Mata kuliah Perkembangan Kognitif dengan bobot 4 SKS, dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai perkembangan kognitif anak usia dini. Pembelajaran akan merangkum berbagai perspektif teoretis, tidak hanya dari kajian Barat, namun juga menggali khazanah literatur Indonesia dan Islam, sehingga mahasiswa mampu menganalisis setiap tahapan perkembangan kognitif secara holistik. Mahasiswa akan diajak untuk mengidentifikasi dan menganalisis perkembangan kognitif anak sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya, berlandaskan pada standar pencapaian yang relevan serta mengintegrasikan pemahaman teoretis secara aplikatif. Lebih jauh lagi, mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang menstimulasi kognitif anak dengan memanfaatkan media, alat penilaian, dan program stimulasi yang tepat. Proses ini akan menuntut penerapan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Pada akhirnya, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara komprehensif berbagai permasalahan khas yang mungkin dihadapi anak usia dini terkait perkembangan kognitif, serta memiliki bekal untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam dalam bidang perkembangan kognitif dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur.
LCD Proyektor, Video