Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 8, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pendidikan Keluarga dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai peran keluarga dalam mendukung pendidikan anak, khususnya pada anak usia dini. Mata kuliah ini membahas teori-teori dan praktik pendidikan keluarga yang berlandaskan pada perspektif Barat, Indonesia, dan Islam. Mahasiswa akan menganalisis berbagai konsep pengasuhan, tipe pengasuhan, serta pengaruh sosial budaya terhadap pendidikan anak dalam keluarga.

Fokus pembelajaran meliputi topik-topik seperti tipe pengasuhan (authoritarian, authoritative, permissive, dan demokratis), pengasuhan berbasis budaya, serta integrasi konsep Prophetic Parenting dan Islamic Parenting. Mahasiswa juga akan mengeksplorasi peran ayah dalam pengasuhan, konsep teman sebaya, peran sekolah sebagai agen sosialisasi, dan tantangan pengasuhan di era digital.

Dengan pendekatan yang mengintegrasikan teori dan praktik, mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang dan mengembangkan program pendidikan keluarga yang efektif, sesuai dengan tahapan perkembangan anak dan kebutuhan individu. Evaluasi dilakukan melalui tugas-tugas yang mencakup kajian literatur, presentasi, serta analisis dan perancangan program pendidikan keluarga untuk anak usia dini.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  •   Konsep Dasar Pendidikan Keluarga
    Definisi dan ruang lingkup pendidikan keluarga (Parenting Education)
    Peran keluarga dalam perkembangan anak usia dini
    Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam, Barat, dan Indonesia
      Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis
    Studi Q.S. At-Tahrim ayat 6 tentang tanggung jawab keluarga dalam mendidik anak
    Kajian Q.S. As-Saffat ayat 100-102 terkait pendidikan anak
    Implementasi ajaran Islam dalam pendidikan keluarga
      Tipe-Tipe Pengasuhan
    Tipe pengasuhan authoritarian, authoritative, permissive, dan demokratis
    Ciri-ciri dan pengaruh masing-masing tipe pengasuhan terhadap perkembangan anak
    Pengasuhan ala Barat dan Timur, serta kaitannya dengan pendidikan keluarga
      Pengasuhan Berdasarkan Budaya
    Pengasuhan ala Barat vs. pengasuhan ala Timur
    Brain-based parenting: konsep dan aplikasinya dalam pendidikan anak
    Positive Parenting, Intentional Parenting, Toxic Parenting, dan Dual Career Family
      Prophetic Parenting dan Islamic Parenting
    Definisi dan konsep Prophetic Parenting dalam perspektif Islam
    Integrasi ajaran Islam dalam Islamic Parenting


    Implementasi nilai-nilai keislaman dalam pengasuhan anak
      Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak
    Peran ayah dalam mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam
    Keterlibatan ayah dalam perkembangan sosial dan emosional anak
    Studi kasus: peran ayah dalam keluarga modern
      Nonparental Child Care
    Pengaruh perawatan anak non-oral terhadap perkembangan anak usia dini
    Tantangan dan peluang dalam pengasuhan anak oleh pengasuh selain orang tua
    Studi perbandingan: pengasuhan oleh orang tua vs. pengasuhan oleh pengasuh profesional
      Konteks Keluarga
    Konsep keluarga dan keluarga sebagai sistem sosial
    Struktur keluarga, pola organisasi keluarga, dan fungsinya
    Perbedaan dalam keluarga: peran saudara dan pengaruhnya terhadap anak
    Keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak
      Peran Teman Sebaya dalam Pendidikan Anak
    Konsep teman sebaya dan fungsinya dalam perkembangan anak
    Perkembangan pergaulan dengan teman sebaya pada anak usia dini
    Pengaruh teman sebaya dalam proses sosialisasi anak
      Sekolah sebagai Agen Sosialisasi
    Sekolah sebagai tempat pendidikan dan pengaruhnya terhadap perkembangan anak
    Faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas sekolah dalam pendidikan anak usia dini
    Kolaborasi antara keluarga dan sekolah dalam mendidik anak
      Sex Education dalam Pendidikan Keluarga
    Pendidikan seks di dalam keluarga dan peran orang tua
    Menyikapi transisi perkembangan anak dalam pendidikan seks
    Tantangan dan solusi dalam memberikan pendidikan seks pada anak usia dini
      Pendidikan Anak di Era Digital
    Pengaruh teknologi digital terhadap perkembangan anak
    Tantangan dan peluang dalam pengasuhan anak di era digital
    Strategi pendidikan anak yang sehat di dunia digital
      Pengaruh Media (Televisi) dalam Pendidikan Anak
    Perkembangan literasi media pada anak
    Potensi efek negatif dari media (terutama televisi) terhadap pendidikan anak
    Pemanfaatan media sebagai alat pendidikan dalam keluarga
      Komputer dan Internet dalam Pendidikan Anak
    Manfaat dan bahaya penggunaan komputer dan internet dalam pendidikan anak usia dini
    Integrasi teknologi digital dalam pendidikan keluarga
    Peran orang tua dalam membimbing anak menggunakan teknologi secara positif
      Problematika Penelitian tentang Hubungan Keluarga dan Komunitas/Masyarakat
    Kajian tentang hubungan antara pendidikan keluarga dan masyarakat
    Identifikasi isu-isu yang sering muncul dalam penelitian hubungan keluarga dan masyarakat
    Menyusun solusi untuk mengatasi masalah yang ada dalam pengasuhan dan pendidikan anak di keluarga

  • Pustaka
  • 1.    Ahid, N. (2010). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    2.    Baron and Byrne. (1991). Social Psychology: Understanding Human Interaction 6th edition. Boston, Massachussets: Allyn and Bacon Inc.

    3.    Bogdan, B.C. and Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education, an Introduction to Theory and Methode. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

    4.    Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

    5.    Creswell, W, Jhon. (2010). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approach (Third Edition). Penerjemah Achmad Farwaid.

           Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    6.    Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

    7.    Hurlock, E, B. (1978). Child Development. Sizth Edition. New York: Mc.Graw Hill, Inc.

    8.    Nadlifah. Suismanto. Hafidh Aziz. (2019). Penngantar ke Arah Ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Kajian Normatif Ayat dan Hadis Tarbawi tentang Pendidikan Anak. Yogyakarta: CV Istana     Agency.

    9.    Santrock. J.W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Penerbit Erlangga.

    10.  Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

    11.  Seefeldt, Carol & Wasik. A B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

    12.  Setiadi, E M. (2011). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

      Presentasi PowerPoint (PPT)
    Digunakan untuk menyampaikan konsep-konsep dasar pendidikan keluarga, teori pengasuhan, dan kajian literatur terkait.
    Memungkinkan mahasiswa untuk mengakses informasi secara visual yang dapat mempermudah pemahaman.
      Video Pembelajaran
    Video yang menunjukkan berbagai tipe pengasuhan, baik yang berbasis budaya maupun modern, serta contoh-contoh praktis seperti Prophetic Parenting dan Islamic Parenting.
    Video pendek atau dokumenter tentang peran ayah dalam pengasuhan, pengasuhan di keluarga dengan dual career, serta penerapan teknologi dalam pendidikan anak.
      Jurnal dan Artikel Akademik
    Sumber bacaan dari jurnal nasional dan internasional terkait pendidikan keluarga, pengasuhan, dan teori-teori pengasuhan anak.
    Mahasiswa diharapkan untuk membaca dan mereview jurnal yang relevan dengan topik yang dibahas di kelas.
      Studi Kasus
    Menggunakan studi kasus untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam pengasuhan anak di keluarga dan menganalisis solusi berdasarkan teori yang telah dipelajari.
    Misalnya, studi kasus tentang keluarga dengan masalah peran ayah, atau pengasuhan di era digital.
      Diskusi Kelompok
    Media ini memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi tentang topik-topik seperti tipe pengasuhan berdasarkan budaya, pengaruh teman sebaya, dan masalah dalam pendidikan keluarga.
    Diskusi dapat difasilitasi oleh dosen, dengan masing-masing kelompok mengidentifikasi tantangan dan solusi yang relevan.
      Simulasi/Role-Playing
    Mahasiswa diminta untuk melakukan simulasi atau role-playing mengenai berbagai tipe pengasuhan atau peran ayah dalam pendidikan keluarga.
    Simulasi dapat melibatkan situasi pengasuhan anak dalam keluarga dan bagaimana menyikapi isu tertentu, seperti media digital atau seks edukasi.
      Mind Mapping/Peta Konsep
    Mahasiswa menggunakan mind mapping untuk memetakan hubungan antara konsep-konsep seperti tipe pengasuhan, peran keluarga, dan tahapan perkembangan anak.
    Membantu mahasiswa dalam merancang program pendidikan keluarga berdasarkan konsep yang telah dipelajari.
      Platform E-Learning (LMS)
    Penggunaan Learning Management System (LMS) seperti Moodle atau Google Classroom untuk berbagi bahan ajar, tugas, dan forum diskusi.
    Memfasilitasi akses materi kuliah dan pembelajaran secara daring serta memungkinkan pengumpulan tugas secara digital.
      Podcast atau Webinar
    Menyajikan wawancara dengan para ahli di bidang pendidikan keluarga, pengasuhan, atau psikologi perkembangan anak.
    Mahasiswa dapat mendengarkan dan belajar dari pengalaman praktisi atau akademisi melalui sesi podcast atau webinar yang difasilitasi oleh dosen.
      Kegiatan Lapangan/Observasi
    Mahasiswa melakukan observasi terhadap keluarga atau lembaga pendidikan anak usia dini untuk melihat secara langsung penerapan teori pendidikan keluarga.
    Kegiatan ini dapat membantu mahasiswa menghubungkan teori dengan praktik dalam dunia nyata.
      Quiz Interaktif dan Kuis Online
    Untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar seperti tipe pengasuhan dan teori pendidikan keluarga, kuis online dapat digunakan secara berkala.
    Membantu mahasiswa mempersiapkan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

    dosen-pendidikan-keluarga-parenting-education
    Ratna Pangastuti,, M.Pd.I
    198111032015032003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester