Pokok Bahasan / Bahan Kajian
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (AUD)
Definisi dan ruang lingkup pendidikan anak usia dini
Tujuan pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam dan kebijakan nasional
Karakteristik anak usia dini dan pentingnya pendidikan pada usia ini
Pendidikan anak usia dini dalam konteks sosial dan budaya Indonesia
Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak (fisik, kognitif, emosional, dan sosial)
Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini
Konsep Fitrah Anak Usia Dini
Fitrah manusia menurut perspektif Islam (Al-Nahl: 78, Al-Imran: 190-191)
Potensi dasar anak dalam perspektif keislaman
Mengoptimalkan fitrah anak melalui pendidikan
Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Peran orang tua sebagai pendidik utama
Keterlibatan orang tua dalam perkembangan anak
Pembentukan karakter anak melalui interaksi keluarga
Teori-teori Perkembangan Anak
Teori perkembangan anak Barat (Piaget, Vygotsky, Erikson)
Teori perkembangan anak dalam perspektif Islam
Teori nasional dalam pendidikan anak usia dini (Ki Hajar Dewantara, Imam Ghazali, dan lain-lain)
Metode Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini
Metode Montessori, Reggio Emilia, HighScope, Waldorf
Metode yang berfokus pada perkembangan sosial dan emosional anak
Implementasi metode pembelajaran yang sesuai dengan budaya Indonesia
Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Konsep dan model PAUD dalam pendidikan Islam
Pengembangan kurikulum PAUD berbasis nilai-nilai Islam, keindonesiaan, dan kearifan lokal
Perancangan program PAUD yang integratif dan berbasis potensi anak
Landasan Filosofis, Spiritual, dan Yuridis PAUD
Landasan filosofis PAUD: Pancasila, nilai-nilai Islam, dan kearifan lokal
Landasan spiritual dalam pendidikan anak usia dini
Landasan yuridis PAUD di Indonesia (UU PAUD, kebijakan pemerintah)
Isu-isu dan Problematika dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Miskonsepsi dalam pendidikan anak usia dini
Isu-isu perkembangan anak usia dini di dunia pendidikan
Tantangan dalam implementasi pendidikan anak usia dini di Indonesia
Pendidikan Anak Usia Dini di Mancanegara
Perbandingan sistem PAUD di negara-negara maju dan berkembang
Pembelajaran dari sistem PAUD internasional
Implementasi praktik baik dalam pendidikan anak usia dini global
Pustaka
Santrock, John W.
Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13. url :
https://bit.ly/2Fhj6A0Hurlock, E.B.
Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi
Kelima.
Gardner, Howard.
Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books
Morrison, George S.
Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Marjorie Kostelnik,
Kara Gregory, Anne Soderman, Alice Whiren - Guiding Children's Social
Development and Learning, Seventh Edition -Cengage Learning Learning, Seventh Edition -Cengage Learning
Bert van Oers-
Developmental Education for Young Children_ Concept, Practice and
Implementation Springer Dordrecht Heidelberg New York London. url : Dordrecht Heidelberg New York London. url :
https://bit.ly/33fkICC Margaret Clark, Dr
Tim Waller - Early Childhood Education and Care_ Policy and Practice-Sage
Publications Ltd. url :
https://bit.ly/3m5Scfl Hasan, Maimunah.
Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Diva Press.
Departemen Agama
Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahannya Al-Hadist
http://e-resources.perpusnas.go.id/search.phpJurnal PAUD dalam
Asosiasi PPJ PAUD Indonesia:
https://ppjpaud.org/ PAUD FTK UINSA :
http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED