Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 19, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Metodologi Penelitian ini membekali mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dengan pengetahuan konseptual dan keterampilan praktis untuk merancang dan melaksanakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan anak usia dini. Pembahasan meliputi hakikat penelitian, etika penelitian, serta pendekatan utama yaitu kuantitatif, kualitatif, dan metode campuran (mixed methods). Mahasiswa akan belajar secara sistematis mulai dari identifikasi masalah, penyusunan kajian pustaka, penentuan metodologi, perancangan instrumen, teknik pengumpulan dan analisis data, hingga mampu menyusun sebuah proposal penelitian yang komprehensif dan relevan dengan isu-isu aktual dalam PIAUD. Luaran akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menghasilkan proposal penelitian yang logis, sistematis, dan inovatif sebagai dasar untuk penyusunan tugas akhir (skripsi).

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    • Penelitian sebagai cara berpikir , relevansi penelitian untuk calon guru , dan gambaran umum proses penelitian delapan langkah.
    • Konsep dan desain penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi
    • Teori, konsep, dan tinjauan literatur
    • Sampel, validitas, reliabilitas
    • Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif, pendekatan penelitian kuantitatif korelasional.
    • Pendekatan penelitian eksperimen dalam pendidikan
    • Pendekatan kualitatif studi kasus, fenomenologi sederhana, 
    • Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan
    • RnD di bidang pendidikan, Model ADDIE
    • Desain pendahuluan proposal penelitian
    • Desain tinjauan pustaka dalam proposal penelitian
    • Desain metode  dalam proposal penelitian
    • mendiseminasikan (mempresentasikan) rancangan proposal penelitian 

  • Pustaka
    1. J. Fraenkel and N. Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education 7th ed. New York: McGraw-Hill Education, 2009.
    2. J. W. Creswell and J. D. Creswell, Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications, 2017.
    3. R. Kumar, Research methodology: A step-by-step guide for beginners. SAGE publications Ltd, 2018.
    4. P. UINSA, “Fishbone Penelitian PIAUD UINSA,” 2025.
    5. L. Cohen, L. Manion, and K. Morrison, Research methods in education. routledge, 2002.
    6. C. A. Mertler, The Wiley handbook of action research in education. John Wiley \& Sons, 2019.
    7. M. R. Pahleviannur et al., Penelitian tindakan kelas. Pradina Pustaka, 2022.
    8. R. M. Branch, Instructional design: The ADDIE approach, vol. 722. Springer, 2009.
    9. X. Ni and R. M. Branch, “Augmenting the ADDIE paradigm for instructional design,” Educ. Technol., pp. 16–19, 2008.
    10. Y. ZHANG, N. N. ZULKIFLI, A. F. M. AYUB, and Z. SHANG, “Analysis to creation: using the ADDIE model to develop an educational game for children,” in International Conference on Computers in Education, 2023.
    11. J. R. Fraenkel and N. E. Wallen, Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Higher Education, 2009.

    1. Laptop
    2. LCD
    3. Platform pertemuan Daring
    4. Perangkat Lunak Pengolah data
    5. Media Sosial dan Platform Komunitas
    6. E-Book dan Referensi Daring
    7. Artikel Ilmiah dan Prosiding
    8. Aplikasi Interaktif dan Survey

    dosen-metodologi-penelitian
    Dr. Husni Abdillah,, M.Pd.
    198612242015031003
    dosen-metodologi-penelitian
    Kartika Metafisika, S.Si, M. Pd
    D11181
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester