Pembelajaran AUD,
    (7) Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD,
    (8) Teori Metakognisi dan Implementasinya pada Pembelajaran AUD,
    (9) Implementasi Neurosains pada Pembelajaran AUD,
    (10) Pendekatan Sosial Kognitif: belajar, mengingat, konseptualisasi,
    (11-14) Pengembangan Matematika Permulaan AUD,
    (15-18) Pengembangan Sains Permulaan,
    (18-21) Media Pengembangan Kognitif AUD,
    (22-23) Program stimulasi untuk Pengembangan Kognitif AUD,
    (24) Observasi Perkembangan Kognitif AUD,
    (25) Assesmen  Perkembangan   Kognitif   AUD
    (26) Memprediksi IQ AUD, (27) Kecerdasan    Logika     matematika     
    (28) Problematika Penelitian Kognitif Anak 

  • Pustaka
  • 1.   Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjemah Arif Rakhman. Jakarta: Kencana.  2010.
    2.   Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjemah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
    3.   Bybee, Rodger W. Teaching Secondary School Science: Strategi for Developing Scientific Literacy Ninth Edition. United States America: Pearson, Merril Prentice Hall, 2008.
    4.   Charlesworth, Rosalind and Lind, Karen K. Math and Science For Young Children. New York, Delmar Publisher Inc, 1990.
    5.   Charlesworth, Rosalind. Experiences in Math For Young Children: Fifth edition. Amerika: Weber University, 2012. 
    6.   Copeland & Messner. (2006). Using picture books to teach language arts standards in grades 3 5. London: Libraries Unlimited.
    7.   Elizabeth B. Hurlock. 1997. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta : Erlangga, 
    8.   Gardner, Howard. Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
    9.   Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima.
    10. Jackman, Hilda L. Early Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. United States of America: WADSWORTH Cengage Learning. 2012
    11. Janette B. Benson & Marshall M. Haith. 2009. Language, memory, and cognition in infancy and early childhood. Oxford: Elsevier Inc.
    12. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
    13. Santrock, John W. Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13. url : https://bit.ly/2Fhj6A0 
    14. Smith, Susan Speerry. Early Childhood Mathematic. Pearson, Boston, New York, Fourth Edition, 2009. 
    15. Khadijah. 2016. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Pengembangannya). Medan: Perdana Publishing
    16. Al-Qur’an dan Al-Hadist 

    LCD Proyektor, Video

    dosen-perkembangan-kognitif-aud
    Dr. Akhtim Wahyuni, M.Ag
    197303202005012003
    dosen-perkembangan-kognitif-aud
    Dr. Husni Abdillah,, M.Pd.
    198612242015031003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester