Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teori dan praktek pendidikan anak usia dini (AUD). Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar-dasar pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam, serta bagaimana perkembangan dan pertumbuhan anak di usia dini dapat dipahami dan diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan cara menganalisis karakteristik, fitrah, dan potensi perkembangan anak serta pentingnya peran orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak di usia dini.

Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi teori-teori perkembangan anak, tahapan pertumbuhan, dan bagaimana nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, serta kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam pendidikan anak usia dini. Mahasiswa juga akan diajarkan untuk merancang dan mengelola program PAUD yang berbasis pada nilai-nilai tersebut, serta mengidentifikasi dan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan anak usia dini.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (AUD)
    Definisi dan ruang lingkup pendidikan anak usia dini
    Tujuan pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam dan kebijakan nasional
    Karakteristik anak usia dini dan pentingnya pendidikan pada usia ini
    Pendidikan anak usia dini dalam konteks sosial dan budaya Indonesia
    Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
    Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak (fisik, kognitif, emosional, dan sosial)
    Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak
    Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini
    Konsep Fitrah Anak Usia Dini
    Fitrah manusia menurut perspektif Islam (Al-Nahl: 78, Al-Imran: 190-191)
    Potensi dasar anak dalam perspektif keislaman
    Mengoptimalkan fitrah anak melalui pendidikan
    Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini
    Peran orang tua sebagai pendidik utama
    Keterlibatan orang tua dalam perkembangan anak
    Pembentukan karakter anak melalui interaksi keluarga
    Teori-teori Perkembangan Anak
    Teori perkembangan anak Barat (Piaget, Vygotsky, Erikson)
    Teori perkembangan anak dalam perspektif Islam
    Teori nasional dalam pendidikan anak usia dini (Ki Hajar Dewantara, Imam Ghazali, dan lain-lain)
    Metode Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini
    Metode Montessori, Reggio Emilia, HighScope, Waldorf
    Metode yang berfokus pada perkembangan sosial dan emosional anak
    Implementasi metode pembelajaran yang sesuai dengan budaya Indonesia
    Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
    Konsep dan model PAUD dalam pendidikan Islam
    Pengembangan kurikulum PAUD berbasis nilai-nilai Islam, keindonesiaan, dan kearifan lokal
    Perancangan program PAUD yang integratif dan berbasis potensi anak
    Landasan Filosofis, Spiritual, dan Yuridis PAUD
    Landasan filosofis PAUD: Pancasila, nilai-nilai Islam, dan kearifan lokal
    Landasan spiritual dalam pendidikan anak usia dini
    Landasan yuridis PAUD di Indonesia (UU PAUD, kebijakan pemerintah)
    Isu-isu dan Problematika dalam Pendidikan Anak Usia Dini
    Miskonsepsi dalam pendidikan anak usia dini
    Isu-isu perkembangan anak usia dini di dunia pendidikan
    Tantangan dalam implementasi pendidikan anak usia dini di Indonesia
    Pendidikan Anak Usia Dini di Mancanegara
    Perbandingan sistem PAUD di negara-negara maju dan berkembang
    Pembelajaran dari sistem PAUD internasional
    Implementasi praktik baik dalam pendidikan anak usia dini global

  • Pustaka
  • Santrock, John W. Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13. url : https://bit.ly/2Fhj6A0
    Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima.
    Gardner, Howard. Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books
    Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
    Marjorie Kostelnik, Kara Gregory, Anne Soderman, Alice Whiren - Guiding Children's Social Development and Learning, Seventh Edition -Cengage Learning Learning, Seventh Edition -Cengage Learning
    Bert van Oers- Developmental Education for Young Children_ Concept, Practice and Implementation Springer Dordrecht Heidelberg New York London. url : Dordrecht Heidelberg New York London. url : https://bit.ly/33fkICC 
    Margaret Clark, Dr Tim Waller - Early Childhood Education and Care_ Policy and Practice-Sage Publications Ltd. url : https://bit.ly/3m5Scfl 
    Hasan, Maimunah. Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Diva Press.
    Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahannya  Al-Hadist
    http://e-resources.perpusnas.go.id/search.php
    Jurnal PAUD dalam Asosiasi PPJ PAUD Indonesia: https://ppjpaud.org/ 
     PAUD FTK UINSA : http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED

    • Presentasi PowerPoint (PPT)
    • Digunakan untuk memvisualisasikan konsep-konsep dasar pendidikan anak usia dini, tahapan perkembangan anak, teori-teori perkembangan, dan model PAUD.
    • Menyediakan penjelasan yang lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh mahasiswa.
    • Video Pembelajaran
    • Menampilkan contoh praktik pendidikan anak usia dini, seperti kegiatan pembelajaran berbasis metode Montessori, Reggio Emilia, dan HighScope.
    • Video juga dapat menggambarkan teori-teori perkembangan anak dalam konteks nyata, seperti bagaimana orang tua dapat berperan dalam pendidikan anak.
    • Dokumentasi dan Studi Kasus
    • Studi kasus mengenai permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan anak usia dini (misalnya, tantangan dalam pengajaran atau pendekatan pembelajaran).
    • Dokumentasi program PAUD yang sukses di Indonesia atau luar negeri untuk memberikan contoh nyata penerapan teori.
    • Jurnal dan Artikel Akademik
    • Sumber bacaan berupa jurnal internasional dan nasional terkait perkembangan anak usia dini, pengasuhan, serta penerapan metode pembelajaran yang berbasis pada teori dan praktik terkini.
    • Mahasiswa dapat mereview dan menganalisis jurnal-jurnal ini untuk memperdalam pemahaman mereka.
    • Diskusi Kelompok dan Collaborative Learning
    • Mahasiswa dibagi dalam kelompok untuk berdiskusi tentang berbagai topik dalam pendidikan anak usia dini, seperti peran orang tua dalam pendidikan anak atau analisis teori-teori perkembangan.
    • Pembelajaran berbasis kolaborasi ini dapat mengasah keterampilan analitis dan komunikasi mahasiswa.
    • Simulasi/Role-Playing
    • Mahasiswa melakukan simulasi kegiatan pembelajaran dengan anak usia dini menggunakan berbagai metode, seperti Montessori atau Waldorf, untuk memahami cara kerja dan tantangannya.
    • Simulasi ini membantu mahasiswa memahami peran pendidik dalam merancang kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.
    • Platform E-Learning (LMS)
    • Menggunakan Learning Management System (LMS) seperti Moodle atau Google Classroom untuk berbagi materi kuliah, tugas, dan forum diskusi daring.
    • Mahasiswa dapat mengakses materi kuliah secara fleksibel, mengikuti ujian daring, dan berdiskusi dengan dosen atau teman sekelas.
    • Quiz dan Kuis Online
    • Digunakan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar pendidikan anak usia dini, tahapan perkembangan anak, dan teori-teori yang telah dipelajari.
    • Kuis ini dapat dilakukan secara berkala melalui platform LMS untuk mengukur progres mahasiswa.
    • Infografis dan Peta Konsep
    • Penggunaan infografis dan peta konsep untuk memvisualisasikan hubungan antara berbagai konsep dalam pendidikan anak usia dini, seperti tahapan perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
    • Membantu mahasiswa memahami hubungan antara teori dan praktik dalam pendidikan anak usia dini.
    • Podcast atau Webinar
    • Mahasiswa dapat mendengarkan wawancara atau webinar dengan pakar pendidikan anak usia dini yang memberikan wawasan praktis tentang pengasuhan dan pendidikan anak.
    • Ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan teori-teori dari tokoh-tokoh besar dalam pendidikan anak usia dini, baik dari perspektif Barat maupun Islam.
    • Kegiatan Lapangan atau Observasi
    • Mengunjungi lembaga PAUD atau keluarga untuk mengobservasi dan menganalisis penerapan teori pendidikan anak usia dini dalam praktik nyata.
    • Kegiatan ini membantu mahasiswa memahami tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak
  • dosen-dasar-dasar-pendidikan-aud
    Ratna Pangastuti,, M.Pd.I
    198111032015032003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester