Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 28, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep dasar anak berkebutuhan khusus, klasifikasi anak berkebutuhan khusus, karakteristik anak berkebutuhan khusus, metode layanan, strategi layanan serta pendekatan yang digunakan. Mahasiswa juga dibekali cara merancang stimulasi program pengembangan Pendidikan anak berkebutuhan khusus serta rancangan penelitian Pendidikan anak berkebutuhan khusus.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1.   Konsep anak berkebutuhan khusus secara umum dan dalam konteks pendidikan,

    2.   Prevalensi anak berkebutuhan khusus,

    3.   Faktor-faktor berkebutuhan khusus,

    4.   Identifikasi dan Klasifikasi anak berkebutuhan khusus,

    5.   Keterbatasan Fisik (tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunadaksa)

    6.   Gangguan motorik (dispraksia, celebral palsy)

    7.   Gangguan sensorik (peraba, pendengaran, penciuman, penglihatan, pengecap, propioseptif, vestibular)

    8.   Gangguan bicara dan bahasa (speech delay),

    9.   Gangguan mental (Skizofrenia, kleptomania, Obsesifkompulsif),

    10. Gangguan interaksi sosial, ADHD

    11. Gangguan emosi dan perilaku (agresi, depresi,tantrum),

    12. Gangguan spektrum autisme (autistic, sindrom asperger),

    13. Down Syndrom,

    14. Kesulitan belajar: disleksia, disgrafia, diskalkulia

    15. Gifted and talented,

    16. Kebutuhan, hak dan kewajiban anak berkebutuhan khusus,

    17. Intervensi, terapi, bimbingan, konseling,

    18. Paud inklusi,

    19. Keistimewaan anak berkebutuhan khusus dalam Islam,

    20. PPI (Program pembelajaran individual),

    21. Strategi pembelajaran ABK,

    22. Problematika penelitian anak berkebutuhan khusus

  • Pustaka
  • 1. Murni, W .., dkk. 2010. Program Khusus SLB Bagian Tuanrungu , Jakarta : Depdiknas Kustawan

    2.   Prof. Dr. Abdurrahman, Mulyono. 2013. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta,

    3.   Yusuf dkk 2010. Pengantar Pendidikan Inklusi. Surakarta: UNS Press              

    4.   Abdurachman,  Muljono,  &  Sudjana,  S.  1994.  Pendidikan  Luar  Biasa  Umum.  Jakarta:  Direktorat  Jenderal

    Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikandan Kebudayaan.

    5.   Dr, Mudjito, A.K, MSi, Dr.Harizal,M.Pd.I, Prof.Dr. Elfindri,SE.MA. 2012. Pendidikan Inklusi. Jakarta: Boduose

    LCD Proyektor
    Video pembelajaran

    dosen-pendidikan-anak-berkebutuhan-khusus
    Dr. Mukhoiyaroh, M.Ag
    197304092005012002
    dosen-pendidikan-anak-berkebutuhan-khusus
    Ratna Pangastuti,, M.Pd.I
    198111032015032003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester