Mata kuliah Pendidikan Keluarga dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai peran keluarga dalam mendukung pendidikan anak, khususnya pada anak usia dini. Mata kuliah ini membahas teori-teori dan praktik pendidikan keluarga yang berlandaskan pada perspektif Barat, Indonesia, dan Islam. Mahasiswa akan menganalisis berbagai konsep pengasuhan, tipe pengasuhan, serta pengaruh sosial budaya terhadap pendidikan anak dalam keluarga.
Fokus pembelajaran meliputi topik-topik seperti tipe pengasuhan (authoritarian, authoritative, permissive, dan demokratis), pengasuhan berbasis budaya, serta integrasi konsep Prophetic Parenting dan Islamic Parenting. Mahasiswa juga akan mengeksplorasi peran ayah dalam pengasuhan, konsep teman sebaya, peran sekolah sebagai agen sosialisasi, dan tantangan pengasuhan di era digital.
Dengan pendekatan yang mengintegrasikan teori dan praktik, mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang dan mengembangkan program pendidikan keluarga yang efektif, sesuai dengan tahapan perkembangan anak dan kebutuhan individu. Evaluasi dilakukan melalui tugas-tugas yang mencakup kajian literatur, presentasi, serta analisis dan perancangan program pendidikan keluarga untuk anak usia dini.
Konsep Dasar Pendidikan Keluarga
Definisi dan ruang lingkup pendidikan keluarga
(Parenting Education)
Peran keluarga dalam perkembangan anak usia dini
Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam, Barat,
dan Indonesia
Pendidikan Keluarga dalam Perspektif
Al-Qur’an dan Hadis
Studi Q.S. At-Tahrim ayat 6 tentang tanggung jawab
keluarga dalam mendidik anak
Kajian Q.S. As-Saffat ayat 100-102 terkait
pendidikan anak
Implementasi ajaran Islam dalam pendidikan keluarga
Tipe-Tipe Pengasuhan
Tipe pengasuhan authoritarian, authoritative,
permissive, dan demokratis
Ciri-ciri dan pengaruh masing-masing tipe
pengasuhan terhadap perkembangan anak
Pengasuhan ala Barat dan Timur, serta kaitannya
dengan pendidikan keluarga
Pengasuhan Berdasarkan Budaya
Pengasuhan ala Barat vs. pengasuhan ala Timur
Brain-based parenting: konsep dan aplikasinya dalam
pendidikan anak
Positive Parenting, Intentional Parenting, Toxic
Parenting, dan Dual Career Family
Prophetic Parenting dan Islamic Parenting
Definisi dan konsep Prophetic Parenting dalam
perspektif Islam
Integrasi ajaran Islam dalam Islamic
Parenting
Implementasi nilai-nilai keislaman dalam pengasuhan anak
1. Ahid, N. (2010). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
2. Baron and Byrne. (1991). Social Psychology: Understanding Human Interaction 6th edition. Boston, Massachussets: Allyn and Bacon Inc.
3. Bogdan, B.C. and Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education, an Introduction to Theory and Methode. Boston: Allyn and Bacon, Inc.4. Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
5. Creswell, W, Jhon. (2010). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approach (Third Edition). Penerjemah Achmad Farwaid.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
6. Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
7. Hurlock, E, B. (1978). Child Development. Sizth Edition. New York: Mc.Graw Hill, Inc.
8. Nadlifah. Suismanto. Hafidh Aziz. (2019). Penngantar ke Arah Ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Kajian Normatif Ayat dan Hadis Tarbawi tentang Pendidikan Anak. Yogyakarta: CV Istana Agency.
9. Santrock. J.W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Penerbit Erlangga.
11. Seefeldt, Carol & Wasik. A B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
12. Setiadi, E M. (2011). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Presentasi PowerPoint (PPT)
Digunakan untuk menyampaikan konsep-konsep dasar
pendidikan keluarga, teori pengasuhan, dan kajian literatur terkait.
Memungkinkan mahasiswa untuk mengakses informasi
secara visual yang dapat mempermudah pemahaman.
Video Pembelajaran
Video yang menunjukkan berbagai tipe pengasuhan,
baik yang berbasis budaya maupun modern, serta contoh-contoh praktis
seperti Prophetic Parenting dan Islamic Parenting.
Video pendek atau dokumenter tentang peran ayah
dalam pengasuhan, pengasuhan di keluarga dengan dual career, serta
penerapan teknologi dalam pendidikan anak.
Jurnal dan Artikel Akademik
Sumber bacaan dari jurnal nasional dan
internasional terkait pendidikan keluarga, pengasuhan, dan teori-teori
pengasuhan anak.
Mahasiswa diharapkan untuk membaca dan mereview
jurnal yang relevan dengan topik yang dibahas di kelas.
Studi Kasus
Menggunakan studi kasus untuk mengidentifikasi
berbagai permasalahan dalam pengasuhan anak di keluarga dan menganalisis
solusi berdasarkan teori yang telah dipelajari.
Misalnya, studi kasus tentang keluarga dengan
masalah peran ayah, atau pengasuhan di era digital.
Diskusi Kelompok
Media ini memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi
tentang topik-topik seperti tipe pengasuhan berdasarkan budaya, pengaruh
teman sebaya, dan masalah dalam pendidikan keluarga.
Diskusi dapat difasilitasi oleh dosen, dengan
masing-masing kelompok mengidentifikasi tantangan dan solusi yang relevan.
Simulasi/Role-Playing
Mahasiswa diminta untuk melakukan simulasi atau
role-playing mengenai berbagai tipe pengasuhan atau peran ayah dalam
pendidikan keluarga.
Simulasi dapat melibatkan situasi pengasuhan anak
dalam keluarga dan bagaimana menyikapi isu tertentu, seperti media digital
atau seks edukasi.
Mind Mapping/Peta Konsep
Mahasiswa menggunakan mind mapping untuk memetakan
hubungan antara konsep-konsep seperti tipe pengasuhan, peran keluarga, dan
tahapan perkembangan anak.
Membantu mahasiswa dalam merancang program
pendidikan keluarga berdasarkan konsep yang telah dipelajari.
Platform E-Learning (LMS)
Penggunaan Learning Management System (LMS) seperti
Moodle atau Google Classroom untuk berbagi bahan ajar, tugas, dan forum
diskusi.
Memfasilitasi akses materi kuliah dan pembelajaran
secara daring serta memungkinkan pengumpulan tugas secara digital.
Podcast atau Webinar
Menyajikan wawancara dengan para ahli di bidang
pendidikan keluarga, pengasuhan, atau psikologi perkembangan anak.
Mahasiswa dapat mendengarkan dan belajar dari
pengalaman praktisi atau akademisi melalui sesi podcast atau webinar yang
difasilitasi oleh dosen.
Kegiatan Lapangan/Observasi
Mahasiswa melakukan observasi terhadap keluarga
atau lembaga pendidikan anak usia dini untuk melihat secara langsung
penerapan teori pendidikan keluarga.
Kegiatan ini dapat membantu mahasiswa menghubungkan
teori dengan praktik dalam dunia nyata.
Quiz Interaktif dan Kuis Online
Untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap
konsep-konsep dasar seperti tipe pengasuhan dan teori pendidikan keluarga,
kuis online dapat digunakan secara berkala.
Membantu mahasiswa mempersiapkan ujian tengah
semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).